Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 20:00 WIB | Minggu, 23 Oktober 2016

BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Hujan Lebat

Warga membersihkan pekarangan dari puing-puing bangunan dan atap rumah warga yang rusak akibat terpaan angin kencang di Desa Baru, Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (19/10). Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi dikawasan tersebut mengakibatkan sedikitnya 40 bangunan rumah warga rusak parah. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di sejumlah daerah di Tanah Air mewaspadai hujan lebat dan dampak yang ditimbulkannya.

"Dalam beberapa hari ke depan ada indikasi munculnya hujan lebat dan angin di beberapa daerah," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Dr Yunus S Swarinoto, di Jakarta, hari Minggu (23/10).

Beberapa daerah yang memiliki potensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang yakni Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin.

"Selain itu bagi pengguna maupun penyedia jasa transportasi laut, nelayan, juga diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,5 hingga empat meter. Begitu juga bagi masyarakat yang ingin berlibur ke wilayah pesisir, harus lebih waspada," kata dia memperingatkan.

Beberapa perairan yang perlu diwaspadai yakni perairan utara Aceh, Laut Andaman, Perairan Barat Bengkulu, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba, perairan selatan Kepulauan Tanimbar, dan Laut Arafuru. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home