Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:13 WIB | Jumat, 15 April 2022

Bentrokan di Kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, 58 Terluka

Para pengunjuk rasa Palestina bentrok dengan pasukan keamanan Israel di kompleks di mana terdapat Masjid Al-Aqsa, yang dikenal oleh umat Islam sebagai Tempat Suci dan bagi orang Yahudi sebagai Temple Mount, di Kota Tua Yerusalem, hari Kamis, 15 April 2022. (Foto: Reuters)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Bentrokan pecah pada hari Jumat (15/4) pagi antara polisi Israel dan warga Palestina di Masjid al-Aqsa, sebuah situs suci di Yerusalem, dan petugas medis mengatakan sedikitnya 59 warga Palestina terluka.

Wakaf Islam yang mengelola situs tersebut mengatakan polisi Israel mulai datang sebelum fajar, ketika ribuan jemaah berkumpul di masjid untuk salat subuh selama bulan suci Ramadhan. Israel mengatakan pasukannya masuk untuk memindahkan batu-batu yang telah dikumpulkan untuk mengantisipasi kekerasan.

Video yang beredar online menunjukkan warga Palestina melemparkan batu dan polisi menembakkan gas air mata dan granat kejut. Yang lain menunjukkan jamaah membarikade diri di dalam masjid itu sendiri di tengah apa yang tampak seperti awan gas air mata.

Layanan darurat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan telah mengevakuasi 59 orang yang terluka ke rumah sakit. Wakaf mengatakan salah satu penjaga di lokasi ditembak di mata dengan peluru karet.

Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan puluhan pria bertopeng membawa bendera Palestina dan Hamas berbaris ke kompleks pada hari Jumat pagi dan mengumpulkan batu. "Polisi dipaksa masuk ke halaman untuk membubarkan kerumunan dan memindahkan batu-batu, untuk mencegah kekerasan lebih lanjut," kata tweeted itu.

Masjid adalah situs tersuci ketiga dalam Islam. Dibangun di puncak bukit yang merupakan situs paling suci bagi orang Yahudi, yang menyebutnya sebagai Temple Mount. Ini telah menjadi titik nyala utama bagi kekerasan Israel-Palestina selama beberapa dekade.

Ketegangan meningkat dalam beberapa pekan terakhir menyusul serangkaian serangan oleh warga Palestina.

Israel juga telah melakukan gelombang penangkapan dan operasi militer di Tepi Barat yang diduduki, memicu bentrokan di mana beberapa warga Palestina telah tewas. Puluhan ribu warga Palestina diperkirakan akan berkumpul di al-Aqsa untuk salat Jumat.

Protes dan bentrokan selama berminggu-minggu di Yerusalem selama Ramadhan tahun lalu akhirnya memicu perang 11 hari dengan kelompok militan Palestina Hamas, yang menguasai Jalur Gaza.

Israel telah mencabut pembatasan dan mengambil langkah-langkah lain untuk mencoba dan menenangkan ketegangan menjelang Ramadhan, yang tahun ini bertepatan dengan liburan Paskah Yahudi dan pekan suci Kristen, membawa ribuan peziarah dan pengunjung lainnya ke Yerusalem.

Tapi serangan militer telah menyebabkan gelombang kerusuhan lagi. Awal pekan ini, Hamas dan kelompok militan lainnya di Gaza telah meminta warga Palestina untuk berkemah di masjid al-Aqsa selama akhir pekan. Orang-orang Palestina telah lama khawatir bahwa Israel berencana untuk mengambil alih situs atau membaginya.

Pihak berwenang Israel mengatakan mereka berkomitmen untuk mempertahankan status quo, tetapi dalam beberapa tahun terakhir kelompok nasionalis dan agama Yahudi telah mengunjungi situs dalam jumlah besar dengan pengawalan polisi.

Israel merebut Yerusalem timur, tempat di mana berdiri al-Aqsa dan situs suci utama lainnya, dalam perang 1967 dan mencaploknya dalam sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional. Palestina ingin bagian timur kota itu menjadi ibu kota negara merdeka di masa depan, termasuk Tepi Barat dan Gaza, yang juga direbut Israel selama perang hampir 55 tahun lalu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home