Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:57 WIB | Jumat, 28 April 2017

Acara Akhir Pekan 29-30 April 2017

Ilustrasi: Pameran kerajinan Inacraft 2017. (Sumber: asephiexpo.com)

SATUHARAPAN.COM – Pertunjukan musik dan monolog teater, pameran lukisan, ekshibisi foto, hingga pameran kerajinan terbesar Inacraft 2017, hadir mewarnai akhir pekan di Ibukota. Selain itu, hadir beberapa festival kuliner, turut memeriahkan suasana Ibukota, yang sangat disayangkan jika dilewatkan.

Beberapa acara budaya di Solo,Yogya dan Bali, dan beberapa acara kreativitas anak muda lain, juga dapat dinikmati pada akhir minggu ini.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

 

Sabtu, 29 April 2017

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00: Monolog “Panggil Saja Aku Kartini”

Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town, Jakata Pusat, pukul 15.00, menghadirkan Monolog “Panggil Saja Aku Kartini” oleh Annisa Hertami dan Sri Krisna Encik.

Panggil Saja Aku Kartini bercerita tentang Kartini di masa modern, masa perempuan telah lebih bebas dan lebih setara dengan laki-laki. Naskah karya Landung Simatupang ini merupakan renungan Kartini modern tentang perempuan.

Apakah benar perempuan masa kini jauh lebih bebas dalam menentukan jalan hidupnya dibandingkan di masa lalu? Ataukah semua kebebasan tersebut hanya sesuatu yang semu?

Setiap masa memiliki tantangan masing-masing, dan perempuan tetap harus berjuang untuk kesetaraan dan kebebasan. Pertunjukan ini merupakan upaya untuk menafsirkan gagasan dan mimpi Kartini dalam kehidupan, khususnya perempuan, di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Komunitas Salihara: Pertunjukan Musik Color Me Purple Charity Concert HFGM Liga Medika 2017

Komunitas Salihara di Jl Salihara No 16, Jakarta Selatan menjadi tempat Pertunjukan Musik Color Me Purple Charity Concert HFGM Liga Medika 2017.

Color Me Purple Charity Concert adalah acara yang dihadirkan oleh Liga Medika - Have Fun Go Med, yang menggabungkan musik, seni, dan sains. Kali ini, menampilkan Maliq & d’Essentials, Danilla, Tigapagi, Scaller.

Tiket tersedia di bit.ly/cmptickets, atau Anda juga dapat membeli tiket di aplikasi GOERS, unduh di App Store (iOS) atau Play Store (Android)!

Harga Tiket Masuk: Presale 2 Rp 100.000, Link Pendaftaran : Http://bit.ly/cmptickets, Informasi: Sellina : 0812 9404 3536, Website: www.ligamedika.com, Instagram: ligamedika Twitter: ligamedika

@america Pacific Place, pukul 19.00: Pertunjukan Musik International Jazz Day with Kulkul Band

@america Pacific Place di Jakarta Selatan bermitra dengan Warta Jazz, menggelar Pertunjukan Musik  International Jazz Day with Kulkul Band, mengajak merayakan sebuah genre Amerika yang ikonik, menyatu dengan warisan musikal Bali.

Tempat terbatas.

 

Minggu, 30 April 2017

Convention Center, Pukul 10.00 -22.00 WIB: Pameran Kerajinan Inacraft 2017

Acara pameran kerajinan terbesar di Indonesia, Inacraft kembali digelar. Acara yang dilangsungkan selama 5 hari ini diikuti 1.328 stand. Masing masing stand bisa ditemui di Mini Hall, Assembly Hall, Cendrawasih Hall, Plenary Hall, Hall A dan Hall B. Barang-barang yang dipamerkan pun beragam, seperti kerajinan tangan, katun batik, keramik, serta berbagai macam kerajinan lainnya. Bahkan untuk pencinta perhiasan, tersedia stand yang memamerkan perhiasan.

Pada tahun ini Inacraft mengambil ikon Daerah Istimewa Yogyakarta dengan konsep "Magnificent of Jogjakarta" dan tema "From Smart Village to Global Market". Acara berlangsung sejak Rabu (26/4) – Minggu (30/4).   

Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia juga turut memerkan produk-produk kerajinan tangan, salah satu produk yang diusung pada pameran kali ini yaitu Homedecor. Kemenkop memberikan kesempatan kepada 14 UKM memamerkan produknya. 

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00:  Monolog Misi Nomor Satu

Putri Ayudya menggelar monolog di Galeri Indonesia Kaya. Bekerja sama dengan Randhy Prasetya, sutradara dan pemilik label kaus Yajugaya, Putri Ayudya mempersembahkan penampilan monolog interaktif, yang menampilkan karakter di film bergenre komedi yang bercerita tentang bule hunter dan akan dirilis dalam waktu dekat ini.

Putri Ayudya selalu ingin menjadi pencerita. Saat ini ia bekerja secara profesional sebagai aktris teater dan film, MC, moderator, dan pembicara terkait isu-isu sosial dan hasratnya pada dunia seni peran. Saat berkuliah, Putri bergabung dalam Teater Sastra UI dan kemudian membangun Teater Psikologi (TekoUI). Bergabung dengan Kelas Akting Salihara di bawah arahan Iswadi Pratama, memperkenalkannya dengan metode seni peran yang digunakan hingga saat ini.

Pelajaran seni peran yang diperolehnya diaplikasikan pada berbagai proyek teater dan film seperti Bangkit (sutradara Rako Prijanto, 2015), Guru Bangsa Tjokroaminoto (sutradara Garin Nugroho, 2014), Karna (Goenawan Muhamad, 2012), You & Me (Phillipe Bizot, 2009), dan beberapa lainnya.

Saat ini, Putri sedang berproses bersama Teater Peqho di bawah arahan Ajie N A, Teater Tetas, Deddy Luthan Dance Company di bawah arahan Elly Lutan, dan Teater Kedai (alumni Kelas Akting Salihara).

Aula Museum Bank Mandiri, Jakarta Barat: Photo Exhibition Shining On Gyu

Shining On Gyu, adalah project yang diadakan oleh Fanbase International 17 Serquartz dan Be Happy We Love You, dalam rangka memperingati hari ulang tahun salah satu member Seventeen ( boyband asal Korea Selatan ) yaitu, Kim Mingyu. Selain gathering, juga diadakan Photo Exhibition yang merupakan Idol Exhibition pertama di Indonesia.

Bintang tamu Seventeam (Seventeen Dance Cover); MC  Dikon ( Seventeam) Cintya Pradnya

Harga Tiket Masuk: Presale  Rp 80.000, On The Spot  Rp 90.000. Informasi, Instagram : sog.ina, Twitter : sog_ina, Line Official : @lmv0612l

Hotel D’Cozie, pukul: 09.30-12.00 WIB: Workshop Foto Produk “Motret Keren Produkmu Pakai HP”

Hotel D’Cozie di Jakarta Selatan, mulai pukul 09.30-12.00 WIB, menggelar Workshop Foto Produk “Motret Keren Produkmu Pakai HP”.  Biaya pendaftaran Rp 250.000/orang.

Peserta akan mendapatkan pengetahuan tentang cara membuat foto produk yang keren hanya modal HP dan peralatan sederhana. Workshop Fotografi Produk bersama Aldana MarCom & Instagrammer @dyma_vintage itu dilaksanakan khusus untuk Pemilik Online Shop, Pebisnis Online, dan Pelaku UK.

Narasumber:  Mala Hayati, fotografer, pernah bekerja sebagai Editorial & Commercial Photographer pada berbagai media cetak dan perusahaan. Karya fotografinya pernah dimuat di berbagai media nasional dan internasional.

Fasilitas: Coffee Break, disediakan sarana praktik (peralatan sederhana), tempat belajar di hotel berbintang kawasan strategis, tutorial praktis “Motret Keren Produkmu Pakai HP” (softcopy file), konsultasi gratis sesudah workshop. Bonus: e-Book Digital Marketing TOOLS

Biaya Rp250.000/orang. Pendaftaran: 0822 4594 3390 (WhatsApp), Tempat terbatas. **Setiap peserta wajib membawa HP & produknya untuk bisa langsung praktik selama workshop.

Bentara Budaya Yogyakarta, pukul 09.00 – 21.00: Pameran Lukisan Cat Air Karya Aming Prayitno

Pameran berlangsung  Minggu (30/4) – Senin (2/5).

Pelukis Aming Prayitno, lahir di Surakarta 3 Juni 1943, bukan nama asing dalam sejarah Seni Rupa Indonesia. Capaian dan prestasinya sedemikian kemilau.

Pelukis yang juga perancang logo Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia) ini sangat dikenal akan brushtroke alias goresan kuasnya yang artistik. Ia juga disebut sebagai Master of Texture karena olahan karya visualnya umumnya berbarik atau memiliki tekstur yang sangat khas. Abstraksi wajah dan bubu/keramba ikan adalah semacam trademark dan atau masterpiecenya.

Lukisan Aming bukan sepenuhnya abstrak, masih ada bentuk yang nyata menjadi dasar penciptaannya. Figurasi yang kemudian diabstrakkan barangkali istilah yang lebih tepat untuk menyebut karyanya. Pada kesempatan kali ini Komunitas Suka Parisuka bekerja sama dengan Bentara Budaya Yogyakarta menggelar karya-karyanya yang menggunakan cat air sebagai medianya. Selamat menikmati

Bentara Budaya Bali, pukul 10.00 – 18.00 WITA: Pertunjukan Tari Obituari untuk Maestro Tari Ida Bagus Oka Blangsinga

Obituari kali ini dipersembahkan bagi maestro tari Kebyar Duduk, Ida Bagus Oka Wirjana, yang lebih dikenal dengan Ida Bagus Oka Blangsinga. Penari kelahiran Banjar Blangsinga, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh tahun 1929 ini, berpulang pada 2 Februari 2017 lalu di usia 87 tahun.

Sebagai rangkaian dari Obituari ini akan ditayangkan dokumenter sosok Ida Bagus Oka Wirjana, pertunjukan Tari Baris oleh I Wayan Purwanto, serta Tari Kebyar Duduk oleh Ida Ayu Triana Titania Manuaba. Selain itu, akan ditampilkan pula pameran foto memorabilia Ida Bagus Oka Wirjana koleksi Doddy Obenk serta sejumlah pihak dan testimoni dari keluarga serta sahabat. Pameran berlangsung Minggu (30/4) – Jumat (5/5). 

Ida Bagus Oka Wirjana memperoleh sejumlah penghargaan antara lain dari Panglima Daerah Angkatan Kepolisian XVI Nusa Tenggara Barat (1969), sekolah-sekolah di Kota Nara Jepang (1981), Wija-Kesuma dari Bupati Gianyar (1985), Dharma Kusuma Media dari Gubernur Bali (1987), Penghargaan dari Gubernur Sapporo Jepang (1988), Penghargaan dari Dewan Kesenian Pusat Jakarta (1999), Siwa Nataraja dari Institut Seni Indonesia Denpasar (2008).

SMAN 1 Kota Bekasi: Festival Budaya Jepang INOBU 11, Amai Shunkan – Sutekina Toki

INOBU (Ichi Gakuen no Bunkasai) adalah festival Jepang yang diadakan Nihon Club (Klub bahasa Jepang), yang berada di SMA Negeri 1 Kota Bekasi. INOBU diadakan tiap 1 tahun sekali, dan sudah diadakan 10 kali sejak tahun 2006.  Di INOBU, akan ada banyak lomba bertema Jepang yang dapat diikuti, mulai dari lomba doujinshi, cosplay, kana, fan fiction, lomba cepat tepat, dan masih banyak lagi.

Banyak wahana menarik di INOBU, seperti Obake (rumah hantu), galeri dan foto yukata, permainan rakyat dan tentunya masih banyak yang lainnya. Dan jangan lupa, INOBU juga akan mengundang artis untuk memeriahkan Bunkasai kita.

Acara:  Bintang tamu Band Feat, Pemutaran Film, Galeri dan Foto Yukata, Obake Yashiki, Cosplay, Permainan Rakyat, Bazaar.

Informasi : Hotline : 081297249106 Web: http://inobu.osmansasi.com, Instagram:  inobusmansasi, Facebook: INOBU SMANSASI.

Senayan City, The Space, Jakarta: Festival Kuliner “Feel the Experience of 50 Culinary Culture All Around the World”

HYPE.ID.SC Foodies menggelar acara Festival Kuliner “Feel the Experience of 50 Culinary Culture All Around the World” di Senayan City, The Space, Jakarta, sejak Rabu (31/3) sampai dengan Minggu (30/4). Buka pada hari kerja pukul 10.00 – 22.00 WIB, dan hari libur pukul 10.00 – 23.00.

Jadi, pengunjung dapat menyantap gudeg tanpa harus ke Jogja, menyantap teobokkki tanpa harus beli tiket ke Korea dulu. Dengan mengusung tema Culinary Culture, dihadirkan 68 jenis makanan, minuman, sampai pencuci mulut mulai dari yang maknyus ala tradisional, sampai yang delicioso ala Eropa, hingga jajanan tradisional seperti telur gulung, cilok, rujak beubeuk dan lainnya. HYPE.ID memberi gratis makan selama 1 bulan. Jadi, datang dan foto semenarik mungkin di area SC Foodies, jangan lupa Follow dan tag Instagram HYPE.ID. Setiap minggunya akan ada 1 pemenang yang bisa makan gratis setiap hari.

Balai Soedjatmoko Solo, pukul 19.30: Pertunjukan Teater Sastra dan Kekidungan Balada-Balada

Teater Sastra Kekidungan Mantabgan Laras Pandawa FIB UNS, menggelar pertunjukan teater sastra dan kekidungan balada-balada di Balai Soedjatmoko Solo, Pukul : 19.30 WIB.

Area Parkir Barat The Downtown Walk Summarecon Mal Bekasi, Jelajahi Kuliner Eurasia di Pasar Senggol 2017

Untuk keempat kalinya, Summarecon Mal Bekasi menggelar perayaan akan keragaman kuliner dari mancanegara dan Nusantara, Pasar Senggol 2017. Acara ini digelar mulai dari Jumat (14 /4) – Minggu (14/5), yang berlangsung di area Parkir Barat, depan The Downtown Walk. Hari kerja buka pukul 16.00 - 22.00 WIB, dan hari libur pukul 11.00 - 23.00 WIB.

Jelajahi Kuliner Eurasia, Pasar Senggol tahun ini, tak hanya menghadirkan makanan favorit dari Nusantara, tetapi juga makanan favorit dari Asia dan Eropa. Makanan-makanan favorit yang akan hadir seperti Warunk Indomie Pedas Semaput, Sate Ayam Taichan Babeh, Lontong Sayur Medan, Pentol Pedas, Cux Chicken With Style, Mie Kangkung Berkat, Monkey Bar Pisang Geprek, Monster Cocktail Sausage, Bakso Kelapa Sawah Lio, Soto Ahri Kuliner Asli Garut, Otorimaru Ramen, Mie Terbang, Iga Bakar Sigudir, Es Dawet Ireng Purworejo, Crispy Bar, Pukis Jempoel, dan masih banyak hidangan lainnya.

Menambah nuansa pasar malam, kehadiran Food Truck juga akan memberikan pengalaman menikmati kuliner yang baru. Sebut saja Bobogi, Western Hotdog, Thai Gogo, Lime Chicken, Mie Ayam Ceker Mie Toha, Baso Kampoeng, Digado, Fruit Tea, Breadpit, Cireng Galing Nyinden, Jo Cream, DeChick, dan Bologna Kebab.

Masih sama seperti tahun lalu, Pasar Senggol akan diramaikan oleh Permainan Pasar Malam yang terdiri atas kincir-kincir, tong stand, kora-kora, water ball, carousel, kereta mini, ombak banyu, trampolin, ontang-anting dan lain-lain. Tak hanya itu, Pasar Senggol tahun ini diramaikan pula dengan wahana Cinema 8D & Virtual Reality Box yang siap menghibur Anda dan keluarga.

Exhibition Area 1st Floor Summarecon Mal Bekasi: Mysterialand

Mysterialand hadir di Exhibition Area 1st Floor Summarecon Mal Bekasi, pukul 11.00 - 22.00 WIB.

Setelah sukses menjelajahi perut bumi di Lost World tahun lalu, kini Summarecon Mal Bekasi kembali mengajak pengunjung untuk berpetualang di dalam kastil yang misterius. Terdapat banyak tempat tersembunyi yang dapat dijelajahi untuk menemukan rahasia dan keindahan berbagai tempat di dunia yang mengagumkan.  Acara berlangsung  pada Jumat (7/4) -  Minggu (2/7).

Harga tiket masuk Rp 30.000 per orang  (hari kerja), dan Rp 35.000/orang (hari libur).    

La Piazza Mall Kelapa Gading, Jakarta: Jakarta Food Festival  Kampoeng Tempo Doeloe 2017

Tahun ini Kampoeng Tempo Doeloe atau biasa disebut KTD, mengangkat tema dekorasi Kampung Layang-Layang, diikuti oleh kurang lebih 100 peserta UKM maupun pengusaha kuliner, sehingga menghasilkan lebih dari 200 ragam menu Nusantara. Acara yang berlangsung pada Jumat (7/4) – Minggu (7/5), pada hari kerja pukul 16.00 - 20.00 WIB dan hari libur  11.00 - 23.00 WIB ini menampilkan beberapa kuliner khas Betawi seperti Kerak Telor, Tape Uli, Nasi Uduk, Rujak Juhi, dan masih banyak lainnya.

Dengan tujuan ikut melestarikan menu kuliner Nusantara terutama Aneka Mie Nusantara, KTD 2017 juga mengadakan Kompetisi Mie Warisan Nusantara bagi pemilik usaha kecil menengah di kawasan Jabodetabek. Babak penyisihan telah dilakukan 17 - 19 Maret 2017 di Gading Walk, MKG untuk menentukan pemenang tiga kategori yakni Mie Ayam, Mie Nusantara, dan Mie Non Halal. Ketiga pemenang tersebut mendapatkan kesempatan berjualan di KTD sebagai babak final untuk memperebutkan hadiah total Rp 60.000.000, dan peluang membuka usaha di MKG. Pemenang utama ditentukan berdasarkan penjualan tertinggi yang akan diumumkan pada tanggal 7 Mei 2017.

Menu yang dihadirkan Mie Ayam Pelangi, Cwie Mie Malang, Cliff Noodle Bar, Martabak Yuk, Sate Ayam Madura Bintang 5, Gudeg Pejompongan, Soto Udang Medan Bu Ari, Bagoja (Bakso Goreng Gajah), Ketupat Gloria 65 Ny Kartika, Soto Roxy H Darwasa, Es Pisang Ijo “Paling Enak”.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home