Loading...
INDONESIA
Penulis: Claudya Ananda Putri Kawet 10:13 WIB | Jumat, 31 Mei 2013

Alasan ACF Memberikan Penghargaan untuk SBY

(Foto: situs Kepresidenan)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Berbagai penolakan yang dilakukan sejumlah kalangan tentang pemberian penghargaan World Statesman Award dari organisasi nirlaba Appeal of Conscience Foundation (ACF) kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak membuat yayasan tersebut membatalkan pemberian penghargaan tersebut pada Kamis (30/5) malam waktu setempat atau Jumat (31/5) pagi WIB.

Menurut situs kepresidenan, Presiden SBY menerima 2013 World Statesman Award dari Appeal of Conscience Foundation (ACF) di Garden Foyer, Hotel The Pierre, New York, Amerika Serikat. Penghargaan ini diberikan atas berbagai capaian dalam memajukan masyarakat yang demokratis, ikut menciptakan tatanan international yang lebih damai, dan mendorong kemajuan yang lebih besar atas penghormatan HAM, kebebasan beragama dan hubungan antar-peradaban.

"Kami menganugerahkan 2013 Statesman Award kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden dari negara berpenduduk muslim terbesar di dunia yang dipilih secara langsung, yang diakui atas upayanya mengejar perdamaian dan membantu Indonesia berkembang menjadi masyarakat demokratis, dan melawan ekstrimisme," kata Rabbi Arthur Schneier, pemimpin Appeal of Conscience Foundation.

Ditambahkannya pula bahwa penghargaan ini adalah pengakuan atas prestasinya dalam upaya internasional untuk memelihara perdamaian bersama dan ini adalah dorongan untuk meningkatkan hak asasi manusia, kebebasan beragama dan kerja sama antar agama.

Pada kesempatan tersebut Presiden SBY mengucapkan terima kasih atas pemberian penghargaan tersebut dan berharap dengan adanya penghargaan ini bisa lebih bekerja keras kedepannya untuk mencapai sebuah masyarakat yang harmonis, damai dan makmur. “Semoga penghargaan ini memberikan momentum kepada kami untuk melanjutkan upaya dalam mempromosikan kemanusiaan dan kebaikan bersama. Semoga kerja keras masyarakat Indonesia memacu kami untuk meraih mimpi-mimpi Bapak bangsa, sebuah masyarakat yang harmonis dalam perdamaian dan kemakmuran,” kata SBY.

Penghargaan serupa juga pernah diberikan kepada Presiden Perancis Nicholas Sarkozy, PM Jerman Angela Merkel, Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak dan Presiden Mikhail Gorbachev.

 

Editor: Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home