Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:15 WIB | Senin, 19 Januari 2015

Andrinof: Pengusaha Hotel jangan Manja!

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago. (Foto: Ignatius Dwiana)

PADANG, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago mengatakan anggaran penghematan dari PNS dari rapat di hotel yang dialihkan untuk pembangunan infrastruktur, pada akhirnya akan menguntungkan pengusaha hotel.

"Pengusaha hotel harus kreatif, jangan manja menunggu kegiatan pemerintah yang dilakukan di hotel," kata dia di Padang, Senin (19/1).

Menurut dia, salah satu fokus pembangunan dalam RPJMN adalah pariwisata yang tentu akan berkaitan erat dengan pengusaha perhotelan.

"Jika sektor pariwisata dikembangkan, tentu pengusaha hotel akan mendapatkan untung yang berlipat," ujar dia.

Namun, dia mengingatkan, untuk pengembangan pariwisata itu dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Anggaran itu diambil dari pengalihan subsidi BBM serta penghematan pengeluaran seperti rapat PNS di hotel.

Saat ini, tambahnya, jumlah wisatawan yang datang ke Sumbar hanya sekitar 50 ribu orang pertahun.

Jumlah itu, menurut Andrinof, tidak sebanding dengan potensi wisata di Sumbar yang sangat banyak, beragam dan memukau.

"Kami telah mengambil langkah strategis pada sektor pariwisata di Sumbar dengan mengembangkan kawasan wisata mandeh di Pesisir Selatan. Kami fokuskan pada satu objek wisata, tetapi dengan efek yang akan dinikmati oleh daerah-daerah sekitarnya di Sumatra Barat, terutama ibu kota provinsi, Padang," kata dia.

Menurut dia, dengan adanya kawasan wisata Mandeh yang dikembangkan dan dikelola dengan baik sehingga menjadi salah satu destinasi wisata dunia, akan memberikan efek positif pada Sumbar secara umum.

"Biro travel tentu akan membuat paket wisata, tidak hanya ke Kawasan Mandeh, tetapi juga objek wisata lain di Sumbar. Wisatawan yang datang lewat udara juga akan melewati Kota Padang dan berbelanja di sana," kata dia. (Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home