Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:58 WIB | Selasa, 30 November 2021

Afsel Serukan Negara-negara Batalkan Larangan Perjalanan

Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa. (Foto: dok. AFP)

JOHANESBURG, SATUHARAPAN.COM-Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, pada hari Minggu meminta negara-negara untuk "segera" membatalkan larangan perjalanan yang "tidak dapat dibenarkan secara ilmiah" terkait dengan penemuan varian virus corona baru Omicron yang sangat bermutasi.

"Kami menyerukan kepada semua negara yang telah memberlakukan larangan perjalanan di negara kami dan negara-negara saudara kami di Afrika selatan untuk segera dan segera membatalkan keputusan mereka," katanya dalam pidato pertamanya setelah deteksi varian baru pekan lalu.

Belasan negara telah memasukkan Afrika Selatan dan tetangganya ke daftar hitam sejak ilmuwan Afrika Selatan menandai Omicron pekan lalu. “Larangan bepergian tidak diinformasikan oleh sains,” kata Ramaphosa.

“Satu-satunya hal yang akan dilakukan larangan bepergian adalah untuk lebih merusak ekonomi negara-negara yang terkena dampak dan melemahkan kemampuan mereka untuk menanggapi, dan pulih dari pandemi,” tambahnya.

“Pembatasan ini tidak dapat dibenarkan dan mendiskriminasi secara tidak adil terhadap negara kami dan negara-negara saudara kami di Afrika selatan”.

Meskipun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendefinisikan Omicron sebagai varian yang mengkhawatirkan, para ilmuwan masih menilai virulensinya.

Ramaphosa mengatakan “alat paling ampuh” untuk membatasi penularannya adalah vaksin dan mendesak orang Afrika Selatan untuk disuntik.

Dia mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan untuk mewajibkan vaksinasi pada kegiatan dan lokasi tertentu dalam upaya untuk meningkatkan cakupan vaksin.

Lebih dari 35 persen orang dewasa di Afrika Selatan telah sepenuhnya diinokulasi. Ini awal yang lambat untuk kampanye vaksinnya dan keragu-raguan yang meluas.

Negara ini adalah yang paling parah dilanda virus di benua Afrika, dengan sekitar 2,9 juta kasus dan 89.797 kematian dilaporkan hingga saat ini.

Omicron diyakini memicu peningkatan infeksi, dengan 1.600 kasus baru tercatat rata-rata dalam tujuh hari terakhir dibandingkan dengan 500 sepekan sebelumnya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home