Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:28 WIB | Jumat, 05 Agustus 2022

AS: Rusia Membuat Bukti Palsu Serangan ke Kamp Tahanan Ukraina

Foto satelit yang disediakan oleh Maxar Technologies: pemandangan pusat penahanan Olenivka, di provinsi Donetsk Timur, setelah serangan terhadap penjara dilaporkan menewaskan tentara Ukraina yang ditangkap pada bulan Mei. Para pejabat Ukraina mengatakan mereka berjuang untuk membuktikan kebenaran seputar ledakan di penjara yang menewaskan puluhan tahanan perang Ukraina yang ditangkap oleh Rusia setelah jatuhnya Mariupol. (Foto: Gambar satelit © 2022 Maxar Technologies via AP)

WASHINGTON SC, SATUHARAPAN.COM-Gedung Putih pada hari Kamis (4/8) mengatakan informasi intelijen baru menunjukkan bahwa Rusia sedang bekerja untuk membuat bukti mengenai serangan mematikan pekan lalu di sebuah penjara yang menampung tahanan perang di wilayah separatis di Ukraina timur.

Pejabat intelijen AS telah menetapkan bahwa Rusia sedang mencari untuk menanam bukti palsu untuk membuatnya tampak bahwa pasukan Ukraina bertanggung jawab atas serangan 29 Juli di Penjara Olenivka yang menewaskan 53 orang tewas dan melukai puluhan lainnya, menurut juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby

Secara terpisah, seorang pejabat pemerintah Barat, yang memberi tahu wartawan tentang kondisi anonimitas, mengatakan para ahli bahan peledak yang telah meninjau foto-foto penjara yang dirilis oleh Rusia setelah insiden tersebut telah menentukan bahwa kehancuran itu tidak mungkin disebabkan oleh “serangan bahan peledak tinggi dari luar" dan bahwa itu "jauh lebih mungkin karena ledakan dan dari dalam lokasi."

"Kami mengantisipasi bahwa pejabat Rusia akan mencoba menjebak Angkatan Bersenjata Ukraina untuk mengantisipasi wartawan dan penyelidik potensial yang mengunjungi lokasi serangan," kata Kirby.

Rusia telah mengklaim bahwa militer Ukraina menggunakan peluncur roket yang dipasok AS untuk menyerang penjara di Olenivka, sebuah pemukiman yang dikendalikan oleh Republik Rakyat Donetsk yang didukung Moskow.

Ledakan dari dalam Penjara

Militer Ukraina membantah melakukan serangan roket atau artileri di Olenivka. Badan intelijen kementerian pertahanan Ukraina mengklaim dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu bahwa mereka memiliki bukti bahwa separatis lokal yang didukung Kremlin berkolusi dengan FSB (agen penerus utama KGB) Rusia, dan kelompok tentara bayaran Wagner untuk menebar ranjau di barak sebelum “menggunakan zat yang mudah terbakar, yang menyebabkan penyebaran api yang cepat di dalam ruangan.”

Kirby mengatakan penentuan intelijen rahasia, yang baru-baru ini diturunkan, menunjukkan bahwa pejabat Rusia bahkan mungkin menanam amunisi dari Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi, atau HIMARS, sebagai bukti bahwa sistem yang disediakan oleh AS ke Ukraina digunakan dalam serangan itu.

Ukraina telah secara efektif menggunakan peluncur HIMARS, yang menembakkan roket jarak menengah dan dapat dengan cepat dipindahkan sebelum Rusia dapat menargetkan mereka dengan tembakan balasan, dan telah mencari lebih banyak peluncur dari Amerika Serikat.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, pada hari Kamis (4/8) dengan marah menolak klaim pejabat AS tentang Rusia yang mengarang bukti.

“Ini benar-benar terbukti dan sangat jelas apa yang terjadi di Olenivka,” kata Peskov hari Kamis dalam konferensi dengan wartawan. “Tahanan perang Ukraina dibunuh oleh militer Ukraina. Ukraina membunuh tentaranya yang ditahan, dan banyak lainnya terluka. Ada bukti dan tidak ada yang disembunyikan.”

Tim Penyelidik PBB

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guterres, mengatakan pada hari Rabu bahwa dia menunjuk misi pencari fakta sebagai tanggapan atas permintaan dari Rusia dan Ukraina untuk menyelidiki pembunuhan di penjara.

Guterres mengatakan kepada wartawan bahwa dia tidak memiliki wewenang untuk melakukan investigasi kriminal tetapi memiliki wewenang untuk melakukan misi pencarian fakta. Dia menambahkan bahwa kerangka acuan untuk misi ke Ukraina saat ini sedang dipersiapkan dan akan dikirim ke pemerintah Ukraina dan Rusia untuk disetujui. Peskov mengatakan bahwa Rusia telah mengundang PBB dan Palang Merah untuk mengunjungi situs tersebut dan melakukan penyelidikan.

POW (tawanan perang) Ukraina di penjara Donetsk termasuk pasukan yang ditangkap selama jatuhnya Mariupol. Mereka menghabiskan berbulan-bulan bersembunyi dengan warga sipil di pabrik baja raksasa Azovstal di kota pelabuhan selatan. Perlawanan mereka selama pemboman Rusia tanpa henti menjadi simbol pembangkangan Ukraina terhadap agresi Rusia.

Lebih dari 2.400 tentara dari Resimen Azov dari garda nasional Ukraina dan unit militer lainnya menyerah di bawah perintah militer Ukraina pada bulan Mei.

Puluhan tentara Ukraina telah dibawa ke penjara di daerah yang dikuasai Rusia. Beberapa telah kembali ke Ukraina sebagai bagian dari pertukaran tahanan dengan Rusia, tetapi keluarga lain tidak tahu apakah orang yang mereka cintai masih hidup, atau apakah mereka akan pulang.

Pejabat AS dan Inggris, sebelum perang dan pada tahap awal, berulang kali mengumumkan apa yang mereka katakan sebagai rencana Rusia untuk membuat video dan peristiwa palsu yang akan disalahkan Kremlin pada Ukraina tetapi sebenarnya dilakukan oleh Rusia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home