Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 08:03 WIB | Senin, 25 Agustus 2014

Boko Haram Dirikan Kekhalifahan di Sebuah Kota Nigeria

Sebuah rekaman video Boko Haram yang diperoleh AFP pada 24 Agustus 2014, menunjukkan pemimpin kelompok itu, Abubakar Shekau, menyampaikan pidato di sebuah tempat yang dirahasiakan. (Foto: alarabiya.net/AFP)
KANO, NIGERIA, SATUHARAPAN.COM - Seorang pimpinan kelompok Boko Haram mengatakan telah mendirikan sebuah kekhalifahan Islam di sebuah kota di Nigeria yang sebelumnya di awal bulan ini kota itu mereka kuasai. Dia mengumumkan kepemimpinannya dalam sebuah video yang diperoleh kantor berita AFP, Minggu (24/8). 
 
"Syukur kepada Allah yang memberi kemenangan kepada saudara-saudara kita di (kota) Gwoza dan menjadikannya bagian dari kekhalifahan Islam," kata Abubakar Shekau dalam video berdurasi 52 menit. 
 
Dia menyatakan bahwa Gwoza, di negara bagian Borno, sekarang "tidak ada hubungannya lagi dengan Nigeria". 
 
"Dengan rahmat Allah kita tidak akan meninggalkan kota. Kami telah datang untuk tinggal, "kata Shekau, yang sudah ditetapkan sebagai teroris global oleh Amerika Serikat dan disetujui oleh Dewan Keamanan PBB. 
 
Kantor kemanusiaan PBB (OCHA) awal bulan ini mengkonfirmasi laporan bahwa kota Gwoza berada di bawah kendali pemberontak. 
 
Boko Haram juga diyakini mengendalikan wilayah lainnya di dekat Gwoza di Borno selatan, juga sebagian besar wilayah di Borno utara dan juga menguasai paling tidak sebuah kota di negara bagian Yobe. 
 
Pemetaan daerah mana saja yang telah jatuh ke tangan militan Islam itu hampir mustahil. 
 
Para ahli menggambarkan kondisi menguntungkan Boko Haram dalam beberapa pekan terakhir, mengatakan kelompok itu semakin dekat dalam mencapai tujuannya untuk mendirikan sebuah negara Islam di Nigeria bagian utara. 
 
Namun banyak analis percaya militer akan membalikkan keadaan. 
 
Tentara pekan ini menolak menuju ke Gwoza tanpa membawa persenjataan yang lebih baik. (alarabiya.net)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home