Loading...
INDONESIA
Penulis: Dany Brakha 09:20 WIB | Jumat, 31 Mei 2013

Konfrensi Nasional Kaum Muda Lintas Iman di Magelang

Konfrensi Nasional Kaum Muda Lintas Iman di Magelang
(foto: icrs.ugm.ac.id)
Konfrensi Nasional Kaum Muda Lintas Iman di Magelang

MAGELANG, SATUHARAPAN.COM - Konsorsium Indonesia untuk Studi Agama-Agama (Indonesia Consortium For Relugious Studies/ICRS) akan menggelar Konferensi Nasional Kaum Muda Lintas Iman Sebagai Agen Perdamaian 2013. Acara yang bertajuk “Membangun Generasi Damai Melalui Agen Perdamaian” itu akan dilaksanakan di Magelang pada 15-20 Juli mendatang.

Nara sumber yang akan dilibatkan antara lain adalah Sri Sultan Hambengku Buwono IX (Gubernur DIY ) dan Allisa Wahid (Wahid Institut). Acara ini juga melibatkan nara sumber akademisi antara lain Siti Syamsiyatun, Nina Mariani, Paulus S Wijaya, Nasrudin Hamzah, Leonadr Epafras, Franciscus Borgias,  Bambang noorsena, Nyong Eka Teguh Santosa, Muhamad Iqbal, Lydia K Tandirerung, Chumiandi Romas, Ayi Yunus Rusyana, Linda Bustan, dan Andreas Jonathan.

Mereka adalah akademisi dari universitas yang ada di Indonesia seperti Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Universitas Katholik (Unika) Parahyangan Bandung, Sekolah Tinggi Teologi Indonesia Bagian Timur (Intim) Makasar, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Gunungjati Bandung, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya,

Dalam kegiatan yang berlangsung selama seminggu ini para peserta akan diajak untuk mendalami enam tema. Pertama, “satu keluarga di dalam satu Tuhan: kaca mata baru lintas iman.” Tema ke-dua adalah “persamaan diantara kami dan kamu.” Sedangkan ke-tiga, “pembentukan agen perdamaian.” Tema ke-empat yaitu, “Perjumpaan Kristen Timur dan Islam.” Ke-lima adalah “keberagaman dalam perspektif kebangsaan,” dan yang terakhir ialah “agama, kedamaian, dan kekerasan.”

Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di http://icrs.ugm.ac.id/announcement/8/young-interfaith-peacemaker-national-conference-2013.html

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home