Loading...
INDONESIA
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 19:31 WIB | Sabtu, 21 Mei 2016

Bawaslu Ajak Mahasiswa Awasi Pilkada DKI Jakarta

Seminar Nasional Fakultas Hukum Universitas Ibnu Chaldun Jakarta dengan tema "Reformasi Sistem Penyelenggaraan Pilkada di Indonesia", hari Sabtu (21/5). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta, Mimah Susanti, mengajak mahasiswa mengawasi Pemilihan Umum (Pemilu) Gubernur DKI Jakarta 2017 mendatang.

"Saya ingin mengajak partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu. Salah satu yang bisa dilakukan adalah melibatkan mahasiswa menjadi pengawas Pemilu " kata Mimah dalam Seminar Nasional Universitas Ibnu Chaldun, Jakarta, hari Sabtu (21/5).

Bawaslu menganggap penting partisipasi masyarakat, karena tanpa partisipasi masyarakat Bawaslu akan bekerja sendirian.

Mimah mengatakan, saat ini Bawaslu dalam tahap pembentukan pengawas Pemilu dan mulai merekrut pengawas pada bulan Desember mendatang.

"Pengawas Pemilu akan terdaftar, memiliki surat tugas, ID card, dan mendapat honorarium untuk bekerja selama satu bulan," ujar Mimah.

Namun, bagi yang belum berkesempatan, dapat menjadi relawan.

"Atau bisa bergabung sebagai relawan," ia menambahkan.

Mimah menjelaskan Bawaslu memiliki dua tugas utama yaitu pencegahan dan penanganan.

"Kami ingin mengedepankan pencegahan, walaupun penindakan pasti lebih trend. Padahal lebih baik mencegah dari pada mengobati," katanya.

Dia juga menegaskan bahwa tugas pengawas Pemilu adalah juga tugas seluruh komponen masyarakat. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home