Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 06:30 WIB | Sabtu, 06 Desember 2014

Anak Sukanto Tanoto Ungkap Rahasia Sukses Wirausaha

Anderson Tanoto ketika menyampaikan kata sambutannya dalam acara Tanoto Entrepreneurship Series di Gedung Cyber 2 Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (5/12). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Anderson Tanoto, anak dari pengusaha kayu Indonesia Sukanto Tanoto yang juga merupakan orang kaya nomor 10 di Indonesia tahun 2014 versi majalah Forbes mengungkap tiga rahasia sukses dari ayahnya untuk menjadi seorang wirausaha.

“Ayah saya mengajarkan tiga faktor yang menentukan entrepreneur itu sukses atau gagal,” kata Anderson ketika membuka acara Tanoto Entrepreneurship Series di Gedung Cyber 2 Kuningan, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (5/12).

Faktor pertama adalah kegigihan. Usaha atau bisnis tidak pernah lepas dari cobaan. Untuk itu, sifat gigih sangat diperlukan dalam diri seorang pengusaha. Kemudian faktor kedua adalah harus bisa berinovasi dan menciptakan perbedaan dalam membangun bisnisnya, “Uniqueness (keunikan), kunci sukses entrepreneur,” kata dia.

Lalu faktor yang ketiga adalah memiliki semangat belajar dari kegagalan sehingga dapat menjadi evaluasi untuk seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. “Melakukan perbaikan dari kesalahan kita agar tidak terulang,” kata dia.

Dalam acara tersebut hadir pula Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Presiden Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat untuk membagikan pengalaman mereka yang telah sukses berwirausaha meskipun tidak menamatkan pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home