Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 13:24 WIB | Sabtu, 23 Oktober 2021

Alec Baldwin Mengatakan Sebelum Syuting Senjatanya Kosong

Polisi menyelidiki kasus penembakan di lokasi syuting film di mana seorang sinematografer tewas dan sutradara terluka.
Alec Baldwin Mengatakan Sebelum Syuting Senjatanya Kosong
Alec Baldwin berbicara di telepon di tempat parkir di luar Kantor Sheriff Santa Fe County di Santa Fe, New Mexico, setelah dia ditanyai tentang penembakan di lokasi syuting film "Rust" di pinggiran Santa Fe, Kamis (21/10). Baldwin menembakkan senjata properti di lokasi syuting, menewaskan sinematografer Halyna Hutchins dan melukai sutradara Joel Souza, kata para pejabat. (Foto: Jim Weber/Santa Fe New Mexico via AP)
Alec Baldwin Mengatakan Sebelum Syuting Senjatanya Kosong
Seorang kru berita TV merekam laporan di pintu masuk Peternakan Film Bonanza Creek di Santa Fe, NM Jumat, 22 Oktober 2021. (Foto: AP/Andres Leighton)

SANTA FE, SATUHARAPAN.COM-Saat kru film dan aktor dalam pakaian Barat bersiap untuk berlatih adegan film di dalam bangunan kayu seperti kapel di peternakan gurun di luar Santa Fe, asisten sutradara, Dave Halls, melangkah keluar dan mengambil senjata properti dari gerobak.

Dia berjalan kembali dan menyerahkannya kepada aktor film, Alec Baldwin, meyakinkannya bahwa itu aman untuk digunakan karena tidak memiliki amunisi hidup.

"Cold gun," teriak Halls, maksudnya pistol tidak berisi peluru.

Tapi tidak, menurut catatan pengadilan yang dipublikasikan Jumat (22/10). Sebaliknya, ketika Baldwin menarik pelatuknya pada hari Kamis, dia membunuh sinematografer Halyna Hutchins dan melukai sutradara Joel Souza, yang berdiri di belakangnya.

Tragedi itu terjadi hampir tiga dekade setelah Brandon Lee, putra legenda seni bela diri Bruce Lee, meninggal dalam kasus serupa, dan itu menimbulkan pertanyaan mengerikan tentang bagaimana hal itu bisa terjadi lagi.

Produser eksekutif drama polisi ABC "The Rookie" mengumumkan pada hari Jumat bahwa pertunjukan itu tidak akan lagi menggunakan senjata "langsung" karena "keselamatan pemain dan kru kami terlalu penting."

Rincian penembakan di peternakan di Bonanza Creek Road dimasukkan dalam surat perintah penggeledahan yang diajukan oleh Kantor Sheriff Distrik Santa Fe. Penyelidik berusaha untuk memeriksa kostum Baldwin yang berlumuran darah untuk film "Rust," serta senjata yang ditembakkan, senjata properti dan amunisi lainnya, dan rekaman apa pun yang mungkin ada.

Pistol itu adalah salah satu dari tiga yang dipasang oleh pembuat senjata untuk film, Hannah Gutierrez, di atas kereta di luar gedung tempat sebuah adegan sedang dilakukan, menurut catatan. Halls mengambil pistol dari gerobak dan membawanya kepada Baldwin, tidak menyadari bahwa itu diisi dengan peluru tajam, tulis seorang detektif dalam aplikasi surat perintah penggeledahan.

Tidak jelas berapa banyak peluru yang ditembakkan. Gutierrez melepaskan selongsong peluru dari pistol setelah penembakan, dan dia menyerahkan senjata itu kepada polisi ketika mereka tiba, kata catatan pengadilan.

Halls tidak segera membalas pesan telepon dan email untuk meminta komentar. Associated Press tidak dapat menghubungi Gutierrez, dan beberapa pesan yang dikirim ke perusahaan produksi yang berafiliasi dengan film tersebut tidak segera dibalas pada hari Jumat.

Pengawas naskah film, Mamie Mitchell, mengatakan dia berdiri di samping Hutchins ketika dia tertembak.

"Saya berlari keluar dan menelepon 911 dan berkata 'Bawa semua orang, kirim semua orang,'" kata Mitchell kepada The Associated Press. “Wanita ini sedeang di awal karirnya. Dia adalah wanita yang luar biasa, langka, sangat langka.”

Mitchell mengatakan dia dan anggota kru lainnya menghadiri upacara peringatan pribadi pada Jumat malam di Santa Fe.

Baldwin menggambarkan pembunuhan itu sebagai "kecelakaan tragis."

“Tidak ada kata-kata untuk menyampaikan keterkejutan dan kesedihan saya atas kecelakaan tragis yang merenggut nyawa Halyna Hutchins, seorang istri, ibu, dan rekan kerja kami yang sangat kami kagumi. Saya sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan polisi," tulis Baldwin di Twitter. "Hati saya hancur untuk suaminya, putra mereka, dan semua orang yang mengenal dan mencintai Halyna."

Tidak ada tuntutan langsung yang diajukan, dan juru bicara sheriff, Juan Rios ,mengatakan Baldwin diizinkan untuk bepergian. “Dia orang bebas,” kata Rios.

Aktor film berusia 63 tahun, yang dikenal karena perannya dalam "30 Rock" dan "The Hunt for Red October" dan kesannya tentang mantan Presiden Donald Trump di "Saturday Night Live", menunjukkan dia putus asa di luar kantor sheriff pada hari Kamis.

Senjata yang digunakan dalam pembuatan film terkadang merupakan senjata nyata yang dapat menembakkan peluru atau peluru kosong, yang merupakan bubuk mesiu yang menghasilkan kilatan dan ledakan tetapi tidak ada proyektil yang mematikan. Bahkan bisa mengeluarkan gas panas dan kertas atau gumpalan plastik dari laras yang bisa mematikan dari jarak dekat. Itu terbukti dalam kasus kematian seorang aktor pada tahun 1984.

Dalam kecelakaan lain yang terjadi pada tahun 1993, Lee terbunuh setelah peluru tertinggal di senjata properti, dan penembakan serupa telah terjadi yang melibatkan senjata panggung yang diisi dengan peluru tajam selama pemeragaan sejarah.

Protokol keamanan senjata di lokasi syuting di Amerika Serikat telah meningkat sejak saat itu, kata Steven Hall, direktur fotografi veteran di Inggris. Namun dia mengatakan salah satu posisi paling berisiko adalah di belakang kamera, karena orang itu berada di garis tembak dalam adegan di mana seorang aktor tampak menodongkan pistol ke penonton.

Deputi Sheriff menanggapi kejadian sekitar pukul 14:00 siang ke lokasi syuting di Bonanza Creek Ranch setelah panggilan 911 menggambarkan seseorang yang ditembak di sana, kata Rios. Peternakan telah digunakan dalam lusinan film, termasuk "News of the World" dengan aktor  Tom Hanks baru-baru ini.

Hutchins, 42 tahun, bekerja sebagai direktur fotografi pada film aksi 2020 "Archenemy" yang dibintangi Joe Manganiello. Dia adalah lulusan American Film Institute tahun 2015 dan dinobatkan sebagai "bintang baru" oleh American Cinematographer pada tahun 2019.

“Aku sangat sedih kehilangan Halyna. Dan sangat marah karena ini bisa terjadi di lokasi syuting," kata sutradara "Archenemy" Adam Egypt Mortimer di Twitter. "Dia adalah bakat brilian yang benar-benar berkomitmen pada seni dan film."

Manganiello menyebut Hutchins "bakat luar biasa" dan "orang hebat" di akun Instagram-nya. Dia mengatakan dia beruntung telah bekerja dengannya.

Setelah syuting, produksi "Rust" dihentikan. Film ini berkisah tentang seorang anak laki-laki berusia 13 tahun yang harus berjuang untuk dirinya sendiri dan adik laki-lakinya setelah kematian orang tua mereka di Kansas tahun 1880-an, menurut situs internet Movie Database.

Remaja itu melarikan diri dengan kakeknya yang sudah lama terasing (diperankan oleh Baldwin) setelah bocah itu dijatuhi hukuman gantung karena pembunuhan tidak disengaja terhadap seorang peternak lokal. (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home