Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:16 WIB | Senin, 20 Januari 2014

Dapil Banten III: Ipar SBY Bertarung dengan Artis

Peta wilayah dapil Banten III. (kpu.go.id)

BANTEN, SATUHARAPAN.COM – Daerah pemilihan Banten III yang meiliputi Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang ini akan menjadi panggung persaingan bagi anggota dewan yang telah menjadi wakil rakyat sejak 2009 (petahana) dan orang-orang ternama dengan berbagai latar belakang profesi untuk merebut suara masyarakat pada Pemilu 2014 ini. Ada nama Hartanto Edhie Wibowo, ipar presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), juga artis sinetron Irwansyah dan Tommy Kurniawan.

Dapil Banten III mencatatkan 4.254.600 orang dalam DPT yang ditetapkan pada 4 November lalu untuk daerah Pemilu 2014, dengan penyumbang partisipan terbesar berasal dari Kabupaten Tangerang, yakni 2.070.422 orang.

Sepuluh kursi akan diperebutkan di daerah pemilihan ini oleh 119 calon anggota legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI).  Artinya, mereka harus memperoleh kira-kira 425,460 suara yang nilai tepatnya ditetapkan setelah semua suara sah sudah diketahui untuk melangkah ke Senayan sebagai wakil rakyat Banten III.

Namun, mereka harus memastikan, partai tempat mereka bernaung harus lolos parliamentary threshold sebesar 3,5%. Jika tidak, suara mereka sia-sia

Politisi Ternama Mewarnai Dapil Banten III

Persaingan menjadi anggota legislatif di dapil Banten III ini diwarnai beberapa politisi yang namanya sudah sering terdengar di dunia perpolitikan Indonesia.

Dua politisi ternama demokrat menjadi Caleg dari dapil ini, mereka adalah Wahidin Halim dan Hartanto Edhie Wibowo. Wahidin Halim adalah mantan Wali Kota Tangerang periode 2003-2013. Nama selanjutnya adalah caleg petahana Partai Demokrat, Hartanto Edhie Wibowo, merupakan putra dari Sarwo Edhie Wibowo dan adik kandung dari Ani Yudhoyono.

Selain dua nama politisi diatas, ada empat nama politisi lagi yang sudah namanya sudah tidak asing karena pada Pemilu 2009 lalu telah menghiasi kertas pemungutan suara dapil banten III ini, yang artinya mereka adalah caleg petahana.

Pertama, Jazuli Juwaini, mencalonkan diri menjadi Bupati Tangerang pada 2008 dan Gubernur Banten pada 2011 Jazuli Juwaini yang kini merupakan anggota DPR RI komisi VIII Fraksi PKS ini kembali mencoba merebut simpati masyarakat untuk mengantarnya menjadi anggota DPR RI 2014-2019.

Nama kedua dan ketiga adalah anggota legislatif yang menggantikan anggota legislatif sebelumnya mereka adalah Irvansyah (PDIP) dan Indra (PKS). Irvansyah mengantikan Sutradara Gintings (Alm.) yang meninggal dunia sebelum penetapan anggota terpilih oleh KPU, sedangkan Indra menggantikan Yoyoh Yusroh (Alm.) yang meninggal dunia pada 2011 akibat kecelakaan.

Keempat, Irgan Chairul Mahfiz, caleg petahana PPP yang saat ini berjabatan sebagai Wakil Ketua Komis IX.Sedangkan nama kelima dan keenam adalah caleg petahana Partai Demokrat, mereka adalah Himmatul Layah Setiawaty dan Ferrari Romawi.

Dari sepuluh nama anggota legislatif yang terpilih mewakili dapil Banten III pada Pemilu 2009 ini hanya tujuh nama yang kembali turun pada pemilu 2014 ini. Tiga nama anggota legislatif yang tidak terlihat lagi namanya mengisi Daftar Calon Tetap (DCT) KPU.

Menurut hasil penelusuran satuharapan.com pengganti Ahmed Zaki Iskandar Zulkarnain pada 2011 karena mengundurkan diri telah menjadi Bupati Kabupaten Tangerang Periode 2011-2016. Penggantinya, Ebrown Lubuk, juga tidak mencalonkan menjadi caleg Dlagi. Ia merasa sudah cukup, karena ia sudah berkiprah di DPRd Kota Tangerang sejak 1997.

Sedangkan dua nama lagi yang tidak mencalonkan diri pada Pemilu 2014 memilih untuk membantu pencalonan anak dan istri mereka. Budi Heryadi (Gerindra) membantu pencalonan anaknya Budi Somantri melalui Gerindra di dapil Banten III, sedangkan Iqbal Alan Abdullah (Hanura) memilih membantu pencalonan diri istrinya melalui PDIP di dapil Jawa Tengah III.

Artis dan Atlet Meramaikan Dapil Banten III

Daerah pemilihan ini juga diikuti oleh beberapa artis, menurut penelusuran satuharapan.com (18/1) ada dua artis yang mencalonkan diri menjadi caleg pada Pemilu kali ini, yakni Tommy Kurniawan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Irwansyah dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Selain itu terdapat tiga nama yang tidak terlalu asing di telinga masyarakat Indonesia, nama mereka pernah terkenal di Indonesia dengan mengisi berita di radio atau menghiasi layar kaca telivisi kita pada eranya masing-masing.

Yang pertama, Purnomo, Caleg Partai Gerindra ini dulunya adalah seorang atlet lari Indonesia. Pernah mencatatkan rekor sebagai pelari tercepat di Asia pada era 80-an.

Selanjutnya adalah Nourma Yunita pada era 70-an dirinya berprofesi sebagai artis cilik, kini ia menjadi caleg dari partai pimpinan mantan Gubernur DKI, Sutiyoso, PKP.

Sedangkan nama yang terakhir ini bukan terkenal karena profesinya sebagai atlit ataupun artis tapi ia terkenal karena namanya sering diangkat oleh media seiring kasusnya bersama RS Omni Alam Sutera mengenai pencemaran nama baik pada 2009. Dia adalah Prita Mulyasari, Caleg PDIP.

Daftar Lengkap Caleg DPR Dari Dapil Banten III

Partai Nasional Demokrat: Wawan Iriawan, Diana Ria Winanti Napitupulu, Arsyad, Hermawi F. Taslim, Abdul Malik, Leni Indrawati, Eddy Mursalim, Yunita Sulfina Dewi, Erman Anom, Yudi Frianto.

Partai Kebangkitan Bangsa: Siti Haniatunnisa, Siti Masrifah, Tommy Kurniawan, Faisal, Rahman Sabon Nama, Ardy Susanto, Ria Komariah, Hardi Fardiansyah, Harmon, Agus Eko Cahyono.

Partai Keadilan Sejahtera: Jazuli Juwaini, Aan Rohanah, Budi Dharmawan, Indra, Munasri Hadini, Arif Wahyudi, Nirwan Nazzarudi, Ambar Wulansari, Agus Puji Raharjo,

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan: Herdian Koosnadi, Irwansyah, Prita Mulyasari, Eddy Kusuma Wijaya, Gussuyadi, Rivira Yuana, Aris Budianto Sugiono, Wahyu M.A. Sitompul, Marinus Gea, Wanto Sugito.

Partai Golongan Karya: Andi Achmad Dara, Ratu Dian Hatifah, Mushifin Dahlan, Eva Maria Howan Tarigan, Endang W. Rama Boedi, Muhamad Taufik, Taty Ichsani, Ismail Pontoh, A. Bueti Nasir, Gusti Bagia Mulyadi.

Partai Gerakan Indonesia Raya: Sufmi Dasco Ahmad, Purnomo, Nurcahaya Tandang, Juhri Ya’qub, Arta Simamora, Herri Somantri, Posma Sabam Manahan, Irwansyah, Li Claudia Chandra, Ofinder Siahaan.

Partai Demokrat: Hartanto Edhie Wibowo, Wahidin Halim, Himmatul Alyah Setiawaty, Ferrari Roemawi, Harliati Asterlin Estiningsih, Sardjana, Tatyana S. Sutara, Haryono Edi Hermawan, Trisno Santoso, & Boyke Novrizon.

Partai Amanat Nasional: Ali Taher, Asep Supriyatna, Rina Rusli, Abbas Syafei, Ruslan Effendy, Perlida Iryani, Marlan Akip, Benold Chaniago, Erni Rahayu, & Ahmad Himawan.

Partai Persatuan Pembangunan: Irgan Chairul Mahfiz, Bambang Wahyu Ganindra, Yetty Diah Permata, Moesjid Qorie Indra, Hendy Herijanto, Nucky Hendaryanti, Masdulhak Lubis, Nur Selvyana Sungkar, Mulyadi, Iedil Suryadi.

Partai Hati Nurani Rakyat: Hary Ashar, Inas Nasrullah Zubir, Etty Robiah Afdhal, Ati Marwati, Dini Savitri, Yandradoni, Probo Yuniar Wahyudianto, Karjan, Elvier Ariadiannie Soedarto Poetri Mars, Abd. Rohim Ghazali.

Partai Bulan Bintang: Yanuar Amnur, Ahmad Sukatmajaya, Qurrotul Ain, Sanusi Kaplale, Sulistiyono, Arini Syarafina, Suryanto Kurniawan, Nur Azizah Djoko Heriyono, Memed.

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia: Nourma Yunita, Mustafa Kamal, Nawawi Salman, Muhammad Ilham Pasha, Jullya Veronika, Parasian Simbolon, Achmad Arsyad Baranoeri, Alendra Ardivari, Yulianti Wahid, Enjang Suharsa. (kpu.go.id/berbagai sumber)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home