Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:26 WIB | Senin, 13 Februari 2023

Bencana Gempa Bumi Jadi Peluang Suriah untuk Keluar dari Isolasi

Bencana Gempa Bumi Jadi Peluang Suriah untuk Keluar dari Isolasi
Presiden Suriah, Bashar Al-Assad, kedua kiri, berbicara dengan tim penyelamat Aljazair di lokasi bangunan yang hancur akibat gempa dahsyat, di provinsi Aleppo, Suriah, Jumat, 10 Februari 2023. Tim penyelamat menarik beberapa orang hidup-hidup dari sisa-sisa bangunan yang hancur pada hari Jumat, beberapa yang selamat lebih dari 100 jam terperangkap di bawah beton yang hancur dalam cuaca dingin setelah bencana gempa bumi menghantam Turki dan Suriah. (Foto: SANA via AP)
Bencana Gempa Bumi Jadi Peluang Suriah untuk Keluar dari Isolasi
Truk bermuatan bantuan kemanusiaan PBB untuk Suriah setelah gempa dahsyat mencapai perbatasan Bab al-Hawa dengan Turki, provinsi Idlib, Suriah, Jumat, 10 Februari 2023. (Foto: AP/Ghaith Alsayed)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM - Pada kunjungan publik pertamanya untuk melihat kehancuran yang ditimbulkan oleh gempa bumi mematikan pekan ini yang melanda Turki dan Suriah, Presiden Suriah Bashar Al-Assad pada hari Jumat (10/2) dengan tegas mempermalukan Barat karena mengisolasi negaranya.

Presiden yang diperangi mungkin melihat bencana, yang menghancurkan sebagian besar Suriah utara, sebagai kesempatan untuk mendorong pelonggaran isolasi negaranya—jika bukan dari Amerika Serikat dan Uni Eropa, yang telah memberlakukan sanksi selama bertahun-tahun selama tahun-tahun, brutal perang saudara, kemudian dari negara-negara Arab.

"Barat memprioritaskan politik daripada situasi kemanusiaan," kata Assad kepada sekelompok wartawan saat mengunjungi lingkungan Masharqa di Aleppo, yang hancur akibat gempa berkekuatan 7,8 pada hari Senin. “Wajar jika mereka mempolitisasi situasi, tetapi tidak ada kemanusiaan, baik sekarang maupun di masa lalu.”

Tur Assad yang dirancang dengan hati-hati dilakukan lima hari setelah gempa melanda, kontras dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang telah mengunjungi bagian Turki yang hancur selama beberapa hari.

Tragedi itu menghadirkan bahaya bagi Assad dari beban kesengsaraan baru akibat gempa bumi bagi warga Suriah. Negara ini telah dilumpuhkan oleh krisis ekonomi yang telah menarik 90% penduduknya ke dalam kemiskinan. Sekarang sebanyak 5,3 juta orang mungkin telah kehilangan tempat tinggal di Suriah akibat bencana tersebut, menurut perkiraan badan pengungsi PBB.

Pertempuran besar dalam perang saudara selama 12 tahun mereda beberapa tahun yang lalu, tetapi warga Suriah hanya melihat kondisinya semakin buruk. Banyak yang sudah berjuang untuk membeli makanan dan bahan bakar untuk pemanas.

Frustrasi yang meningkat telah memicu protes dan suara kritis terhadap Assad di wilayah yang dikuasai pemerintah untuk pertama kalinya dalam satu dekade. Kegagalan untuk mengirimkan bantuan atau memulihkan diri dari gempa dapat semakin memicu ketidakpuasan publik.

Gempa tersebut – yang paling mematikan di dunia dalam beberapa dasawarsa dengan lebih dari 28.000 orang tewas – meninggalkan kehancuran luas di tenggara Turki dan Suriah utara, baik di kantong wilayah yang dikuasai pemberontak terakhir di barat laut maupun di petak-petak wilayah yang dikuasai pemerintah, khususnya kota Aleppo.

Bantuan Barat Melalui PBB

Pejabat di pemerintahan Assad mengklaim sanksi Amerika dan Eropa menghalangi pengiriman bantuan ke Suriah dan memperlambat operasi pencarian dan penyelamatan untuk menyelamatkan keluarga yang masih terjebak di bawah reruntuhan.

“Assad mencoba mengeksploitasi gempa bumi untuk keluar dari isolasi internasional,” kata Lina Khatib, direktur program Timur Tengah dan Afrika Utara di Chatham House, kepada The Associated Press. “Seruan rezimnya untuk pencabutan sanksi adalah upaya normalisasi de facto dengan komunitas internasional,” tambahnya.

Uni Eropa mengatakan Suriah tidak secara resmi meminta bantuan sampai tiga hari setelah gempa, dan enam negara anggota mengirimkan bantuan melalui Program Pangan Dunia PBB. Amerika Serikat mengatakan telah mencabut sementara sanksi yang akan menghambat bantuan bagi korban gempa. Assad dan pejabat Suriah belum berkomentar.

Tetapi AS dan Uni Eropa telah menjelaskan bahwa mereka tidak akan mengakhiri sanksi yang dijatuhkan atas tindakan keras Assad terhadap oposisi dan metode brutal pasukannya terhadap pemberontak dalam perang saudara.

Assad sendiri belum menyerukan pencabutan sanksi sejak gempa. Khatib mengatakan dia berharap dia tidak akan melakukannya karena itu akan membuatnya terlihat lemah di depan rakyatnya setelah bertahun-tahun retorika garis keras melawan negara-negara Barat.

Dia mungkin melihat harapan di negara-negara Arab.

Sekutu terdekat Assad, Rusia, Iran, dan China, semuanya mengirim bantuan setelah bencana, begitu juga sekutu utama AS di Arab, terutama Uni Emirat Arab, Mesir, dan Yordania.

Negara-negara Arab yang menghindari Suriah sejak 2011 perlahan membangun kembali hubungan diplomatik dengan Damaskus. Semakin banyak negara telah menyerukan agar Suriah dikembalikan ke Liga Arab.

“Dinamika ini sudah terjadi, dipimpin oleh Uni Emirat Arab,” dan gempa bumi dapat mempercepatnya, kata Nadim Houry, direktur eksekutif Inisiatif Reformasi Arab, sebuah think tank.

Gempa tersebut memungkinkan negara-negara Arab “untuk bekerja dengan cara yang tidak kontroversial karena urgensi kemanusiaan dan memberikan ruang untuk pemulihan hubungan ini terwujud,” katanya.

Penundaan dalam mengirimkan bantuan ke Suriah barat laut yang dikuasai oposisi telah memperbaharui perdebatan tentang sistem PBB yang sudah ada untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke wilayah tersebut.

Bantuan PBB dikirim melalui satu penyeberangan perbatasan dari Turki karena Rusia telah memblokir penggunaan satu pintu. PBB juga telah mengirimkan bantuan ke barat laut yang dikuasai pemberontak dari dalam Suriah, melintasi garis konflik, dari Damaskus.

Juru bicara PBB, Stephane Dujarric, mengatakan pada hari Jumat bahwa PBB telah melakukan kontak dengan pemerintah Suriah tentang mendapatkan konvoi lintas garis ke barat laut dengan cepat.

Assad dan Rusia telah menyerukan agar pengiriman bantuan ke daerah kantong itu secara eksklusif melalui Damaskus, yang ditentang oleh badan-badan PBB dan negara-negara Barat, karena takut dia akan mengalihkan bantuan ke pendukung Assad. Tetapi para ahli mengatakan pemimpin Suriah dan Moskow dapat menggunakan urgensi situasi untuk mendorong perubahan.

“Ada kebutuhan mendesak sekarang untuk bantuan lebih lanjut. Perlu ada solusi yang tidak dipolitisasi, sementara pada saat yang sama tidak jatuh ke tangan rezim,” kata Houry. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home