Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:46 WIB | Selasa, 05 Maret 2024

Banyak Warga AS Ragukan Kemampuan Mental Joe Biden untuk Jabatan Presiden

Hal yang sama juga pada mantan presiden AS, Donald Trump, dari Partai Republik.
Presiden AS, Joe Biden, menyampaikan pidatom kenegaraan dalam sidang Kongres di Capitol, Washington DC, pada 7 Februari 2023. (Foto: dok. AP/J. Schott Applewhite)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Sebuah jajag pendapat menemukan bahwa semakin banyak orang dewasa Amerika yang ragu bahwa Presiden Joe Biden yang berusia 81 tahun memiliki ingatan dan ketajaman untuk menduduki jabatan tersebut, sehingga membuat pidato kenegaraannya menjadi seperti audisi real-time untuk masa jabatan kedua.

Sekitar enam dari 10 orang mengatakan mereka tidak terlalu atau sama sekali tidak percaya diri dengan kemampuan mental Biden untuk menjabat secara efektif sebagai presiden, menurut survei baru yang dilakukan oleh The Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research. Jumlah tersebut sedikit meningkat dibandingkan bulan Januari 2022, ketika sekitar setengah dari responden yang disurvei menyatakan kekhawatiran serupa.

Dengan cara yang sama, hampir enam dari 10 juga mengatakan mereka kurang percaya pada kemampuan mental mantan Presiden, Donald Trump, kandidat terdepan Partai Republik berusia 77 tahun.

Bagi banyak pemilih, pemilu tahun ini tampak seperti pertarungan pekerjaan terberat di dunia antara dua pria yang sudah melampaui usia standar pensiun. Presiden berikutnya mungkin perlu mengatasi konflik global, memperbaiki keadaan darurat dalam negeri, dan bekerja sama dengan Kongres yang tidak berfungsi.

Biden kemungkinan akan mengatasi tantangan-tantangan tersebut dan lebih banyak lagi tantangan-tantangan tersebut dalam pidato kenegaraannya pada hari Kamis ketika ia mencoba meyakinkan warga Amerika bahwa ia layak mendapatkan masa jabatannya lagi.

Menjelang acara besar tersebut, hanya 38% orang dewasa AS yang menyetujui cara Biden menangani pekerjaannya sebagai presiden, sementara 61% tidak setuju. Partai Demokrat (74%) lebih cenderung mendukung kinerjanya dibandingkan partai independen (20%) dan Partai Republik (6%). Namun terdapat ketidakpuasan yang luas terhadap cara Biden menangani berbagai masalah, termasuk ekonomi, imigrasi, dan kebijakan luar negeri.

Sekitar empat dari 10 orang Amerika menyetujui cara Biden menangani masing-masing masalah berikut: layanan kesehatan, perubahan iklim, kebijakan aborsi, dan konflik antara Rusia dan Ukraina. Namun masyarakat kurang puas dengan cara Biden menangani imigrasi (29%), konflik antara Israel dan Palestina (31%) dan ekonomi (34%) – yang semuanya kemungkinan besar akan muncul dalam pidatonya sebelum sidang gabungan di Kongres.

Hampir enam dari 10 (57%) orang Amerika berpendapat bahwa perekonomian nasional berada dalam keadaan yang lebih buruk atau lebih buruk dibandingkan sebelum Biden menjabat pada tahun 2021. Hanya tiga dari 10 orang dewasa yang mengatakan bahwa keadaannya lebih baik di bawah kepemimpinannya. Namun, masyarakat lebih optimis terhadap keadaan rekening bank mereka: 54% mengatakan keuangan pribadi mereka baik.

Banyak responden survei yang sangat pesimistis mengenai pilihan mereka di bulan November karena usia dan risiko penurunan kognitif.

Paul Miller, yang berusia 84 tahun, mengatakan Biden sudah terlalu tua – begitu pula Trump. “Dia tampaknya tidak memiliki mental apa pun untuk menjadi presiden,” kata Miller tentang Biden. Dia menambahkan bahwa Trump “terlalu tua, dan setengah gila.”

Pensiunan dari Carlisle, Pennsylvania, mengatakan dia memilih Trump pada tahun 2020 tetapi dia tidak akan melakukannya lagi. “Saya rasa saya tidak akan memilih salah satu dari mereka,” katanya. “Saya harap orang lain tersedia.”

Presiden Trump menghadapi tekanan tambahan mengenai usianya setelah deskripsi yang tidak menyenangkan tentang dirinya dimuat dalam laporan penasihat khusus yang tidak merekomendasikan penuntutan pidana terhadap Biden karena kesalahannya dalam menangani catatan rahasia, tidak seperti Trump yang didakwa karena menyimpan materi rahasia di rumahnya di Florida.

Laporan tersebut mengatakan bahwa ingatan Biden “kabur”, “tidak jelas”, “salah”, “buruk”, dan memiliki “keterbatasan yang signifikan”.

Biden telah mencoba mengalihkan kekhawatiran dengan bercanda tentang usianya dan menyindir kesalahan Trump sendiri. Namun usia presiden merupakan faktor yang menutupi pencapaian kebijakannya di bidang infrastruktur, manufaktur, dan penanganan perubahan iklim.

Sekitar sepertiga dari anggota Partai Demokrat mengatakan mereka tidak terlalu atau sama sekali tidak yakin dengan kemampuan mental Biden dalam survei baru ini, naik dari 14% pada bulan Januari 2022. Hanya 40% dari anggota Partai Demokrat yang mengatakan mereka sangat atau sangat percaya diri dengan mental Biden. kemampuan mereka, dengan sekitar tiga  dari 10 mengatakan mereka “agak” percaya diri.

Dan ini merupakan risiko besar bagi Biden, karena orang-orang independen cenderung mengatakan bahwa mereka kurang percaya diri terhadap kemampuan mental Biden (80%) dibandingkan dengan Trump (56%).

Partai Republik pada umumnya lebih nyaman dengan kemampuan mental Trump dibandingkan dengan Partai Demokrat terhadap Biden. Dalam survei tersebut, 59% anggota Partai Republik sangat atau sangat yakin bahwa Trump memiliki kemampuan mental untuk menjadi presiden. Sebanyak 20% lainnya merasa agak percaya diri, dan 20% merasa kurang percaya diri atau tidak percaya diri sama sekali.

Namun ada satu hal yang bisa disepakati oleh Partai Demokrat dan Republik, yaitu kemungkinan calon dari partai lain tidak mampu secara mental untuk melakukan tugas tersebut. Sekitar Sembilan dari 10 anggota Partai Republik mengatakan Biden tidak memiliki kemampuan mental untuk menjadi presiden, sementara anggota Partai Demokrat juga menyatakan hal yang sama tentang Trump.

Salah satu masalah Biden adalah kebijakannya belum mampu mengatasi kekacauan kehidupan sehari-hari.

Sharon Gallagher, 66 tahun, khawatir dengan inflasi. Dia memilih Biden pada tahun 2020, tetapi yakin Biden belum berbuat cukup banyak untuk perekonomian. Dia juga merasa Trump terlalu cepat marah. Penduduk Sarasota, Florida mengatakan dia tidak punya cukup waktu untuk menilai kebijakan mereka.

“Saya tidak memberikan cukup perhatian pada politik untuk mengetahuinya,” kata Gallagher. “Saya punya cucu yang tinggal bersama saya dan saya punya acara anak-anak sepanjang hari.”

Justin Tjernlund, 40 tahun, dari Grand Rapids, Michigan, mengatakan Biden “tampaknya sebagian besar dia masih bertahan,” tetapi bahkan jika dia mengalami kemunduran, dia memiliki “sekelompok orang yang membantunya melakukan pekerjaan itu.” Trjenlund mengatakan dia memilih Trump pada tahun 2020 dan berencana untuk melakukannya lagi karena Partai Republik itu “menarik” dan “menyegarkan.”

Namun, karena usia kedua kandidat, Greg Olivo, 62 tahun, mengatakan dia berencana untuk fokus pada Wakil Presiden Kamala Harris dan siapa pun yang dipilih Trump, jika dia calonnya, sebagai calon wakil presiden.

“Awasi wakil presiden dengan cermat,” kata masinis dari Valley City, Ohio, yang memilih Biden pada tahun 2020 dan akan melakukannya lagi. “Karena orang itu mungkin akan menjadi presiden dalam empat tahun, dengan satu atau lain cara.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home