Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 22:29 WIB | Selasa, 12 April 2016

Djarot Usul di Pulau Seribu Tak Boleh Ada Motor

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat berkunjung ke PUlau Karya di Kepulauan Seribu, hari Selasa (12/4). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyatakan saat ini Kepulauan Seribu sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai kawasan strategis pariwisata nasional.

Oleh karena itu, untuk mendukung pariwisata di Indonesia, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Di antaranya adalah dia mengusulkan di Kabupaten Kepulauan Seribu tak boleh ada kendaraan bermotor agar udara di kepulauan tersebut tidak terkena polusi dan menjadi ciri khas pariwisata.

“Apalagi ini menjaga lingkungan tidak boleh ada kendaraan bermotor (di kabupaten Kepulauan Seribu),” kata dia di Kantor Bupati Kepulauan Seribu, hari Selasa (12/4).

Menurutnya, dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda akan menambah daya tarik wisatawan baik dari mancanegara maupun lokal. Selain itu, pengolahan sampah, penginapan, pengadaan air bersih dan sanitasi di Kepulauan Seribu juga harus diperhatikan.

Kemudian, infrastruktur dan tarnsportasi juga harus dibenahi seperti membangun dermaga, pengadaan kapal dan obyek pariwisatanya. Dia juga mengimbau kepada dinas terkait untuk menjaga harga barang seperti bahan pokok tidak jauh berbeda dari Jakarta.

“Persiapan yang lain adalah karena banyak pulau nih kita harus tata betul berapa pulau (yang ada di Kepulauan Seribu), bagaimana pengelolaannya, siapa yang mengelola dan harus didata betul. Itu harus masuk aset,” kata dia.

Jika Pemkab Kepulauan Seribu dapat mematangkan persiapan tersebut, maka perencanaan ini dapat dilakukan untuk jangka panjang. Tidak hanya untuk tahun anggaran 2017 saja tapi juga untuk tahun-tahun yang akan datang. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home