Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 19:19 WIB | Sabtu, 27 Agustus 2022

Bintang Pop Turki Ditangkap Karena Lelucon Terkait Sekolah Agama

Bintang pop Turki, Gulsen, tampil dalam konser di Aydin, Turki, 27 Maret 2022. Gülşen, yang bernama lengkap Gulsen Colakoglu, telah ditangkap Kamis, 25 Agustus 2022, dengan tuduhan "menghasut kebencian dan permusuhan" atas lelucon tentang sekolah-sekolah agama Turki, kantor berita yang dikelola negara melaporkan. (Foto: dok. Depo via AP)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM-Bintang pop Turki, Gulsen, telah ditangkap atas tuduhan "menghasut kebencian dan permusuhan" dengan lelucon yang dia buat tentang sekolah-sekolah agama Turki, menurut laporan kantor berita milik negara.

Penyanyi dan penulis lagu berusia 46 tahun, yang bernama lengkap Gulsen Colakoglu, dibawa pergi dari rumahnya di Istanbul untuk diinterogasi dan secara resmi ditangkap pada hari Kamis (25/8) malam. Dia kemudian dibawa ke penjara menunggu persidangan.

Penangkapan tersebut memicu kemarahan di media sosial. Kritikus pemerintah mengatakan langkah itu merupakan upaya Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, untuk mengkonsolidasikan dukungan dari kelompok agama dan konservatifnya menjelang pemilihan dalam 10 bulan mendatang.

Tuduhan itu didasarkan pada lelucon yang dibuat Gulsen selama konser pada bulan April di Istanbul, di mana dia menyindir bahwa salah satu "penyimpangan" karir musisinya berasal adalah menghadiri sekolah agama. Sebuah video komentar penyanyi mulai beredar di media sosial baru-baru ini, dengan tagar menyerukan penangkapannya.

Gulsen, yang sebelumnya menjadi sasaran di kalangan Islam karena pakaian panggungnya yang terbuka dan karena mengibarkan bendera LGBTQ di sebuah konser, meminta maaf atas penghinaan yang disebabkan lelucon itu, tetapi mengatakan komentarnya digunakan oleh mereka yang ingin memperdalam polarisasi di negara itu.

Selama interogasinya oleh otoritas pengadilan, Gulsen menolak tuduhan bahwa dia menghasut kebencian dan permusuhan, dan mengatakan dia "menghormati nilai-nilai dan kepekaan negara saya tanpa henti," lapor Anadolu Agency yang dikelola negara.

Permintaannya untuk dibebaskan dari tahanan sambil menunggu hasil persidangan ditolak.

Kemal Kilicdaroglu, pemimpin partai oposisi utama Turki, meminta hakim dan jaksa Turki untuk membebaskan Gulsen. “Jangan mengkhianati hukum dan keadilan; lepaskan artis itu sekarang!” tulisnya di Twitter.

Juru bicara partai Keadilan dan Pembangunan pimpinan Erdogan, yang dikenal dengan akronim Turki AKP, muncul untuk membela keputusan untuk menangkap penyanyi itu, dengan mengatakan "menghasut kebencian bukanlah bentuk seni."

“Menargetkan segmen masyarakat dengan tuduhan “penyimpangan” dan mencoba mempolarisasi Turki adalah kejahatan rasial dan aib bagi kemanusiaan,” cuit juru bicara AKP, Omer Celik.

Erdogan dan banyak anggota partainya yang berbasis Islam adalah lulusan sekolah agama, yang awalnya didirikan untuk melatih para calon imam. Jumlah sekolah agama di Turki telah meningkat di bawah Erdogan, yang telah berjanji untuk meningkatkan “generasi yang saleh.”

Di antara mereka yang menyerukan pembebasan Gulsen adalah bintang pop Turki, Tarkan, yang terkenal secara internasional atas lagu "Kiss Kiss."

“Sistem hukum kita, yang menutup mata terhadap korupsi, pencuri, mereka yang melanggar hukum dan pembantaian alam, mereka yang membunuh hewan dan mereka yang menggunakan agama untuk mempolarisasi masyarakat melalui ide-ide fanatik mereka, telah menangkap Gulsen dalam satu pukulan,” kata Tarkan dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home