Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:03 WIB | Jumat, 29 Desember 2023

Delapan Jurusan Kuliah Bisnis Versi UK Maranatha

HO

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Kuliah bisnis menjadi salah satu yang difavoritkan para lulusan sekolah menengah atas.

Jurusan ini memiliki prospek yang masih terbuka lebar, karena bidang ekonomi serta bisnis merupakan bidang vital dalam suatu negara.

Ada banyak lapangan pekerjaan terbuka bagi yang ingin bekerja di perusahaan. Selain itu, lulusan bidang bisnis bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri dan mempekerjakan orang lain.

Lalu, jurusan apa saja yang bagus saat ini?

Menempuh kuliah bidang bisnis tidak hanya bisa dilakukan di perguruan tinggi negeri. Perguruan tinggi swasta juga membuka beragam bidang keilmuan serupa.

Berikut ini delapan jurusan yang bisa dipilih Anda versi Universitas Kristen (UK) Maranatha, dikutip hari Jumat (29/12).

1. Kewirausahaan

Kuliah program studi bisnis satu ini cukup populer dan banyak peminatnya. Iklim perekonomian Indonesia saat ini mulai didominasi oleh para pengusaha muda yang bergerak di berbagai bidang.

Mahasiswa program studi ini belajar mengenai pengembangan gagasan dan peluang bisnis, pelaksanaan gagasan, entrepreneurship, merintis serta mengelola usaha serta risikonya.

Kuliah bisnis juga mempelajari bagaimana caranya menggunakan sumber daya serta data sebagai dasar penentuan suatu keputusan. Mendorong penggunaan inovasi, mengembangkan produk, usaha berkelanjutan sampai strategi leadership.

Selama masa perkuliahan, mahasiswa juga didorong untuk bisa berkolaborasi lintas jurusan, sehingga kompetensi serta pengetahuan yang dimiliki dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang.

Prospek kerjanya sangat menjanjikan. Selain menjadi pengusaha pemula, Anda bisa juga terjun sebagai perancang bisnis, konsultan, pelaku usaha waralaba (franchise), investor, wirausahawan sosial, pengembang dan pendamping usaha, bahkan sebagai pembuat kebijakan perusahaan.

Bidang ini juga berkompeten untuk mengisi jabatan sebagai konsultan human resource, keuangan, auditor publik, konsultan, analis kredit, analis marketing, riset pasar, dan spesialis pemasaran.

2. Akuntansi

Kuliah bisnis jurusan akuntansi juga tidak kalah diminati. Bahkan sekolah kejuruan sudah membuka bidang ini bagi siswa. Hal ini menunjukkan bahwa akuntansi merupakan ilmu yang banyak dibutuhkan dunia kerja.

Bagi Anda yang ingin masuk program studi ini, nantinya akan mendapatkan mata kuliah tentang tata cara membuat laporan keuangan. Lebih lanjut lagi Anda juga akan mempelajari cash flow atau alur kas, hingga informasi keuangan perusahaan.

Kemudian, juga mempelajari audit keuangan, penyusunan rencana anggaran, perpajakan, dan segala hal berkaitan dengan pembuatan keputusan usaha. 

Peluang kariernya juga sangat terbuka lebar. Bahkan, permintaan tenaga profesional bidang akuntansi tiap tahun cenderung mengalami peningkatan. Anda bisa berkarier sebagai staf profesional akuntansi, staf perbankan, akuntan publik, akuntansi forensic.

Lulusan kuliah bisnis juga berpeluang menempati posisi sebagai auditor internal maupun eksternal, akuntan manajemen, dan analis sekuritas. Bahkan Anda yang memiliki passion mengajar bisa melamar jadi guru di sekolah kejuruan atau menjadi dosen.

3. Bisnis Berkelanjutan

Jurusan satu ini terbilang baru dan merupakan sebuah inovasi yang mengedepankan sustainable business atau bisnis berkelanjutan. Lebih banyak jenjang sarjana untuk program studi satu ini dengan fokus ilmu mempelajari praktik-praktik berkelanjutan.

Bidang ini merespons Sustainable Development Goals (SDGs) serta isu-isu terbaru dampak perubahan iklim global. Kemudian, juga studi tentang berkurangnya sumber daya alam serta jumlah populasi manusia.

Kuliah bisnis program berkelanjutan ini akan mempelajari manajemen risiko, sosial, lingkungan, peluang dan kewajiban sebuah usaha dalam jangka panjang. Fokusnya adalah supaya setiap usaha memberikan keuntungan secara global. Dampak baik dari sustainable business ini harus positif untuk masa depan dunia. Sudah banyak juga perguruan tinggi dalam negeri membuka program studi serupa.

Lulusan kuliah bisnis jenjang S-1 jurusan ini memiliki kesempatan lebar untuk berkarier sebagai analis environmental. Kemudian juga bisa terjun dalam bidang sosial, bekerja di bawah perusahaan pemerintah, staf corporate social responsibility (CSR).

Jurusan ini juga bergengsi dan banyak diincar lulusan sekolah menengah atas, sebab bisa berkarier di perusahaan yang bergerak dalam bidang energi terbarukan. Selain penghasilannya tinggi, juga ikut dalam menjaga kelestarian alam.

4. Administrasi Bisnis

Administrasi merupakan cabang ilmu yang selalu dibutuhkan setiap perusahaan. Bukan hanya perusahaan profit, bahkan instansi nonprofit juga selalu memiliki bagian administrasi secara khusus.

Mahasiswa administrasi bisnis akan dibekali dengan pengetahuan serta wawasan untuk mengembangkan ide kreatif inovatif. Bukan hanya mengikuti cara-cara konvensional dalam mengelola file, data, dan sebagainya, tetapi memanfaatkan teknologi.

Hasilnya berupa solusi yang dapat diterapkan dalam pekerjaan administratif. Mahasiswa akan diajarkan untuk menerapkan ilmu, teknologi, serta seni yang memiliki daya guna serta hasil guna.

Mahasiswa kuliah bisnis juga belajar good governance atau tata kelola, perencanaan serta rekayasa good governance. Setelah lulus, ada banyak instansi yang mencari para profesional bidang administrasi ini.

Anda bisa bekerja sebagai staf administrasi hampir di semua perusahaan. Kemudian terbuka juga posisi sebagai administrator bisnis keuangan, analis operasi, staf perencanaan, analis bisnis, serta staf penjualan.

5. Manajemen Bisnis

Ketika ditanya apa itu kuliah bisnis? Tidak akan jauh-jauh jawabannya dari yang namanya manajemen. Lulusan manajemen dibutuhkan hampir di semua bidang usaha.

Selama menempuh pendidikan di bidang ini, Anda akan diberikan materi ilmu ekonomi mikro dan makro. kemudian juga dasar-dasar akuntansi, design thinking, penciptaan bisnis baru, ilmu manajemen, technopreneurship serta sociopreneurship.

Ilmu manajemen mencakup banyak cabang keilmuan. Di antaranya manajemen keuangan, administrasi, operasional, sumber daya manusia, dan pemasaran. Semuanya akan diberikan secara spesifik kepada mahasiswa.

Hampir semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta membuka jurusan kuliah bisnis bidang manajemen karena kebutuhan dunia kerja masih sangat tinggi. Setelah lulus Anda bisa berkarier di posisi sebagai tenaga pemasaran profesional. Selain itu berpeluang juga mengembangkan diri bersama perusahaan di bidang analis, manajemen, pengembangan organisasi nirlaba, analis investasi sosial, usaha sektor sosial, dan banyak lagi.

Pengetahuan serta wawasan selama kuliah bisnis juga bermanfaat dalam menunjang karier di bidang konsultasi. Anda bisa menawarkan jasa konsultasi manajemen perusahaan yang efektif untuk kemajuan di masa depan.

6. Bisnis Digital

Kuliah bisnis satu ini sangat bergengsi dan sesuai dengan tren teknologi saat ini. Siapa yang tidak tertarik dengan dunia digital? Setiap bidang kehidupan saat ini sudah menggunakan teknologi tersebut guna menunjang pengalaman masyarakat.

Salah satu yang menjadi daya tarik jurusan ini karena pemanfaatan perangkat komputer dan internet. Semua jadi lebih praktis saat terjun di dunia usaha yang sebenarnya, karena bisa dikendalikan dengan lebih mudah.

Anda yang mengambil kuliah jurusan bisnis digital akan mendapatkan pembekalan mengenai era digital dan usaha relevan. Mata kuliah yang diberikan antara lain adalah manajemen bisnis organisasi digital, analis statistik, dan digital marketing.

Anda juga akan bersentuhan dengan ilmu-ilmu digital lainnya seperti social media, Internet of Things (IoT), fintech, serta machine learning.

Bukan hanya perkuliahannya yang bergengsi, prospek karier para lulusan tidak kalah menggiurkan. Anda juga berkesempatan meniti karier sebagai analis pemasaran, analis keuangan, analis data, pengembangan startup serta staf business intelligence. Menariknya lagi, untuk beberapa kategori pekerjaan bisa dilakukan remote, tanpa ngantor tiap hari.

7. Manajemen Pemasaran

Jurusan ini sebetulnya merupakan cabang dari ilmu manajemen. Khususnya mempelajari tentang pemasaran dan promosi, yang merupakan ujung tombak dari sebuah usaha.

Para lulusan nantinya akan memiliki kompetensi bidang pemasaran, menangani permintaan, membangun loyalitas pelanggan, membantu perusahaan menentukan arah usahanya, akuntabilitas keuangan serta membangun hubungan antara konsumen dengan perusahaan.

Untuk menunjang kompetensi bidang pemasaran, mahasiswa kuliah bisnis juga dibekali ilmu komunikasi, riset, serta sistem informasi manajemen. Arah dari bidang ini adalah pemasaran memanfaatkan teknologi modern.

Peluang kariernya sangat luas, karena tenaga pemasar pada dasarnya akan selalu dibutuhkan dalam bidang apa pun. Selain menjadi staf pemasaran, Anda bisa menekuni karier sebagai konsultan, membagikan ilmu untuk pemasaran strategis yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Bisa dikatakan kesuksesan suatu usaha akan jadi tanggung jawab Anda. Produk yang dihasilkan perusahaan bisa diterima khalayak umum karena pekerjaan seorang manajer pemasaran.

Anda bisa juga berkarier sebagai tenaga pengajar jika memiliki passion di bidang ini. Pastinya akan banyak dibutuhkan guru maupun dosen yang berkompeten di bidang manajemen sekaligus pemasaran.

8. Agribisnis

Jurusan kuliah agribisnis tidak kalah bergengsi. Beberapa perguruan tinggi negeri yang membuka program studi ini adalah IPB, UGM, UNS. Usaha bidang pertanian tidak kalah menjanjikan dan memiliki masa depan cerah.

Dasar ilmu yang diberikan berkaitan dengan dunia pertanian sebagai salah satu bidang vital kehidupan masyarakat. Anda akan mendapat pengetahuan bagaimana produk pertanian mampu menyokong kehidupan masyarakat luas baik di dalam maupun luar negeri.

Kemudian, belajar mengenai teori ekonomi baik mikro maupun makro, manajemen sampai pemasaran. Jadi jurusan ini merupakan kombinasi antara pertanian dengan dunia usaha secara luas, dan merupakan cabang keilmuan khusus yang bisa dikategorikan berkelanjutan.

Lulusan agribisnis bisa berkarier di sektor pertanian maupun ekonomi. Anda bisa bekerja di lembaga penelitian pertanian, pemasar produk pertanian, konsultan, pioneer LSM, bekerja di perusahaan swasta maupun negeri.

Jurusan ini juga memberikan bekal kepada mahasiswa untuk bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri. Misalnya sebagai pedagang komoditi baru dengan fokus ekspor. Pengetahuan di bidang pertanian akan menunjang sektor produksi. Anda bisa menciptakan produk komoditi yang lebih unggul berkualitas. Contohnya membudidayakan melon varietas baru dengan ukuran lebih besar, rasa lebih manis, lebih bernutrisi, dan berumur pendek.

Selanjutnya, dengan ilmu manajemen dan ekonomi Anda bisa membuka jalan sendiri untuk memasarkan ke skala internasional atau ekspor. Dalam hal ini selain sebagai pembudidaya, Anda juga sebagai pebisnis produk pertanian.

Hampir semua bidang kehidupan pada dasarnya memerlukan orang-orang berkompeten di bidang usaha serta manajemen. Jadi bagi Anda yang masih bingung mencari jurusan, masukkan kuliah bisnis sebagai pertimbangan karena prospek kariernya menjanjikan.

Salah satu pilihan untuk anda yang hendak kuliah adalah Fakultas Bisnis yang didirikan pada tahun 1985 (sebelumnya Fakultas Ekonomi) di UK Maranatha. Lulusan Fakultas Bisnis UK Maranatha hingga saat ini telah mencapai lebih dari sembilan ribu alumni, yang bekiprah dalam berbagai sektor.

Fakultas Bisnis UK Maranatha menaungi lima program studi dengan jenjang sarjana (S-1), magister (S-2), dan doktoral (S-3). Fasilitas pembelajaran di Fakultas Bisnis UK Maranatha tidak hanya berupa sarana fisik yang lengkap dan modern, tetapi juga fasilitas pelatihan dan pengembangan diri bekerja sama dengan berbagai institusi ternama nasional dan internasional.

Beberapa fasilitas unggulan antara lain adalah Pojok Bursa Efek Indonesia (BEI), Program CFP (Certified Financial Planner), FLP (Finance Leadership Program), juga sistem informasi fintech (financial technology) Refinitiv.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home