Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 17:29 WIB | Minggu, 21 Agustus 2016

DPRD DKI Nilai Penerapan Ganjil Genap Cukup Efektif

Kondisi kemacetan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan pasca uji coba penghapusan sistem 3 in 1 yang dimulai pada bulan April lalu dan dihapus selamanya pada hari ini. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - DPRD DKI Jakarta menilai kebijakan ganjil genap yang masih dalam tahap uji coba cukup efektif untuk mengurangi kemacetan pada jalan yang diterapkan.

"Sejauh ini ganjil-genap cukup mengurangi, tapi ya lebih di area itu saja. Di sebaran lainnya masih belum terlalu berpengaruh. Harus segera pola transportasi makro dibenahi, karena itu yang selama ini menjadi momok," Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Yuke Yurike, hari Sabtu (20/8).

Selain itu, menurutnya, pola pikir masyarakat juga harus diubah, sehingga lebih peduli dalam rangka mengurangi kemacetan di Jakarta.

Dia mencontohkan agar pengendara beralih kepada angkutan umum. Namun, tetap harus didukung dengan fasilitas yang memadai.

"Tapi itu pun harus didukung oleh fasilititas lainnya, seperti park and ride, kendaraan umum yang memadai, rute yang memang mudah digunakan untuk ke semua tujuan, pedestrian yang memadai, serta halte yang nyaman dan aman," katanya.

Kendati demikian dirinya mendukung jika uji coba dilanjutkan sambil menunggu sistem Electronic Road Pricing (ERP) yang masih dalam proses lelang. Dia mengatakan tetap harus ada evaluasi yang dilakukan pihak terkait secara berkala.

"Harus dilihat evaluasi dulu. Kalau memang baik, sebagai program perantara silakan dilanjutkan. Dan harus selalu dilihat evaluasinya, bila tidak diperlukan lagi menjelang ERP diterapkan bisa dihentikan, atau malah bila dirasa perlu diperluas rutenya, bisa tambah. Namun yang jelas, dengan mempertimbangkan segala aspek, jangan sampai merugikan masyarakat," kata Yuke menambahkan. (beritajakarta.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home