Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 17:30 WIB | Senin, 11 Mei 2015

Belum Selesai Urusan APBD, DKI Siapkan APBDP

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Tuty Kusumawati. (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –  Belum selesai dengan urusan pencairan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), DKI kini tengah mengejar waktu untuk perancangan APBD perubahan atau APBDP yang akan dilaksanakan tengah tahun mendatang.

Menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Tuty Kusumawati, saat ini Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan kini pihak pemprov tengah melakukan inventarisasi.

“Gubernur sudah minta kami mana yang sanggup diselesaikan dan tidak selesai. ini mau diinventarisir dulu. Saya baru selesai tutup input rencana belanja 2016. Kita tutup lalu supervisi untuk rencana belanja 2016 dan kita lanjut APBDP,” ujar Tuty di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (11/5).

Baru Memulai Pembangunan Fisik

Sementara terkait pembangunan fisik, Tuty mengungkapkan Jakarta baru dapat melaksanakan pembangunan fisik pada Juni mendatang, berdekatan dengan perencanaan APBDP. Program fisik yang menjadi prioritas, yang akan dibangun oleh Jakarta ialah pembangunan terhadap infrastruktur penanggulangan banjir. Untuk program-program swakelola seperti perbaikan jalan dan perbaikan saluran air, proyek seharusnya sudah mulai bisa dikerjakan. Namun untuk proyek besar seperti pembangunan jembatan layang dan proyek-proyek besar lainnya masih dalam proses lelang.

Apabila proses lelang gagal dilakukan, Ahok meminta dana pembangunan melalui proses lelang dicoret lalu dimasukkan ke dalam APBDP 2015.

Dengan ini, kendati waktu penyerapan anggaran tinggal tujuh bulan, Tuty juga menegaskan pihak pemprov telah mengantisipasi terjadinya Silpa dengan mengalokasikan anggaran dalam APBDP.  Alokasinya ialah untuk pembelian tanah dan penyertaan modal pemerintah (PMP).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home