Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 19:25 WIB | Selasa, 07 Juli 2015

DPR Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan Tangani Sinabung

Gunung Sinabung. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Setya Novanto meminta penanganan bencana erupsi Gunung Sinabung dipimpin langsung oleh pemerintah pusat. Menurut dia, Presiden Joko Widodo perlu mengeluarkan keputusan presiden (keppres) terkait pembentukan tim koordinasi penangananan bencana gunung yang terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

“DPR RI mendorong agar penanganan bencana erupsi Gunung Sinabung dipimpin oleh pemerintah pusat. Untuk itu, diperlukan keppres tentang tim koordinasi penanganan bencana Gunung Sinabung,” ujar Novanto dalam pidatonya menutup Masa Sidang IV Tahun Sidang 2014-2015 di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (7/7).

Dia mengusulkan, tim koordinasi penanganan bencana Gunung Sinabung dipimpin sorang menteri koordinator. Sementara pada tataran teknis operasional, dikoordinasi oleh Gubernur Sumatera Utara yang didampingi oleh Bupati Karo, serta pejabat daerah setempat.

Sejalan dengan itu, sebagai wujud kepedulian dan simpati anggota DPR RI terhadap bencana yang kerap terjadi di penjuru Tanah Air, Novanto mengusulkan agar dibuat mekanisme pengumpulan dan penyaluran sumbangan dari anggota DPR RI untuk masyarakat korban bencana.

Sebelumnya pernah dilakukan penyaluran sumbangan dari anggota DPR RI melalui pemotongan gaji untuk beberapa bencana yang terjadi, seperti bencana Gunung Merapi, Gunung Sinabung, longsor di Banjarnegara, dan lain-lain.

Editor : Bayu Probo

Ikuti berita kami di Facebook

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home