Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 15:36 WIB | Kamis, 25 Juni 2015

DPR Uji Calon Panglima TNI dan Kepala BIN Pekan Depan

Ketua DPR Setya Novanto (kiri) menyambut kedatangan Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (kanan) yang juga calon panglima TNI setibanya untuk menghadiri acara buka puasa bersama di rumah dinas Ketua DPR di Jalan Widya Chandra III Nomor 10, Jakarta Selatan, Selasa (23/6). Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, sejumlah pimpinan partai politik seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, sejumlah menteri kabinet kerja dan anggota DPR menghadiri acara tersebut. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Komisi I DPR RI Hanafi Rais menyampaikan pihaknya akan melangsungkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) pada hari Senin (29/6) atau Selasa (30/6)‎ pekan depan.

"Komisi I DPR sudah menindaklanjuti hasil dari Badan Muswarah (Bamus) DPR RI soal calon Panglima TNI dan Kepala BIN, kemungkinan pekan depan, Senin atau Selasa akan diselenggarakan uji kelayakan dan kepatutan," ujar Hanafi saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (25/6).

Namun, dia melanjutkan, Komisi I DPR RI belum mengetahui apakah uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI dan Kepala BIN akan digabungkan. Sebab, saat ini Komisi I DPR RI juga akan melangsungkan uji kelayakan dan kepatutan terhadap anggota Lembaga Sensor Film (LSF), pada Senin (29/6).

"Kita akan atur jadwalnya, supaya tidak menumpuk," tutur politisi PAN itu.

Saat ditanya apakah masih ada permasalahan dengan nama Panglima TNI dan Kepala BIN yang dicalonkan Presiden Joko Widodo, Hanafi mengatakan tidak ada. "So far so good ya, tidak ada kendala teknis ataupun politik," ujar dia.

Pemerintah telah mengirimkan nama calon Panglima TNI ke DPR, pada Selasa (9/6) lalu. Satu nama diajukan untuk jadi orang nomor satu di tubuh TNI.

Perwira tinggi yang dicalonkan tersebut adalah Jenderal Gatot Nurmantyo. Gatot saat ini masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

Sementara untuk Kepala BIN, Presiden Joko Widodo menunjuk Letjen TNI (Purn) Sutiyoso untuk menggantikan Marciano Norman. Surat pengajuan nama tersebut telah diterima oleh DPR.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home