Loading...
EKONOMI
Penulis: Bayu Probo 16:38 WIB | Selasa, 01 Oktober 2013

Daftar Berbagai Layanan Pemerintah Federal AS yang Tidak Beroperasi Akibat Kebuntuan RUU Anggaran

Gedung parlemen AS, Capitol, tidak beroperasi sejak hari ini. (Foto: washingtonpost.com)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Seperti pada zaman Presiden Clinton pada November  1995 dan Januari 1996, pemerintah Federal Amerika Serikat (AS) berhenti beroperasi akibat buntunya pembahasan anggaran.

Pada Senin (30/9) beberapa menit sebelum tengah malam waktu Washington (Selasa siang WIB), Senat Amerika Serikat menolak RUU Anggaran yang diajukan DPR. DPR dikuasai partai Republik. Anggota Senat mayoritas dari Partai Demokrat asal Presiden Obama. DPR memaksakan RUU tersebut karena menolak RUU yang diajukan Presiden berkait dengan program jaminan dan asuransi kesehatan.

Akibat, buntunya pembahasan anggaran, pemerintah federal AS kehabisan anggaran untuk menjalankan roda pemerintah. Juga, tidak ada dasar hukum untuk mengeluarkan anggaran tambahan. Sepuluh menit sebelum tengah malam, mengirim memo kepada seluruh jajarannya untuk menghentikan operasi. Akibatnya, 800.000 pegawai negeri sipil tidak bekerja.

Pada  14-19 November  1995 and 16 Desember 1995- 6 Januari 1996, total 28 hari. Pemerintah federal Amerika Serikat juga sempat menghentikan pelayanannya karena kasus yang mirip, buntunya pembahasan anggaran kesehatan. Presiden waktu itu adalah William Jeffrey Clinton dan DPR juga dikuasai Partai Republik.

Sejauh ini berbagai kedutaan besar AS di berbagai negara, melaporkan tetap memberi pelayanan. Berikut beberapa layanan yang tutup dan buka.

Kantor Pos Nasional akan buka memberikan pelayanan. Sebab, kantor pos adalah institusi independen.

Taman Nasional akan tutup. Layanan Taman Nasional akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menutup dan mengamankan fasilitas dan lahan taman nasional.

Kantor Pengurusan Paspor mungkin buka. Operasi Konsuler dalam negeri dan luar negeri akan tetap 100% beroperasi asal ada biaya yang cukup untuk mendukung operasi. Namun, jika lembaga paspor yang terletak di gedung pemerintah perlu dana lebih, fasilitas itu mungkin tidak didukung.

Kebun Binatang tutup. Kebun Binatang Nasional Smithsonian tutup. Tidak ada pertunjukan live melalui kamera kehidupan binatang-binatang, termasuk acara populer memberi makan bayi panda.

Jaminan Sosial, Medicare dan Medcaid buka. Jaminan Sosial, Medicare, dan Medicaid, dan asuransi pengangguran—semua pengeluaran wajib—akan dibayar. Tapi, pendaftar baru mungkin tidak akan diproses sampai buka.

Washington Metropolitan Area Transit Authority tetap buka. Metro bukanlah entitas federal dan akan tetap terbuka selama setiap pemerintah shutdown.

Circulator tetap buka. Pejabat Departemen Perhubungan DC mengatakan bahwa layanan Circulator—bus  kota wilayah ibu kota—akan beroperasi normal.

Layanan Pengelolaan Sampah Ibukota, mungkin buka. Walikota Vincent C. Gray telah dibebaskan pemerintah distrik ibukota dari berhentinya pemerintahan. Ini berarti sampah akan dikumpulkan dan pelayanan pemerintah akan tetap terbuka. Pemerintah DC akan beroperasi normal selama setidaknya dua minggu.

Sekolah Negeri tetap buka. Walaupun sekolah umum akan tetap terbuka, Departemen Pendidikan AS akan menghentikan sebagian besar operasinya. Antara lain, pembayaran Pell Hibah dan Pinjaman Mahasiswa langsung ditunda.

Kontraktor pemerintah tidak diketahui. Mungkin terkena dampak jika mereka bekerja di gedung federal atau membutuhkan bantuan pekerja federal, atau jika mereka perlu dana tambahan untuk melanjutkan kegiatan.

US Capitol, tutup. Tur Publik Gedung Parlemen AS akan ditangguhkan dalam hal terjadi shutdown.

Pengadilan Federal buka. Menurut Hakim John D. Bates, direktur Kantor Administrasi Pengadilan AS, pengadilan federal bisa terus beroperasi selama kurang lebih dua minggu dengan dana cadangan.

Layanan Imigrasi kemungkinan buka. Departemen Keamanan Dalam Negeri akan tidak lagi mengoperasikan program E-Verify, berarti bahwa bisnis tidak akan dapat memeriksa status imigrasi hukum calon karyawan selama shutdown. Layanan imigrasi berbasis biaya lain harus berlanjut.

Program WIC tutup. Program WIC yang menyediakan makanan untuk 8,9 juta perempuan berpenghasilan rendah dan anak-anak, akan kekurangan anggaran.

Klaim cacat Veteran, mungkin tutup. Semua fasilitas medis Administrasi Veteran (VA) akan tetap terbuka untuk rawat inap dan rawat jalan, tetapi program manfaat yang diawasi VA mungkin akan terpengaruh berhentinya layanan pemerintah federal.

Penjara Federal tetap beroperasi. Penjara federal akan tetap dikelola.

Museum swasta tetap buka, seperti Newseum, Spy Museum dan Mount Vernon, akan tetap terbuka.

Museum gratis, tutup. The Smithsonian, National Zoo, dan Museum Holocaust semua akan ditutup.

Kennedy Center, buka. Walau pemerintahan berhenti, Kennedy Center akan melanjutkan fungsinya—disesuaikan dan menghormati semua kontrak, termasuk pertunjukan yang direncanakan, kegiatan pendidikan, fungsi kepercayaan publik (seperti Box Office Kennedy Center, operasi ritel dan parkir) dan kegiatan kerja bagi sekitar 1.150 karyawannya.

SNAP, Supplemental Nutrition Assistance Program, buka. USDA mengatakan dana tambahan untuk Program Bantuan Nutrisi—sebelumnya dikenal sebagai kupon makanan—akan terus diberikan selama Oktober di bawah kewenangan yang diberikan oleh undang-undang stimulus 2009

Bandara, buka. Pengendali lalu lintas udara dan pemeriksa bagasi dianggap penting, sehingga pesawat akan tetap terbang.

Internal Revenue Service (IRS), tutup.  Mereka yang melaporkan pajak hingga batas waktu 15 Oktober akan menemukan saluran telepon kantor pajak tidak dapat dihubungi.

Badan Pengawas Makanan, buka. Inspektur daging dan unggas akan terus bekerja.

Arsip Nasional, mungkin tutup. Semua operasi yang didanai oleh alokasi tahunan akan ditunda.

Layanan Paten dan Trademark, tetap buka. Departemen Perdagangan akan mempertahankan kantor paten dan pengolahan aplikasi merek dagang selama shutdown.

Amtrak, buka. Para pejabat Amtrak mengatakan kereta akan terus berjalan.

Pengadilan Tinggi Ibukota, mungkin buka. Mayoritas operasi pengadilan seperti sidang, dakwaan, dan mediasi akan terus berlanjut. Juri masih harus melaporkan, tapi perawatan anak tidak akan tersedia.

Website Federal, mungkin tutup. Banyak situs web pemerintah akan turun atau memiliki keterbatasan fungsi.

Militer tetap bertugas. Presiden Obama menandatangani RUU yang memastikan bahwa beberapa anggota militer AS dan US Coast Guard akan dibayar selama pemerintah berhenti. (washingtonpost.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home