Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:57 WIB | Rabu, 14 September 2022

Baku Tembak Pasukan Azerbaijan dan Armenisa, 100 Tentara Tewas

Gambar ini diambil dari rekaman YouTube yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Armenia pada hari Selasa, 13 September 2022, menunjukkan prajurit Azerbaijan melintasi perbatasan Armenia-Azerbaijan dan mendekati posisi Armenia. Perdana Menteri Armenia mengatakan bahwa 49 tentara tewas dalam serangan malam hari oleh Azerbaijan. (Foto: Kementerian Pertahanan Armenia via AP)

YEREVAN, SATUHARAPAN.COM-Pertempuran di perbatasan antara Armenia dan Azerbaijan menewaskan sekitar 100 tentara pada hari Selasa (13/9) ketika serangan di kedua belah pihak memicu kekhawatiran akan pecahnya permusuhan yang lebih luas antara dua musuh lama.

Armenia mengatakan sedikitnya 49 tentaranya tewas; Azerbaijan mengatakan kehilangan 50 tentara.

Pertempuran meletus beberapa menit setelah tengah malam dengan pasukan Azerbaijan melepaskan rentetan artileri dan serangan pesawat tak berawak di banyak bagian wilayah Armenia, menurut Kementerian Pertahanan Armenia. Dikatakan penembakan semakin berkurang pada siang hari tetapi pasukan Azerbaijan berusaha maju ke wilayah Armenia.

Kementerian Luar Negeri Azerbaijan mengatakan pihaknya menanggapi "provokasi skala besar" oleh Armenia pada hari Senin (12/9) malam dan Selasa pagi. Dikatakan pasukan Armenia menanam ranjau dan menembaki posisi militer Azerbaijan.

Kedua negara telah terkunci dalam konflik puluhan tahun atas Nagorno-Karabakh, yang merupakan bagian dari Azerbaijan tetapi telah berada di bawah kendali pasukan etnis Armenia yang didukung oleh Armenia sejak perang separatis di sana berakhir pada tahun 1994.

Azerbaijan merebut kembali bagtian wilayah Nagorno-Karabakh dalam perang enam pekan pada tahun 2020 yang menewaskan lebih dari 6.600 orang dan berakhir dengan kesepakatan damai yang ditengahi Rusia. Moskow mengerahkan sekitar 2.000 tentara ke wilayah itu untuk melayani sebagai penjaga perdamaian di bawah kesepakatan itu.

Kementerian Luar Negeri Rusia pada hari Selasa mendesak kedua pihak “untuk menahan diri dari eskalasi lebih lanjut.” Moskow telah terlibat dalam tindakan penyeimbangan yang rumit dalam upaya mempertahankan hubungan persahabatan dengan kedua negara bekas Uni Soviet.

Rusia memiliki hubungan ekonomi dan keamanan yang kuat dengan Armenia, yang menjadi tuan rumah pangkalan militer Rusia, sementara Rusia juga telah mengembangkan kerja sama yang erat dengan Azerbaijan yang kaya minyak.

Masyarakat internasional juga mendesak agar situasi tenang. Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mendesak Armenia dan Azerbaijan “untuk mengambil langkah segera untuk mengurangi ketegangan, menahan diri secara maksimal dan menyelesaikan setiap masalah yang belum terselesaikan melalui dialog” dan menerapkan kesepakatan sebelumnya, kata juru bicaranya.

Dewan Keamanan PBB mengadakan konsultasi tertutup pada Rabu (14/9) mengenai pertempuran baru.

Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, menelepon Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan kemudian juga melakukan panggilan dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, dan Presiden Iran, Ebrahim Raisi. Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, berbicara melalui telepon dengan mitranya dari Azerbaijan, Jeyhun Bayramov.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, berbicara dengan Pashinyan dan presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev. AS memiliki utusan khusus di kawasan itu, kata Blinken, “dan harapan saya adalah kita dapat memindahkan ini dari konflik kembali ke meja perundingan dan kembali mencoba membangun perdamaian.”

Berbicara di parlemen pada hari Selasa pagi, Pashinyan menuduh Azerbaijan memiliki sikap tanpa kompromi pada pembicaraan yang ditengahi Uni Eropa baru-baru ini di Brussels.

Armenia mengatakan penembakan Azerbaijan hari Selasa merusak infrastruktur sipil dan melukai sejumlah orang yang tidak disebutkan.

Di Facebook, Aliyev menyatakan belasungkawa “kepada keluarga dan kerabat prajurit kami yang meninggal pada 13 September saat mencegah provokasi skala besar yang dilakukan oleh angkatan bersenjata Armenia ke arah wilayah Kalbajar, Lachin, Dashkasan dan Zangilan di Azerbaijan.”

Turki, sekutu Azerbaijan, juga menyalahkan Armenia atas kekerasan tersebut. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyatakan dukungan untuk Aliyev dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Turki dan Azerbaijan adalah "saudara ... dalam segala hal."

Gubernur provinsi Gegharkunik, salah satu daerah yang berada di bawah serangan Azerbaijan, mengatakan ada jeda 40 menit dalam pertempuran, tampaknya mencerminkan upaya Moskow untuk merundingkan gencatan senjata, sebelum kemudian dilanjutkan. Gubernur, Karen Sarkisyan, mengatakan empat tentara Armenia di wilayahnya tewas dan 43 lainnya terluka oleh penembakan itu.

Pemerintah Armenia mengatakan akan secara resmi meminta bantuan Rusia di bawah perjanjian persahabatan antara negara-negara, dan juga mengajukan banding ke PBB dan Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif, aliansi keamanan yang didominasi Moskow dari negara-negara bekas Uni Soviet.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, menahan diri untuk tidak mengomentari permintaan Armenia tetapi menambahkan selama panggilan konferensi dengan wartawan bahwa Putin “mengambil segala upaya untuk membantu mengurangi ketegangan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home