Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 17:26 WIB | Sabtu, 06 Desember 2014

Basuki Siap Bantu Restrukturisasi Masjid di Jakarta

Basuki Siap Bantu Restrukturisasi Masjid di Jakarta
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (kanan) didampingi Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Unggung Cahyono (kiri) saat menghadiri Lebaran Betawi 2014. (Foto-foto: Prasasta Widiadi).
Basuki Siap Bantu Restrukturisasi Masjid di Jakarta
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (kanan) didampingi Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Unggung Cahyono (kiri) saat menghadiri Lebaran Betawi 2014.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyatakan siap merestrukturisasi berbagai masjid di Jakarta yang mengalami kendala kerusakan infrastruktur.

“Tolong nanti Kesbangpol (Biro Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) dan Dikmental (Biro Pendidikan dan Mental Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) kalau Shalat Jumat berkeliling masjid di Jakarta. Laporkan ke kita kondisi jamaah-nya seperti apa, masjidnya seperti apa," kata Basuki usai mengukuhkan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi DKI Jakarta di Ruang Balai Agung, Kantor Gubernur DKI Jakarta, Jumat (5/12).

Basuki memerintahkan demikian kepada dua biro yang berada di dalam naungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna mengawasi penggunaan bantuan renovasi masjid di ibu kota. Hal ini dilakukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran.

Mantan Bupati Belitung Timur ini menjelaskan apabila terjadi kerusakan infrastruktur maka pihaknya akan secara berkesinambungan menyalurkan bantuan renovasi masjid di ibu kota. Bahkan, Pemprov DKI siap memberikan bantuan secara penuh untuk pembangunan masjid jika jamaahnya merupakan warga kurang mampu.

Sumber Daya Manusia

Basuki menekankan pembenahan masjid di Jakarta tidak hanya dari infrastruktur bangunan tetapi juga sektor Sumber Daya Manusia, dia menyatakan keprihatinan banyaknya masjid di ibu kota yang mulai kehilangan jamaah terutama generasi muda seiring majunya perkembangan teknologi dan pembangunan.

Melihat kondisi itu, Basuki pun memiliki cara untuk menarik minat anak muda untuk beribadah dengan melibatkan pengurus remaja masijd agar lebih meningkatkan upaya menambah jemaah. Namun dia juga memerintahkan Biro Dikmental DKI memantau dan menghitung masjid yang jamaahnya terus bertambah.

Pembenahan SDM di sektor religi akan dilakukan Pemprov DKI dengan memberikan apresiasi kepada guru mengaji dengan membiayai umrah hingga haji, bagi yang berhasil membimbing anak-anak usia 12 tahun khatam membaca Alquran. (beritajakarta.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home