Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 17:15 WIB | Selasa, 24 November 2015

Banyak Tempat Latihan Senam Representatif di Jakarta

Banyak Tempat Latihan Senam Representatif di Jakarta
Jonathan Sianturi (kaus merah) saat memberi instruksi kepada atlet-atlet Pelatda Lapis 1 DKI Jakarta yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 hari Selasa (24/11) di Gedung Senam Raden Inten, Jl. Raden Inten, Jakarta Timur. (Foto-foto: Prasasta Widiadi).
Banyak Tempat Latihan Senam Representatif di Jakarta
Jonathan Sianturi (berlatih dengan palang sejajar) memeragakan gerakan-gerakan akrobatik senam artistik hari Selasa (24/11) di Gedung Senam Raden Inten, Jl. Raden Inten, Jakarta Timur.
Banyak Tempat Latihan Senam Representatif di Jakarta
Atlet-atlet senam ritmik Provinsi DKI Jakarta yang akan berlatih untuk cabang olahraga senam, hari Selasa (24/11) di Gedung Senam Raden Inten, Jl. Raden Inten, Jakarta Timur.
Banyak Tempat Latihan Senam Representatif di Jakarta
Atlet-atlet senam ritmik Provinsi DKI Jakarta yang akan berlatih untuk cabang olahraga senam, hari Selasa (24/11) di Gedung Senam Raden Inten, Jl. Raden Inten, Jakarta Timur.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Mantan pesenam putra Indonesia, Jonathan Mangiring Sianturi menyebut bahwa tempat latihan cabang olahraga senam di Jakarta cukup baik dan memadai sehingga atlet di lima wilayah Kota Administratif Jakarta dapat mempersiapkan diri dengan maksimal untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) DKI Jakarta 2015.

“Kalau fasilitas senam itu  selain di sini (Gedung Senam Raden Inten, Jakarta, Red)  di Senayan ada juga, di Ragunan juga ada, jadi atlet-atlet itu bisa latihan ke tempat yang dekat dengan mereka,”  kata Jonathan kepada satuharapan.com hari Selasa (24/11) di Gedung Senam Raden Inten, Jl. Raden Inten, Jakarta Timur.

Jonathan mengatakan kalau untuk berlatih sehari-hari tidak ada kejuaraan biasanya atlet-atlet senam yang belum terkategorikan Pelatda (Pemusatan Latihan Daerah) lapis 1 atau 2 bisa berlatih di berbagai wilayah Jakarta.

“Tapi kalau ingin berlatih serius, apalagi sekarang atau menjelang ada perlombaan kayak gini (Porprov DKI 2015, Red) atau kejuaraan biasanya membutuhkan pelatih yang mantan atlet ya memang  direkomendasikan  disini (Gedung Senam Raden Inten, Jakarta, Red),” kata mantan atlet berusia 43 tahun tersebut.

Dalam Porprov DKI 2015, menurut situs resmi Porprov DKI 2015 di cabang senam terbagi dalam beberapa kategori antara lain Senam Artistik, Senam Ritmik, dan Senam Aerobik.  

Senam Artistik masih terbagi lagi dalam senam beregu, perorangan serba bisa,  perorangan per alat, artistik lantai, kuda pelana, meja lompat, gelang-gelang, palang tunggal, palang sejajar, palang bertingkat, dan balok keseimbangan.  

Senam Ritmik masih terbagi lagi dalam kompetisi beregu, kompetisi perseorangan seluruh alat, dan perseorangan.

Senam Aerobik masih terbagi lagi dalam perorangan pelajar, dan perorangan umum.

Kategori Senam Artistik dan aerobik dilombakan mulai Selasa (24/11) sampai dengan Kamis (26/11). Sementara kategori Senam Ritmik hanya Kamis (26/11).

“Sekarang kalau mau berbicara tempat latihan senam yang dibilang lengkap ya disini karena  ini memang sentralnya, jadi kalau misalnya atlet jakarta pusat latihan disini ya mereka harus atur waktu dari pelajarannya di sekolah,” kata Jonathan.

Jonathan Mangiring Sianturi

Jonathan Sianturi adalah mantan atlet senam putra Indonesia, dia telah merebut puluhan medali emas yang membawa kebanggaan bagi Indonesia. Pada  tahun 2004 dia pensiun dari dunia senam dan beralih menjadi pelatih senam putra Pelatnas (Pemusatan Latihan Nasional) dan Pelatda Provinsi DKI Jakarta hingga kini, di samping aktif sebagai pengurus Pusat Persatuan Senam Indonesia.

Selama perjalanan karirnya, Jonathan meraih beberapa prestasi bergengsi, beberapa di antaranya adalah merebut 26 medali emas di Pekan Olahraga Nasional, 14 emas SEA Games.

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home