Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 07:13 WIB | Minggu, 22 Juni 2014

Bosnia Gugur Setelah Kalah 1-0 dari Nigeria

Bosnia Gugur Setelah Kalah 1-0 dari Nigeria
Gawang Bosnia berhasil dibobol Peter Odemwingie di menit 29. (Foto-foto: fifa.com)
Bosnia Gugur Setelah Kalah 1-0 dari Nigeria
Meski memiliki sejumlah peluang, Edin Dzeko belum mencetak gol sama sekali bagi Bosnia di Piala Dunia 2014.

CUIABA, SATUHARAPAN.COM – Salah satu kontestan dari benua Eropa, Bosnia Herzegovina, dipastikan gugur dari pentas Piala Dunia 2014, usai menelan kekalahan 1-0 dari Nigeria. Pada pertandingan yang berlangsung Stadion Arena Pantanal, Minggu (22/6) pagi WIB, Edin Dzeko cs gagal mencetak satu buah gol pun, meski menguasai 60 persen jalannya pertandingan.

Nigeria hampir mencetak gol, saat mendapatkan tendangan bebas, pada menit ketujuh. Namun, sepakan Odemwingie masih melebar ke sisi kanan gawang Bosnia yang dikawal Begovic.

Menit ke 20, Bosnia mampu menciptakan gol lewat penyerang Manchester City, Dzeko. Umpan terobosan Medunjanin berhasil ia teruskan untuk melesakkan bola ke sisi kanan gawang. Sayang, gol pemain yang memiliki tinggi 193 cm itu dianulir oleh wasit. Dzeko dianggap berada dalam posisi off-side.

Empat menit kemudian, Dzeko berhasil melepaskan diri dari perangkap off-side lini belakang Nigeria. Namun tendangan keras dari luar kota penaltinya, masih mampu diantisipasi Enyeama dengan baik.

Gol bagi Nigeria akhirnya datang di menit 29. Odemwingie yang berdiri bebas di area penalti Bosnia, berhasil menyelesaikan operan Emenike dari sisi kiri pertahanan tim besutan Safet Susic. Nigeria unggul 1-0.

Gol ini sempat mendapat protes dari pemain cadangan Bosnia, mereka menganggap Emenike melakukan pelanggaran sebelum melepas umpan ke Odemwingie. Namun wasit dan asistennya tidak bergeming, mereka tetap mengesahkan gol tersebut.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Gagal Balas Gol

Memasuki babak kedua, permainan impresif Bosnia seperti di babak pertama hilang, pertahanan mereka justru lebih banyak tertekan. Bahkan, Begovic berkali-kali harus berjuang “jatuh bangun” demi mempertahankan gawangnya, dari tembakan-tembakan pemain super eagles seperti Babatunde dan Emineke.

Masih tertinggal 1-0 hingga menit 57, pelatih Susic pun melakukan perubaan formasi. Dalam kurun waktu enam menit, aristek Bosnia itu langsung menghabiskan jatah pergantian pemainnya. Ia memasukan Ibisevic menggantikan Hajrovic (menit 57), Salihovic mengisi posisi Lulic (menit 58), dan Tino Susic subtitusi Medunjanin (menit 63).

Menjelang akhir pertandingan, Bosnia mendapat dua peluang emas untuk menyamakan kedudukan.

Pertama di menit 91, sundulan Dzeko menyambut umpan Ibisevic dari kiri pertahanan Nigeria. Peluang ini gagal karena tepat jatuh dipelukan Enyeama. Selanjutnya, dua menit berselang, kali ini kesempatan itu kembali gagal, sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti masih membentur tiang gawang Nigeria.

Alhasil, Bosnia harus mengakui keunggulan Nigeria 1-0 di penghujung laga. Langkah mereka untuk melaju ke babak 16 Besar Piala Dunia 2014 pun tertutup.

Pada pertandingan selanjutnya, Rabu (25/6), Nigeria akan berhadapan dengan Argentina, sedangkan Bosnia akan menjalani pertandingan terakhir di Piala Dunia 2014 berhadapan dengan Iran.

Susunan Pemain (Nigeria vs Bosnia Herzegovina)

Nigeria (4-4-1-1): Enyeama (penjaga gawang), Yobo, Ambrose, Omeruo, Oshaniwa, Obi Mikel, Onazi, Babatunde (’75 Uzoenyi), Odemwingie, Emenike, Musa (’64 Shola Ameobi)

Cadangan: Agbim (penjaga gawang), Ejide (penjaga gawang), Gabriel, Egwuekwe, Moses, Kunle, Oboabona, Azeez, Nwofor, Uchebo

Pelatih: Stephen Okechukwu Keshi (Nigeria)

Bosnia Herzegovina (4-3-3): Begovic (penjaga gawang), Spahic, Mujdza, Sunjic, Besic, Misimovic, Medunjanin (’63 Tino Susic), Pjanic, Lulic (’58 Salihovic), Hajrovic (’57 Ibisevic), Dzeko

Cadangan:  Avdukic (penjaga gawang), Fejzic (penjaga gawang), Vrsajevic, Bicakcic, Kolasinac, Vranjes, Ibricic, Visca, Hadzic

Pelatih: Safet Susic (Bosnia Herzegovina)

Wasit: Peter O'Leary (Selandia Baru)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home