Loading...
EKONOMI
Penulis: Martha Lusiana 19:59 WIB | Rabu, 17 Juni 2015

BI: Kebutuhan Uang Hingga Lebaran Rp 125 Triliun

Sejumlah petugas bank menumpuk uang kertas rupiah Indonesia di Bank BNI di Jakarta, Jumat (1/3). (Foto: antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memproyeksikan jumlah uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah mencapai Rp 125 triliun.

"Secara umum, kebutuhan masyarakat hingga Lebaran diperkirakan antara Rp 119 triliun sampai Rp 125 triliun," ujar Agus Martowardojo di Jakarta, Rabu (17/6).

Menurutnya, jumlah tersebut didapat dari kegiatan pengkajian Bank Indonesia yang telah dilakukan untuk memprediksi pasokan uang yang diperlukan publik dalam satu bulan ke depan.

Ia mengatakan, walaupun jumlah maksimal sebesar Rp 125 trilun telah didapatkan BI melalui perhitungan tersebut, pihaknya akan terus memantau peningkatan kebutuhan jumlah uang pada Bulan Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Secara umum, Bank Indonesia meyakini persediaan pasokan uang saat ini masih pada kondisi yang baik," kata dia.

Sebelumnya, Bank Indonesia telah menyediakan uang tunai senilai Rp 118,5 triliun dalam satu bulan untuk mencukupi permintaan masyarakat hingga Lebaran 2014. 

Angka tersebut meningkat sebesar 14,9 persen jika dibandingkan 2013. Kebutuhan uang dari Bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 1434 Hijriah hanya mencapai Rp 103,2 triliun.(Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home