Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 17:40 WIB | Jumat, 26 Desember 2014

Berfoto Main Golf dengan Obama, PM Malaysia Dibully Rakyatnya

PM Malaysia Najib Razak bercanda saat bermain golf dengan Presiden AS, Barack Obama, di Hawaii dalam rangka liburan. Foto ini telah mendatangkan kritik luas terhadap Najib, yang tidak berada di dalam negeri ketika rakyatnya dilanda banjir besar.(Foto: Malaysia Chronicle)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM - Foto-foto yang menunjukkan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, sedang bermain golf dengan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dalam liburan mereka di Hawaii, telah memancing kemarahan luas di kalangan rakyat Malaysia, di tengah banjir besar yang melanda sejumlah negara bagian negara tetangga itu.

Ribuan facebooker membubuhi komentar pada akun facebook Najib Rajak menuntut agar dirinya segera mengakhiri liburan dan pulang untuk menangani banjir yang melanda negaranya.

Kantor berita AP mengatakan, banjir yang ditengarai terburuk dalam tigapuluh tahun terakhir telah membunuh lima orang dan menyebabkan lebih dari 100.000 orang mengungsi. Pemerintah telah mengevakuasi sejumlah penduduk desa dan kota di lima negara bagian Malaysia.

Dalam sebuah pernyataan, kemarin malam, Najib mengatakan dia akan kembali ke Malaysia pada hari Sabtu dan langsung terbang ke Kelantan, wilayah yang mengalami banjir paling parah kali ini.

Najib menegaskan, walaupun ia tengah dalam liburan, ia tetap menjalin komunikasi dengan jajaran pemerintah agar bekerja dengan baik membantu korban.

"Saya sangat prihatin dengan banjir ini. Saya turut berdukacita dengan mereka yang kehilangan rumah dan keluarga yang kehilangan orang yang dikasihi," tutur dia. "Saya ingin melihat langsung situasinya dan bertemu dengan rakyat," tutur dia.

The Washington Post memberitakan, lengkap dengan foto-foto, Presiden AS, Barack Obama mengisi liburan dengan bermain golf. Jika biasanya yang menjadi lawannya adalah kolega-koleganya di Gedung Putih, kali ini ada yang lain, yaitu PM Malaysia, Najib Razak.

Meskipun demikian, bermain golf dengan pemimpin negara lain bukan hal asing bagi Obama. Tahun lalu di Hawaii juga, Obama bermain golf dengan PM Selandia Baru, John Key.

Sejumlah politisi mengecam ketidakhadiran Najib di dalam negeri ketika bencana besar melanda dan menyebabkan rakyat menderita. Anggota parlemen, Datuk Mahfuz Omar, dengan nada menyindir mengatakan, Najib adalah perdana menteri terbaik yang dipunyai Malaysia, sehingga, "Dia bersedia pergi jauh untuk bertemu Obama untuk mendapat nasihat bagaimana memecahkan persoalan di negara kita."

Masih dalam nada sindiran, Politisi PAS itu sebagaimana dikutip oleh Malaysia Chronicle, mengharapkan, "semoga Najib sempat meluangkan waktu mendoakan korban banjir di sela-sela bermain golf."

Deputi PM Malaysia, Sri Muhyiddin, membela Najib dengan mengatakan PM Malaysia  layak mendapat waktu berlibur setelah bekerja keras sekian lama. Muhyiddin juga meyakinkan warga bahwa tidak perlu mengkhawatirkan ketidakhadiran Najib karena ia sudah mempercayakan kepadanya untuk menangani banjir ini.

"Jika saya tidak bisa menangani ini, maka saya akan memanggil Najib untuk pulang ke Malaysia," kata dia.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home