Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 19:10 WIB | Rabu, 07 Mei 2014

Besok, Pemprov DKI Uji Coba Bus untuk Tambah Transjakarta

Bus Scania. (Foto: scania.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan besok Kamis (8/5) akan ada uji coba bus Scania untuk penambahan armada Transjakarta. Bus asal Swedia ini dipilih Pemprov DKI karena kualitasnya sudah terbukti di berbagai negara.

“Iya besok kita akan uji coba, kita harus naikan kelas kita, masak kota besar bus rapid transit-nya pakai merek tidak terkenal (seperti kasus bus Wei Chai),” ujar Basuki di Balai Kota, Rabu (7/5) pagi.

Basuki mengaku sudah menyampaikan kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), agar nantinya bukan hanya produk yang murah yang akan diadakan di e-catalog, melainkan juga ada produk yang sudah terkenal akan kualitasnya. Dirinya pun berharap, setelah Scania, tahun depan Mercedez Benz bisa masuk ke LKPP.

“Jadi prinsip tender itu bukan selalu yang murah yang menang. Ada hitungan harga dan biaya, lalu dibandingkan dengan masa pakai barang yang dibeli,” tutur Basuki.

Dia kemudian membandingkan pemakaian bus Scania di Singapura, walaupun sudah dipakai 20 tahun, tapi masih bisa dijual ke salah satu negara di Afrika untuk digunakan kembali selama 10 tahun berikutnya.

“Berarti masa pakainya bisa 30 tahun. Makanya sudah saya sampaikan, jangan beli kendaraan yang hanya bisa dipakai 3-4 tahun, mereknya pun tidak jelas, tidak pernah kita dengar, dibandingkan dengan merek yang telah teruji, yang harganya tidak sampai dua kali lipat dari merek yang tidak jelas itu,” jelas dia.

Bus tersebut, dikatakan Basuki akan mulai dipakai tahun depan oleh PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Sedangkan tahun ini akan difokuskan untuk pembenahan jalur busway terlebih dahulu. Terlebih, pihak produsen Scania sendiri bermaksud baik, memperlihatkan produknya dahulu untuk diuji coba. Basuki juga mengaku optimis untuk membeli produk tersebut sebanyak mungkin.

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home