Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 08:22 WIB | Jumat, 30 Oktober 2015

BPK PENABUR Jakarta Persembahkan Jembatan Air Susukan Tengah

Penyerahan prasasti kepada Kepala Desa. (Foto: Humas BPK PENABUR Jakarta)

BOGOR - Desa Kopo, Cisarua mulai Kamis, 22 Oktober 2015 dapat menikmati air karena jembatan air Susukan Tengah telah sempurna dibuat dan diserahkan kepada penduduk desa. Acara serah terima jembatan air tersebut dilakukan oleh Ketua BPK PENABUR Jakarta, Adri Lazuardi, dan dihadiri Camat Cisarua, Wakapolsek, Bareskrim, Koramil, kepada Kepala Desa, Agus Sahrudin bersama aparat desa hadir juga saat itu

Pembangunan jembatan air diawali saat jenjang SMPK PENABUR Jakarta melakukan kegiatan sosial "Leadership Camp OSIS". Pada kegiatan tersebut siswa siswi melihat jembatan air yang menghubungkan dua desa  mengalami kerusakan akibat longsor, sehingga kebutuhan utama akan air di desa yang berpenduduk sekitar 4.000 orang itu tidak terpenuhi.

Tahap pertama pembangunan jembatan ini berlangsung Desember sampai Maret 2015. Pada prosesnya, pembangunan sempat mengalami kegagalan, struktur jembatan roboh dan harus dibangun kembali dari awal.  Namun dengan kesabaran, semua yang terlibat tetap semangat untuk mewujudkan jembatan air yang membawa manfaat bagi penduduk desa.

Jembatan air berbahan baja seberat 10 ton yang berkonstruksi jembatan gantung ini, memiliki panjang 55 meter, lebar 1meter , dan  diameter pipa  2 x 12 Inchi dan dapat  mengalirkan air seberat 7 ton. Dengan demikian membutuhkan dana yang tidak sedikit, dan berkat kesehatian siswa-siswi dan karyawan BPK PENABUR Jakarta biaya tersebut dapat diperoleh melalui pengumpulan koin-koin. Prosesnya yang dilakukan siswa-siswi bekerjasama dengan penduduk setempat menyelesaikan proyek ini, mengangkat batu secara bergotong royong dari sungai, mengecor, sampai penyempurnaannya semua dilakukan secara mandiri.

“Kepedulian siswa-siswi dan guru BPK PENABUR Jakarta diwujudkan melalui jembatan air”, ungkap Adri Lazuardi. Beliau juga berpesan kepada penduduk desa untuk merawatnya, karena air adalah kebutuhan yang dapat memberikan kehidupan. (Adv/Humas BPK PENABUR Jakarta)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home