Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 14:33 WIB | Senin, 15 Juni 2015

Temui Ahok, Kapolda Metro Pastikan Jakarta Aman Saat Lebaran

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ditemui Irjen Tito Karnavian, Kapolda Metro Jaya yang baru saja dilantik. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian yang baru saja dilantik 12 Juni lalu, Senin (15/6) pagi menemui Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat. 

Dalam kunjungannya ke kantor gubernur, Irjen Tito melakukan koordinasi dengan Ahok, sapaan akrab Basuki, untuk memastikan kondisi Jakarta jelang bulan suci Ramadan tetap kondusif. 

"Saya koordinasi dengan beliau (Ahok, Red) mulai dari masalah kejahatan dan jenis aksi seperti curas, tawuran, dan aksi kekrasan, serta aksi kelompok tertentu dan juga masalah kesiapan bahan pangan dan kesiapan jelang Ramadan," ujar Tito saat ditemui awak media di Balai Kota, Senin pagi. 

Pertemuan keduanya juga membahas ihwal pendekatan persuasif yang akan dilakukan para stakeholder untuk meminimalisasi peristiwa tawuran yang kerap terjadi di beberapa wilayah di Jakarta. 

"Yang kita jadikan atensi di antaranya tawuran. Nanti Pak Walikota dan Polres kita minta untuk melakukan pendekatan persuasif untuk melakukan Safari Ramadan dan kita upayakan pencegahan sedini mungkin dan penebalan sedini mungkin," ujar Tito. 

Selain itu, pihak kepolisian bekerjasama dengan Dinas Budaya dan Pariwisata juga dipastikan akan menggelar pertemuan bersama pemilik tempat hiburan menjelaskan sistem buka-tutup tempat hiburan selama bulan Ramadan. Kendati sudah dijelaskan dalam surat edaran, sistem ini akan kembali dibahas langsung agar tak terjadi salah penangkapan informasi untuk pihak pemilik hiburan. 

Polisi juga dipastikan akan menjaga keamanan di sekeliling tempat hiburan selama bulan suci Ramadan di Jakarta untuk mencegah adanya keributan yang tak diharapkan terjadi. 

"Kemudian yang lain kita minta masalah petasan, miras; dan lain-lain kita akan melakukan penertiban supaya tidak mengganggu kekhusukan jalannya bulan Ramadan," katanya. 

Selain penertiban tempat hiburan, pihak kepolisian juga tengah dipersiapkan untuk mengawasi jalur mudik dan arus balik. Pihak kepolisian bersama dishub akan melakukan pengawasan terhadap lalu lintas yang diperkirakan mengalami kemacetan tingkat tinggi di beberapa titik saat masa mudik. 

Polda dan Dishub juga akan merencanakan rekayasa lalu lintas untuk meminimalisasi tingginya tingkat kemacetan. Sementara ini Polda tengah memahami akar maslah kemacetan. 

Polda juga akan menurunkan personelnya lebih banyak di titik-titik rawan kemacetan di seluruh wilayah DKI. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home