Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:33 WIB | Rabu, 17 Agustus 2016

Doping, Pejabat Olimpiade Perketat Pemeriksaan

Ilustrasi. Kontingen Indonesia saat pembukaan Olimpiade. (Foto: AFP)

RIO DE JANEIRO, SATUHARAPAN.COM – Keamanan 24 jam akan membantu mencegah insiden “lubang” saat Olimpiade Rio menyusul skandal penukaran sampel doping pada Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014 silam, kata pejabat tinggi senior pada Senin (15/8).

Pakar antidoping memperketat pemeriksaan mereka setelah penemuan rencana Rusia yang melibatkan Kementerian Olahraga dan polisi rahasia, ketika sampel secara rutin ditukar pada malam hari dengan menggunakan sebuah lubang kecil di dinding laboratorium.

Richard Budgett, direktur medis dan ilmiah Komite Olimpiade Internasional, mengatakan prosedurnya sudah diperketat sejak Badan Antidoping Dunia (World Anti-Doping Agency/WADA) menyingkap konspirasi Rusia.

“Pada saat itu kami memiliki keahlian tinggi, namun ketika direktur laboratoriumnya terlibat maka itu saja sudah menjadi tantangan besar,” kata Budgett.

“Sudah jelas pakar kami memiliki akses penuh ke setiap bagian laboratorium dan dalam setiap prosesnya. Kami telah mengubah arus sampel tersebut di sebuah laboratorium – sampelnya datang dan langsung dibuka, tidak seperti yang terjadi di Sochi.”

Sebuah laporan WADA bulan lalu mengungkap skema terperinci untuk mengganti sampel yang mengandung doping pada malam hari dengan urine bersih di sebuah “ruang operasi” rahasia di sebelah laboratorium utama, dengan menggunakan lubang kecil. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home