Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:58 WIB | Minggu, 12 Februari 2023

Warga Suriah: Mengungsi Akibat Perang Saudara, Mengungsi Lagi Akibat Gempa Bumi

Warga Suriah berkerumun di sekitar api di tempat penampungan di Antakya, tenggara Turki, Jumat, 10 Februari 2023. Tempat penampungan yang dioperasikan oleh Molham, sebuah tim sukarelawan Suriah, didirikan segera setelah gempa terjadi. Ia telah menawarkan tempat tinggal sementara, makanan panas, dan transportasi keluar dari kota yang hancur itu bagi ratusan ribu pengungsi Suriah yang melarikan diri bertahun-tahun lalu setelah perang pecah di kampung halaman mereka dan sekarang menemukan diri mereka sekali lagi terlantar dan kehilangan tempat tinggal. (Foto: AP/Hussein Malla)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM - Hidup selama bertahun-tahun di tenda -tenda untuk orang-orang terlantar di barat laut Suriah yang dikuasai pemberontak, Ali Abu Yassin dulu iri pada teman dan kerabat yang dikelilingi tembok bata dan langit-langit kokoh di atas kepala mereka.

Namun situasinya berbalik setelah gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 pada hari Senin (6/2) yang melanda Turki dan Suriah, menewaskan lebih dari 28.000 orang, meruntuhkan dan merusak puluhan ribu bangunan dan berpotensi menyebabkan jutaan orang mengungsi.

Lebih dari 20 kerabat Abu Yassin tewas ketika bangunan apartemen mereka runtuh akibat gempa bumi di desa terdekat dari tendanya, katanya, termasuk satu keluarga sepupu yang beranggotakan 14 orang. Abu Yassin berhasil sampai ke desa untuk membantu upaya penyelamatan.

“Kami membutuhkan waktu dua hari untuk mengeluarkan jenazah mereka dan mengubur mereka di kuburan massal,” kata Abu Yassin melalui telepon dari Provinsi Idlib yang dikuasai pemberontak. Dari tenda yang dulu ingin ia tinggalkan, ayah tiga anak ini berkata, “Saya sangat beruntung. Itu adalah kehendak Tuhan.”

Sebelum gempa bumi, pemberontakan yang berubah menjadi perang saudara selama 12 tahun di Suriah telah menggusur setengah penduduk sebelum perang yang berjumlah 23 juta jiwa. Abu Yassin ada di antara mereka, melarikan diri dari rumahnya di bagian lain Idlib beberapa tahun lalu.

Sekarang gempa telah menyebabkan gelombang perpindahan baru.

Petak kehancuran termasuk daerah kantong yang dikuasai pemberontak, berpusat di Provinsi Idlib, serta kota-kota berpenduduk padat yang dikuasai pemerintah seperti Aleppo, Hama dan Latakia. Badan pengungsi PBB, UNHCR, mengatakan pada hari Jumat (10/2) bahwa sebanyak 5,3 juta orang di Suriah mungkin kehilangan tempat tinggal.

Bagi banyak orang, ini adalah perpindahan kedua mereka, setelah akibat perang saudara.

Wassim Jaadan meninggalkan rumahnya di desa Zardana yang dikuasai pemberontak di Idlib, kemudian dibom oleh pasukan pemerintah, dan melarikan diri ke Lebanon bersama keluarganya pada tahun 2013. Sembilan tahun kemudian, setelah Lebanon runtuh ke dalam krisis ekonomi yang berkepanjangan dan mereka tidak bisa lagi membayar sewa, Jaadan membawa pulang istri dan keempat anaknya ke Zardana.

“Situasi ekonomi lebih baik daripada Lebanon, dan kami memiliki keluarga kami, orang tua kami di sini,” katanya.

Saat gempa terjadi pada hari Senin, keluarga tersebut terbangun oleh getaran ringan yang dengan cepat menjadi lebih keras. Mereka melarikan diri sebelum bangunan itu runtuh dan hancur menjadi puing-puing.

Keluarga itu sekarang tinggal di tenda yang hampir kosong karena semua harta benda mereka hancur. “Kita akan mati kedinginan,” kata Jaadan. "Aku tidak bisa berpikir karena syok."

UNHCR mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya sedang berusaha memastikan bahwa tempat penampungan bagi orang-orang terlantar memiliki fasilitas yang memadai, serta tenda, terpal plastik, selimut termal, alas tidur, dan pakaian musim dingin.

Namun, bantuan lambat mencapai banyak daerah di Suriah. Konvoi bantuan pertama yang terdiri dari 14 truk melintasi Turki ke Suriah barat laut pada hari Jumat (10/2), kata seorang juru bicara PBB kepada The Associated Press. Jalan menuju perbatasan Bab al-Hawa terhalang selama berhari-hari setelah gempa karena kerusakan jalan dan puing-puing bangunan yang runtuh.

Di daerah pedesaan Suriah barat laut, ada "puluhan ribu orang terlantar tinggal di bawah pohon zaitun dalam suhu beku," kata Raed Saleh, kepala Pertahanan Sipil oposisi Suriah, juga dikenal sebagai kelompok Helm Putih, dalam konferensi pers hari Jumat. Saleh mengatakan 500 bangunan di Suriah barat laut telah hancur total, 1.400 sebagian hancur dan puluhan ribu rumah rusak.

Di daerah lain yang rusak akibat gempa, orang-orang terlantar memadati tempat penampungan sementara di gereja dan masjid, sekolah, hotel, dan pusat kebugaran.

Pada hari Jumat, dalam kunjungan pertamanya ke daerah yang dilanda gempa, Presiden Bashar Al-Assad dan istrinya Asma mengunjungi dua tempat penampungan di kota utara Aleppo dan sebuah dapur yang menyiapkan 3.000 makanan sehari untuk para pengungsi.

Di kota pesisir Latakia, basis pendukung Assad, sekitar 2.000 orang pada hari Jumat malam berdesakan di pusat olah raga kota.

Di bawah spanduk bergambar wajah Assad dan bendera Suriah, lantai lapangan basket dipenuhi kasur dan kantong tidur. Keluarga berkerumun di jaket musim dingin untuk tetap hangat dan makan makanan panas yang disediakan oleh organisasi bantuan lokal.

Wardah al-Hussein, ibu sembilan anak berusia 67 tahun, mengatakan dia telah tidur di stadion sejak gempa. Dia berasal dari Aleppo, dan sekarang memulai pemindahan keduanya. “Kami melarikan diri dari kota kami dan rumah kami hancur, dan kami datang ke sini,” katanya. “Sekarang karena gempa bumi kami melewati semuanya lagi.”

Mereka yang rumahnya terhindar telah membukanya untuk kerabat dan tetangga. Seorang penduduk kota Atmeh yang dikuasai pemberontak, Mustafa Ali, mengatakan bahwa sudah dua keluarga dari kerabat pindah bersama keluarganya di apartemen tiga kamar sementara mereka menunggu untuk melihat apakah para ahli akan memastikan rumah mereka sendiri cocok untuk hidup. “Yang sangat dibutuhkan orang sekarang adalah tenda” serta pakaian hangat dan susu bayi, kata Ali.

Seorang pekerja bantuan yang berbasis di Suriah utara, yang berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang berbicara kepada media, mengatakan delapan fasilitas luas, termasuk pusat tempat pasien virus corona pernah dirawat, telah dibuka untuk menampung para pengungsi di wilayah tersebut.

Menambah keresahan para pengungsi, kata dia, harga pangan naik pasca gempa karena persediaan yang terbatas. “Kondisi kami memprihatinkan,” katanya. "Saya butuh bantuan sekarang." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home