Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:14 WIB | Sabtu, 15 Agustus 2015

Kurangi Makanan Berlemak Turunkan Berat Badan

Para peneliti di AS mengatakan memangkas lemak lebih efektif untuk menurunkan berat badan. (Foto: bbc.com)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM- Para peneliti di AS mengatakan, memangkas lemak lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

“Mengurangi lemak lebih efektif untuk menurunkan berat badan, jika dibandingkan dengan memangkas asupan karbohidrat, “ kata para peneliti di Amerika Serikat.

Kesimpulan ini berbeda dengan kajian sebelumnya yang menyatakan, salah satu cara terbaik menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat.

Argumentasi yang diajukan adalah, dengan mengurangi karbohidrat maka tingkat insulin menjadi lebih rendah, yang pada gilirannya akan melepas lemak yang tersimpan di tubuh kita.

"Itu benar, tapi prosesnya akan lebih cepat jika kita mengurangi lemak dalam makanan kita," kata Dr Kevin Hall, salah satu peneliti yang melakukan kajian ini.

Hall dan timnya, mendasarkan kesimpulan ini setelah meneliti 19 orang yang mengalami kelebihan berat badan.

Mereka diberi 2.700 kalori per hari dan selama dua pekan asupan makanan mereka dikurangi sepertiga, baik dengan memangkas jumlah karbohidrat maupun lemak.

Setelah enam hari, terungkap  mereka yang mengurangi lemak bisa menghilangkan lemak di tubuh mereka sebanyak 463 gram, sementara yang mengurangi karbohidrat hanya bisa menghilangkan lemak sebanyak 245 gram.

Tapi dalam praktik sehari-hari, di mana kandungan makanan yang kita konsumsi lebih sulit untuk dikontrol, orang mungkin lebih mudah mengurangi berat badan dengan menurunkan asupan karbohidrat.

"Jika itu yang lebih mudah untuk dilakukan, ya mungkin cara itu lebih efektif untuk mengurangi berat badan," kata Dr Hall.

Memang benar , diet tinggi lemak dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Tapi itu butuh lebih dari sekedar makan makanan rendah lemak untuk menurunkan berat badan. Anda juga harus melihat berapa banyak kalori yang Anda makan.

Ingat, tubuh Anda menyimpan kalori ekstra sebagai lemak, bahkan jika mereka berasal dari makanan bebas lemak, trans bebas lemak, dan rendah lemak.

Jika Anda mengganti makanan tinggi lemak dengan makanan berkalori tinggi, seperti permen, Anda mungkin akan menambah berat badan.

Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membakar kalori lebih dari yang Anda makan. Anda dapat melakukannya dengan lebih banyak berolahraga dan dengan makan sedikit  kalori  dan lemak

Para ahli merekomendasikan, kebanyakan orang dewasa mendapatkan 20 persen  -35 persen lemak dari kalori harian. Itu sekitar 44-77 gram lemak per har, jika Anda makan 2.000 kalori sehari.

Untuk itu bacalah label nutrisi pada paket makanan. Label nutrisi menunjukkan jumlah gram lemak per porsi dan kalori per porsi.

Ketika Anda berbelanja, memilih daging tanpa lemak, ikan, dan unggas. Batasi ini untuk 5-7 ons per hari.

Baik sumber rendah lemak lainnya dari protein termasuk kacang kering dan kacang polong, tahu, yogurt rendah lemak, rendah lemak atau susu skim, keju rendah lemak, dan tuna dikemas dalam air.

Pilih makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, biji rami, dan kenari untuk kesehatan jantung.

The American Heart Association merekomendasikan makan ikan berlemak seperti salmon dua kali seminggu, untuk manfaat asam lemak omega-3.

Tips Memasak Rendah Lemak

-Potong semua lemak yang terlihat dan buanglah kulit dari unggas.

- Sup Dinginkan, gravies, dan minuman, dan menghapus lemak mengeras di atas sebelum makan.

-Panggang, daging panggang, atau grill pada rak yang memungkinkan lemak menetes dari daging. Jangan menggoreng makanan.

- Jus lemon taburi, herbal, dan masaklah sayur dengan rempah daripada dengan keju, mentega, atau saus berbasis krim.

-Mencoba yogurt rendah lemak dan daun bawang pada kentang panggang daripada krim asam.

-Kurangi krim asam masih memiliki lemak,. (bbc.com/ webmd.com)

 

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home