Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 19:35 WIB | Senin, 12 Oktober 2015

Ahmad Sucipto Ditetapkan Ketua Satlak Prima

Ahmad Sucipto (kanan) menerima surat perintah kerja dari Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Alfitra Salamm (kiri). (Foto: kemenpora.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Ahmad Sucipto ditetapkan sebagai Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) untuk periode 2015 sampai dengan 2018.

Menurut keterangan resmi di situs Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora), Senin (12/10) Ahmad Sucipto terpilih dengan berdasar kepada Surat Keputusan Menpora No. 1166 Tahun 2015 tentang Pengangkatan Ketua, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II, Wakil Ketua III dan Wakil Ketua IV Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

“Mengangkat nama-nama di bawah ini untuk menjabat sebagai Ketua,  Wakil Ketua I, Wakil Ketua II, Wakil Ketua III dan Wakil Ketua IV Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) yaitu: Ahmad Sucipto (Ketua Satlak Prima), Anton Subowo (Wakil Ketua I), Sadik Algadri (Wakil Ketua II), Taufik Hidayat (Wakil Ketua III) dan  Lukman Niode (Wakil Ketua IV),” demikian bunyi pernyataan tersebut pada Senin (12/10) di situs resmi Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora).

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi tidak tergesa-gesa mengumumkan Ketua Satlak Prima karena berhati-hati dalam menilai dan menetapkan hasil dari fit and proper test.

“Selain itu juga karena berbagai kesibukan lain dari Menpora yang tidak bisa ditinggalkan. Sehingga tidak ada unsur transaksional ataupun deal tertentu untuk menetapkan,” demikian lanjut pernyataan tersebut.

Saat menjalani tes kepatutan dan kelayakan sebagai Ketua Satlak Prima pada akhir Agustus 2015 dia menyebut semua pihak bekerja sama untuk mewujudkan Asian Games 2018 dengan baik di dua kota (Jakarta dan Palembang).

“Momentum ini adalah momentum bekerja sama, Kita tentu apresiasi dari pemerintah yang mengawal even ini dengan full team,” kata dia.

Dalam melaksanakan pembangunan di bidang Olah Raga, Indonesia harus memiliki konsep dan strategi penting dari usia junior hingga senior. Tidak ketinggalan PPLP (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar) di seluruh provinsi.

“Sekarang ini di atlet-atlet pemula belum ada pembinaan dan diserahkan ke daerah masing-masing, itu yang belum terkendali dengan baik,” kata dia.

Fit dan Proper Test Para Calon Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas

Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) digelar pada Jumat (28/8). Kala itu para anggota Dewan Prima yang bertindak sebagai dewan penguji antara lain Tono Suratman (Ketua Umum KONI Pusat), Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda  Gatot Dewa Broto,  Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Djoko Pekik Irianto, Staf Bidang Keolahragaan Kementerian Pemuda dan Olah Raga Tunas Dwidharto.

Satlak Prima keberadaannya diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2010 Tentang Program Indonesia Emas. Organisasi ini bertugas memantau  program pelatihan yang diselenggarakan pengurus cabang olah raga dan mempersiapkan atlet yang akan diberangkatkan ke berbagai kejuaraan di tingkat nasional, internasional, single even dan multi even. (kemenpora.go.id)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home