Loading...
EKONOMI
Penulis: Wiwin Wirwidya Hendra 13:07 WIB | Kamis, 20 Juni 2013

Besok Malam, Jero Wacik Umumkan Kenaikan Harga BBM

Jero Wacik juga sempat mengimbau masyarakat untuk tidak menimbun BBM. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Jero Wacik dipastikan menjadi wakil pemerintah yang akan mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi. Rencananya, pengumuman kenaikan harga BBM tersebut akan disampaikan Jero pada Jumat malam (21/6) besok.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah seperti dilansir Antara menjelaskan bahwa keputusan memberikan wewenang kepada Kementerian ESDM untuk mengumumkan kenaikan harga tersebut didasarkan pada peraturan Menteri ESDM sendiri.

"Peraturan semacam ini diperlukan koordinasi dengan Pertamina dan berbagai BUMN, dan hal tersebut telah dilakukan. Saat ini sedang dalam proses pematangan dan akan segera dieksekusi secepatnya," katanya.

Sementara itu, ia juga menjelaskan mengenai alasan pemerintah tidak langsung menaikkan harga BBM Bersubsidi pasca DPR menyetujui APBN-P 2013 pada 17 Juni 2013 lalu.

Beberapa pertimbangannya adalah mengenai administrasi, kesiapan kompensasi, kesiapan regulasi teknis di Kementerian ESDM termasuk koordinasi dengan PT PErtamina selaku penyedia BBM Subsidi.

Terkait dampak kebijakan ini, Firmanzah menegaskan bahwa Presiden SBY juga telah menginstruksikan Menteri Perdagangan, Menko Perekonomian, Menteri Perhubungan serta Menteri Perindustrian untuk memonitor dan mengawasi harga barang di pasar serta menjadi pasokan.

"Pemerintah saat ini sedang bekerja intensif 24 jam untuk merampungkan hal tersebut demi mengakhiri persoalan fiskal dan laju perekonomian yang penuh dengan ketidakpastian saat ini," pungkas Firmanzah.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home