Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 16:30 WIB | Jumat, 09 Mei 2014

DKI Segera Bangun Penyeberangan Bawah Tanah

Joko Widodo. (Foto: Kartika Virgianti)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera membangun terowongan bawah tanah yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin menyeberang jalan. 

"Rencananya, ada tiga terowongan penyeberangan bawah tanah yang mau mulai kita bangun tahun ini," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (9/5). 

Menurut Jokowi, konsep terowongan penyeberangan bawah tanah itu tidak sama dengan jembatan penyeberangan orang yang selama ini sudah banyak dibangun di Jakarta. 

"Jadi, konsepnya itu bukan jembatan, tapi seperti ruang bawah tanah atau terowongan yang khusus bagi orang-orang yang mau menyeberang jalan," ujar Jokowi. 

Kendati demikian, mantan wali kota Solo itu menuturkan waktu yang dibutuhkan untuk membangun terowongan penyeberangan tersebut tidak akan sebentar. 

"Tingkat kesulitan yang akan dihadapi dalam membangun terowongan bawah itu tentu saja lebih besar dibandingkan kalau kita membangun jembatan. Jadi, akan memakan waktu," tutur Jokowi. 

Dia mengungkapkan sampai dengan saat ini pihaknya masih menentukan lokasi-lokasi yang akan dibangun terowongan tersebut. 

Apabila pembangunan terowongan itu sudah rampung, dia mengharapkan angka kecelakaan bagi pejalan kaki di Jakarta dapat dikurangi. 

Pembangunan terowongan tersebut akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2014, namun total dana yang dikeluarkan masih harus dihitung. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home