Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:05 WIB | Rabu, 19 Agustus 2015

Diabetes Melonjak di Inggris dalam Satu Dekade

Diabetes UK meminta NHS untuk memperbaiki perawatan pasien seperti tes diabetes. (Foto: bbc.com)

INGGRIS, SATUHARAPAN.COM – “Jumlah orang yang menderita diabetes di Inggris, meningkat hampir 60 persen dalam sepuluh tahun terakhir,“ kata Badan Diabetes Inggris, seperti dilaporkan wartawan BBC James Gallagher.

Badan ini, menyatakan lebih 3,3 juta orang mengidap penyakit ini, yang berarti kenaikan sebesar 2,1 juta dari tahun 2005.

Selain itu temuan lain dari para peneliti Spanyol dan Swedia juga menyatakan hal yang sama, dan menunjukkan jumlah penderita di Inggris meningkat lebih cepat daripada di AS, di mana prevalensi penyakit ini menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

Pada periode enam tahun antara tahun 1997 dan 2003, jumlah kasus baru melonjak 74 persen, dan naik 63 persen di seluruh dekade.

Penelitian yang dipimpin oleh para ahli dari Spanyol dan Swedia, diterbitkan secara online dalam Journal of Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat.

Angka-angka didasarkan pada kasus baru dan yang sudah ada dari diabetes tipe 1 dan tipe 2, yang diambil dari informasi lebih dari 300 praktik dokter bedah.

Ketidakmampuan mengontrol tingkat gula darah ini, dapat menyebabkan kebutaan dan amputasi. Penyakit ini juga menyebabkan badan kesehatan Inggris (NHS) banyak mengeluarkan dana.

Badan Diabetes Inggris meminta NHS, untuk memperbaiki perawatan pasien dan lebih berusaha mencegah diabetes. Sekitar 90 persen kasus adalah diabetes tipe 2, yang sangat terkait dengan makanan dan obesitas.

Pasien tipe 1, pada umumnya mulai terkena pada masa anak-anak. Mereka tidak mampu menghasilkan hormon insulin untuk mengontrol tingkat gula darah.

Dr. Joan St John, dokter umum di Brent London, dimana tingkat diabetes menjadi salah satu penyakit yang tertinggi di Inggris, mengatakan keadaan ini telah menyebar.

"Sangat disadari bahwa hampir setiap minggu kami membuat diagnosa seseorang terkena diabetes, paling tidak satu atau kadang-kadang dua atau tiga; sebelumnya kemungkinan satu dalam sebulan," kata St John.

Douglas Smallwood, chief executive dari Badan Diabetes Inggris, mengatakan penelitian adalah "tuduhan yang menyedihkan" pada kondisi kesehatan di Inggris.

"Sangat penting bahwa kita meningkatkan kesadaran akan pentingnya makan sehat, diet seimbang dan melakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik sehari jika kita ingin membuat kemajuan apapun dalam menjinakkan bom waktu diabetes." (bbc.com/ news.sky.com)

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home