Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Sotyati 07:04 WIB | Selasa, 16 Juni 2015

BUMN Transportasi Paparkan Kesiapan Layanan Hadapi Lebaran

Ilustrasi: Pelni menyatakan siap mengoperasikan 19 unit kapal dan kapal cadangan lima unit menghadapi Lebaran ini. Peningkatan kapasitas angkut kapal Pelni diarahkan bagi wilayah-wilayah yang terjadi lonjakan tinggi. (Foto: jurnalmaritim.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian BUMN menginstruksikan perusahaan milik negara bidang transportasi, telekomunikasi, dan perbankan agar memberikan pelayanan prima kepada publik selama Ramadan dan Lebaran 2015.

Rapat dengan perusahaan yang layanannya terkait langsung dengan kegiatan publik tersebut dipimpin oleh Staf Ahli Menteri BUMN Bidang Komunikasi Riza Primadi, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (15/6).

BUMN tersebut meliputi PT Garuda Indonesia, PT Kereta Api Indonesia, PT Pelni, PT Angkasa Pura (AP) I, PT AP II, PT Pelindo I, II, III dan Perum Damri.

Selain BUMN transportasi, Riza juga mengundang PT Telekomunikasi Indonesia, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri.

PT Telkom terkait dengan kesiapan infrastruktur layanan komunikasi, sedangkan tiga Bank BUMN tersebut soal kesiapan persediaan uang tunai menjelang Lebaran.

Direktur Operasional AP II Djoko Murjatmodjo mengatakan dalam rapat tersebut masing-masing BUMN memaparkan program dan kesiapan layanan selama Ramadan dan Lebaran. "Bandara di bawah pengelolaan AP II siap melayani penerbangan selama Ramadan dan Lebaran, termasuk jika diperlukan extra flight (penerbangan tambahan) dari maskapai," ujar Djoko.

Ia pun memperkirakan "penerbangan tambahan" diperkirakan bisa mencapai sekitar 10 persen yang disesuaikan dengan tingkat kapasitas bandara tujuan.

Sementara itu, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan siap mengoperasikan kereta tambahan untuk semua kelas, ekonomi, bisnis maupun eksekutif. "Kami juga sedang mempersiapkan memberikan potongan harga atau tarif sampai dengan 30 persen kepada penumpang. Bentuknya bisa berupa voucher bisa juga berupa fasilitas layanan," ujar Edi.

Sementara itu, Direktur Pelni Datep Purwa Saputra mengatakan pihaknya siap mengoperasikan 19 unit kapal dan kapal cadangan lima unit.

Peningkatan kapasitas angkut kapal Pelni diarahkan bagi wilayah-wilayah yang terjadi lonjakan tinggi seperti tujuan Pelabuhan Sampit, Kalimantan Tengah dan Pelabuhan Kumay, Balikpapan.

Dari sisi armada, Pelni memastikan sudah siap melayani arus penumpang angkutan laut selama Ramadan dan Lebaran dengan kondisi kapal prima. "Jika pada saat itu belum mencukupi, Pelni bekerja sama dengan TNI AL untuk mengangkut masyarakat ke sejumlah pelabuhan yang menjadi rute Pelni," ujarnya. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home