Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 14:04 WIB | Kamis, 15 Desember 2016

Bulog Siap Beli Bawang Merah Jika Harga Turun Drastis

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (kemeja putih) saat meninjau harga sejumlah bahan pangan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, hari Kamis (15/12). (Foto: Melki Pangaribuan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) siap membeli bawang merah dari petani apabila terjadi penurunan harga sangat drastis di pasaran.

“Akan dilihat, begitu turun, kalau turunnya terlalu jauh maka Bulog akan menjadi standby buyer (pembeli siaga). Jadi pada saat terjadi penurunan sangat tajam kita akan ambil,” kata Enggar saat meninjau perkembangan harga sejumlah bahan pangan menjelang Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, hari Kamis (15/12).

Mendag mengatakan, perkembangan harga beberapa komoditas pangan saat ini masih cenderung stabil, seperti bawang merah meskipun harga cabai cenderung masih tinggi.

“Pagi ini kita lihat perkembangan harga sayur, harga bawang (merah), harga cabai. Dan harga harga bawang ada kecenderung stabil dan turun bahkan,” kata dia.

“Dan justru sekarang harus kita tahan adalah jangan sampai terlalu turun yang merugikan petani. Jadi memang selalu kita cari keseimbangan antara harga perolehan dari petani dan juga harga jual,” dia menambahkan.

Menurut Enggar, harga bawang merah berpontensi akan mengalami kecenderungan naik sedikit. “Nah ini yang kita harus jaga supaya tidak ada kenaikan terlalu jauh. Nah sekarang dengan harga yang produksi yang berlimpah dari sananya, pengiriman dari Brebes tadi pagi dalam jumlah cukup banyak,” katanya.

Mendag mengaku, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan para petani yang berada di Brebes untuk mengetahui hasil panen bawang merah. “Di sini juga ada Bulog, nanti akan koordinasi di sana bagaimana kondisi hasil panen yang ada di Brebes,” katanya.

Mendag juga mengatakan, Bulog juga siap, manakala terjadi spekulasi harga dan spekulasi persediaan. “Bulog akan menggelontorkan untuk intervensi pasar,” katanya.

Sementara itu Direktur Utama Bulog, Djarot Kusumayakti, memastikan sejumlah stok komoditas pangan masih aman hingga Tahun Baru 2017. Sedangkan untuk beras tercukupi hingga Mei 2017.

“Insya Allah aman,” kata Djarot.

Harga bahan pangan di Pasar Induk Kramat Jati, hari Kamis (15/12).

Bawang merah Rp 16.000 per kilogram (kg)

Bawang merah Sedang Rp 18.000/kg

Bawang merah Super Rp 20.000/kg

Bawang berasal dari Brebes, Demak, Patrol (Indramayu)

Cabai rawit Rp 55.000/kg

Cabai merah Rp 35.000/kg

Cabai keriting Rp 40.000-43.000/kg

Cabai Cili Rp 30.000/kg

Cabai berasal dari Garut dan Tasikmalaya

Sedangkan Kentang dari Dieng Rp 10.000/kg.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home