Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:07 WIB | Rabu, 12 April 2023

Beredar Video Tentara Penggal Tawanan, Samakan Rusia dengan ISIS

Tentara Ukraina berlatih dalam jarak tembak, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di Siversk, wilayah Donetsk, Ukraina, pada 18 Februari 2023. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ukraina menyamakan Rusia dengan ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) dan meminta Pengadilan Kriminal Internasional untuk menyelidiki setelah sebuah video muncul secara online yang menunjukkan tentara Rusia merekam diri mereka sendiri memenggal kepala seorang tawanan Ukraina dengan pisau.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi keaslian atau asal video di media sosial, yang menunjukkan seorang pria berseragam militer memenggal kepala seorang pria yang mengenakan pita lengan kuning yang digunakan oleh tentara Ukraina.

Kremlin menggambarkan video itu "mengerikan" tetapi mengatakan keasliannya perlu diperiksa. Moskow sebelumnya membantah bahwa pasukannya melakukan kekejaman selama konflik.

“Ada sesuatu yang tidak dapat diabaikan oleh siapa pun di dunia: betapa mudahnya binatang buas ini membunuh,” kata Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, dalam pesan video. “Akan ada tanggung jawab hukum untuk semuanya. Kekalahan teror itu perlu.”

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmitro Kuleba, mengatakan di Twitter: "Sebuah video mengerikan tentang pasukan Rusia memenggal tawanan perang Ukraina beredar online."

“Tidak masuk akal bahwa Rusia, yang lebih buruk dari ISIS, memimpin DK PBB (Dewan Keamanan Peserikatan Bangsa-bangsa),” katanya, di mana Rusia mengambil jabatan presiden bergilir bulan ini.

“Teroris Rusia harus diusir dari Ukraina dan PBB dan dimintai pertanggungjawaban atas kejahatan mereka.”

Militan dari ISIS di Irak dan Suriah terkenal karena merilis video pemenggalan tawanan ketika mereka menguasai sebagian besar negara-negara tersebut pada kurun 2014-2017.

Di Moskow, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan kepada wartawan pada sebuah pengarahan: "Pertama-tama, di dunia palsu yang kita tinggali, kita perlu memeriksa kebenaran rekaman ini."

“Maka itu bisa menjadi dalih untuk memeriksa apakah ini benar atau tidak, apakah itu terjadi, dan jika memang terjadi, di mana dan oleh siapa,” kata Peskov.

Kementerian luar negeri Ukraina meminta Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk "segera menyelidiki kekejaman militer Rusia lainnya."

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Maliar, mengatakan kepada orang-orang di dunia maya untuk tidak menyebutkan nama prajurit itu secara publik sampai identitasnya secara resmi ditetapkan oleh penegak hukum. Dia mendesak orang untuk berhenti berbagi video secara online.

“Ingat, musuh ingin menakut-nakuti kita. Ingin membuat kita lebih lemah, ”katanya.

Badan keamanan domestik Ukraina mengatakan telah memulai penyelidikan atas dugaan kejahatan perang atas video tersebut.

"Kemarin, sebuah video muncul di Internet yang menunjukkan bagaimana penjajah Rusia menunjukkan sifat jahat mereka, dengan kejam menyiksa seorang tahanan Ukraina dan memenggal kepalanya," tulis agensi SBU di Telegram.

Di Jenewa, Misi Pemantau Hak Asasi Manusia PBB di Ukraina mengatakan terkejut dengan apa yang disebutnya video "sangat mengerikan" yang diposting di media sosial.

Selain eksekusi yang diklaim, video lain menunjukkan tubuh yang dimutilasi dari tawanan perang Ukraina, katanya.

"Sayangnya, ini bukan insiden yang terisolasi," katanya dalam sebuah pernyataan. “Insiden terbaru juga harus diselidiki dengan baik dan pelakunya harus dimintai pertanggungjawaban.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home