Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 07:25 WIB | Sabtu, 06 Desember 2014

Menkeu Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 5,8 Persen Tercapai

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro saat menghadiri HUT Korpri ke-43 di Monumen Nasional, Jakarta. (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro optimistis pertumbuhan ekonomi sebesar 5,8 persen tercapai pada 2015 mendatang.

“Kami percaya bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia sesuai target APBN 2015,” kata Bambang seperti tertuang pada website Kementerian Keuangan, Jumat (5/12), di Jakarta.

Untuk itu, pihaknya segera mengajukan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015 pada awal tahun depan, Menkeu menjelaskan dalam RAPBN-P 2015 tercakup angka pertumbuhan ekonomi sebesar 5,8 persen.

RAPBN-P dilakukan dengan tujuan mengakomodasi berbagai prioritas, inisiatif dan program pemerintah, mengingat, APBN 2015 yang telah disepakati oleh pemerintah dan DPR periode sebelumnya bersifat baseline.

 “Termasuk realokasi penghematan yang berasal dari penyesuaian harga BBM (bahan bakar minyak) bersubsidi,” Bambang menjelaskan.

Lebih lanjut pertumbuhan ekonomi didorong oleh dampak positif yang akan timbul dari kebijakan realokasi anggaran subsidi BBM ke jenis pengeluaran yang lebih produktif.

Seperti diketahui, pemerintah akan mengalihkan anggaran subsidi BBM untuk perbaikan infrastruktur dasar, peningkatan ketahanan pangan, sektor maritim, perikanan, transportasi, termasuk juga energi. (kemenkeu.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home