Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 12:01 WIB | Jumat, 22 September 2023

Anak Jimmy Lai Tidak Ingin Ayahnya Meninggal di Tahanan Hong Kong

Jimmy Lai adalah aktivis pro demokrasi dan pemilik media Apple Daily yang ditutup oleh pemerintah Hong Kong dalam tekanan oleh China.
Jimmy Lai, tengah, keluar dari gedungnya untuk berolah raga di penjara Stanley di Hong Kong, Jumat, 4 Agustus 2023. Putra raja media Hong Kong yang dipenjara dan aktivis pro demokrasi terkemuka, Sebastien Lai, berkata pada Rabu, 20 September, dia tidak ingin melihat ayahnya meninggal dalam tahanan, karena pengacaranya mengemukakan kemungkinan bahwa persidangannya yang telah lama tertunda dapat diundur tanpa batas waktu. (Foto: dok. AP/Louise Delmotte)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Putra pengusaha media Hong Kong yang dipenjara dan aktivis pro demokrasi terkemuka, Jimmy Lai, hari Rabu (20/9), mengatakan dia tidak ingin melihat ayahnya meninggal dalam tahanan, ketika pengacaranya mengemukakan kemungkinan bahwa persidangannya yang telah lama tertunda mungkin akan ditunda kembali tanpa batas waktu.

Sebastien Lai juga mengecam pemerintah Inggris karena kurangnya tindakan, hal yang “memalukan” dalam membantu ayahnya, yang merupakan warga negara Inggris.

Jimmy Lai, pendiri surat kabar prodemokrasi Apple Daily berusia 75 tahun yang sekarang sudah tidak ada lagi, telah ditahan sejak dia ditangkap pada tahun 2020 berdasarkan undang-undang keamanan nasional yang diberlakukan oleh Beijing. Pengusaha Hong Kong itu terancam hukuman penjara seumur hidup jika terbukti bersalah. Dia telah dijatuhi hukuman lima tahun sembilan bulan dalam kasus terpisah.

Persidangannya sedianya akan dimulai Desember lalu, namun telah ditunda beberapa kali oleh hakim. Sekarang akan dimulai pada 18 Desember.

Putranya Sebastien Lai, 28 tahun, dan pengacaranya menggambarkan kasus ini sebagai “persidangan pertunjukan.” Mereka menyarankan agar pihak berwenang Hong Kong dapat menunda tanggal persidangan lebih lanjut bukan hanya karena kasus mereka lemah, namun juga karena tidak ada manfaat bagi mereka jika Lai mengutarakan pandangannya dalam dengar pendapat publik yang diperkirakan akan berlangsung dua hingga tiga bulan.

Sebastien Lai, yang telah melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, Inggris, dan PBB untuk melobi para pemimpin internasional guna membantu ayahnya, pada hari Rabu mengkritik pemerintah Inggris karena bahasanya yang tidak bersuara dalam mengutuk penahanan berkepanjangan ayahnya.

Dia juga menyebut pendekatan Inggris terhadap China tidak koheren, karena meskipun beberapa pejabat pemerintah bersuara menentang catatan hak asasi manusia Beijing, sebagian pejabat lainnya berpendapat bahwa menjaga China sebagai mitra dagang adalah hal yang terpenting.

“Jika mereka bersedia mengorbankan hak asasi manusia demi perdagangan, saya pikir itu adalah sebuah kesalahan besar,” kata Lai kepada wartawan. “Saya tidak ingin melihat ayah saya meninggal di penjara. Dia berusia 75 tahun, dia di penjara, dia berisiko mati. Ini sangat mengkhawatirkan,” tambahnya.

Caoilfhionn Gallagher, seorang pengacara hak asasi manusia yang berbasis di London yang memimpin tim hukum internasional Lai, mengatakan Menteri Luar Negeri, James Cleverly, dan Perdana Menteri Rishi Sunak telah menolak untuk bertemu dengan Sebastien Lai meskipun telah berulang kali diminta.

“Kami melihat pesan yang sangat beragam dari pemerintah secara keseluruhan,” katanya. “Kami pikir ada elemen pemerintah Inggris yang berbicara secara terbuka, di satu sisi mereka mengatakan sesuatu tentang kasus Jimmy Lai, dan memberi kita sedikit remah roti, dan di sisi lain mereka mengabaikannya dengan memaksakan pesan tersebut bahwa ini adalah bisnis seperti biasa.”

Lai mengatakan dia belum mendengar kabar terbaru apa pun dari pemerintah Inggris sejak Cleverly mengunjungi Beijing bulan lalu dan mengangkat kasus ayahnya, serta topik lainnya, dengan rekan-rekannya di China.

Jimmy Lai dituduh berkonspirasi dengan pihak lain untuk menyerukan sanksi internasional atau terlibat dalam aktivitas permusuhan terhadap Hong Kong atau China. Ia juga menghadapi dakwaan berkolusi dengan kekuatan asing untuk membahayakan keamanan nasional, dan dakwaan penghasutan lain berdasarkan undang-undang era kolonial yang juga semakin sering digunakan untuk menundukkan oposisi.

Taipan tersebut dan lebih dari 260 orang lainnya, termasuk sebagian besar pemimpin pro demokrasi terkemuka di kota tersebut, telah ditangkap berdasarkan undang-undang keamanan nasional sebagai bagian dari tindakan keras Beijing yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap oposisi di kota tersebut.

Persidangannya tertunda selama berbulan-bulan, sebagian karena perselisihan hukum dengan pihak berwenang Hong Kong mengenai apakah Lai dapat menyewa pengacara Inggris untuk membelanya. Pengadilan Tinggi kota tersebut sebelumnya menguatkan keputusan pemerintah yang melarang pengacara, Timothy Owen, mewakili Lai.

Sebastien tidak bertemu ayahnya selama tiga tahun, dan baru melihat seperti apa ayahnya baru-baru ini ketika Associated Press merilis foto eksklusif dirinya dibawa keluar oleh penjaga untuk berolah raga setiap hari di dalam penjara dengan keamanan maksimum.

“Beberapa bagian dari diriku senang karena dia masih sama… (tapi) itu juga mengingatkanku pada usianya,” katanya. “Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi besok pada usia segitu.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home