Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 17:45 WIB | Rabu, 03 Agustus 2016

Atlet Angkat Besi Indonesia Lalui Tes Anti Doping di Brasil

Ilustrasi. Menpora Imam Nahrawi (kedua kanan) memberikan motivasi kepada lifter ketika meninjau pelatnas angkat besi. (Foto: Antara)

RIO DE JANEIRO, SATUHARAPAN.COM – Tim angkat besi Indonesia yang akan turun di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil menjalani tes doping secara acak yang  dilakukan Badan Anti Doping Dunia atau WADA, dengan harapan kejuaraan ini berlangsung bersih tanpa doping.

Menurut manajer tim angkat besi Indonesia, Alamsyah Wijaya, hari Rabu (3/8), yang mendampingi atlet angkat besi menjalani tes anti doping di Rio de Janeiro, tes telah dilakukan hari Selasa (2/8) waktu setempat. 

Lifter Indonesia yang harus menjalani tes doping sebanyak tiga atlet dari tujuh yang lolos ke kejuaraan empat tahunan tersebut yaitu Deni, I Ketut Ariana dan Muhammad Hasby. Meski terkesan mendadak, tes doping yang dilakukan tersebut dinilai ofisial hal yang biasa.

“Ini memang bagian rutinitas. Kami sudah diberi tahu bahwa setidaknya akan ada tes menjelang dan selama Olimpiade. Kami tidak menyembunyikan apapun, kami menerima mereka dengan terbuka," kata Alamsyah Wijaya.  

Menurut dia, sebelum bertolak menuju Brasil, Eko Yuli dan kawan-kawan juga menjalani tes di luar kompetisi oleh WADA saat menjalani pemusatan latihan di Cape Town, Afrika Selatan. Dengan demikian, hal tersebut tidak dipermasalahkan.

"Kami memang punya kewajiban untuk melaporkan keberadaan kami setiap tiga bulan,”kata Alamsyah.

Selain menjalani tes doping, Alamsyah menjelaskan seluruh lifter Indonesia yang akan bertanding di Olimpiade Rio juga harus mengisi formulir untuk memberitahu suplemen yang dikonsumsi selama menjalani latihan.  

Pengawasan doping pada Olimpiade 2016 memang terbilang ketat setelah skandal doping Rusia. Federasi Angkat Besi Internasional, IWF, telah melarang tim Rusia untuk berlaga di kompetisi angkat besi Olimpiade 2016.   (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home