Loading...
SAINS
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:05 WIB | Minggu, 16 November 2014

Diskes Riau Canangkan Hari Anti Rokok

Dinas Kesehatan Provinsi Riau, akan mencanangkan hari anti rokok di wilayah itu, yang diselenggarakan pada tanggal 16 November esok, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50. (Foto: kuansingterkini.com)

PEKANBARU, SATUHARAPAN.COM – Dinas Kesehatan Provinsi Riau, akan mencanangkan hari anti rokok di wilayah itu, yang diselenggarakan pada tanggal 16 November esok, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50.

"Pencanangan komitmen Anti Merokok ini ditandai dengan membubuhkan gambar telapak tangan yang diwarnai di atas kanvas," kata Kadiskes Provinsi Riau, Zainal Arifin, di Pekanbaru, Riau, Sabtu (15/11).

Dia menjelaskan, pihaknya sudah menggelar berbagai kegiatan kesehatan dalam rangka peringatan HKN. Sebagai puncak acara akan di selenggarakan penggalangan pembubuhan stempel telapak tangan pada kanvas tanda anti merokok.

"Pencanangan ini untuk memecahkan rekor Muri dengan peserta sebanyak 5.000 orang," terang dia.

Menurutnya, peringatan HKN ke-50 ini sebagai momentum peringatan emas, sehingga pihaknya kembali memfokuskan pelaksanaan kesehatan sebagai upaya promotif dan preventif. Karena itu perlunya dilakukan pencegahan penyakit sedini mungkin, yakni dengan membuat komitmen bagi seluruh insan kesehatan dan masyarakat luas untuk tidak merokok.

"Setelah kita melakukan pengobatan. Perlu juga upaya pencegahan, maka mari bersama-sama melakukan komitmen untuk tidak merokok,"ajak dia.

Dia menjelaskan, selain menimbulkan penyakit, merokok juga memberikan dampak negatif lainnya bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Apalagi dengan merokok juga berdampak pada ekonomi, yang mubazir.

"Jadi yang biasanya uang dikeluarkan untuk rokok, alangkah lebih baik digunakan untuk upaya pemenuhan kebuhan gizi bagi keluarga," kata dia.

Dilanjutkan, dalam peringatan HKN tahun ini, pihaknya mengambil tema "Sehat Bangsaku, Sehat Negeriku" digelar serangkaian kegiatan di anta­ranya, senam sehat bugar, senam jantung, senam osteoporosis, kegiatan cuci tangan pakai sabun.

"Serta sebagai kegiatan utama yakni Komitmen Anti Rokok, lomba mewarnai untuk tingkat TK-SD dan sebagai kemeriahan akan dira­maikan dengan hiburan rakyat di antaranya, pacu goni, makan kerupuk, jingle HKN, Bakiak dan Flash Mob," kata dia.

Pada pelaksanaan hari puncak peringatan HKN nantinya dia berharap masyarakat bisa turut berpartisipasi dan meramaikan kegiatan tersebut. Karena kegiatan ter­sebut juga bertujuan sebagai wadah informasi bagi masyarakat yang disampaikan melalui hiburan. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home