Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 12:18 WIB | Kamis, 14 November 2013

Empat Pasang Ganda Campuran Menang, Satu Pasang Tumbang di Malaysia Terbuka

Empat Pasang Ganda Campuran Menang, Satu Pasang Tumbang di Malaysia Terbuka
Salah satu andalan ganda campuran, Shella Devi Aulia. (foto-foto: alwaysbadminton.com)
Empat Pasang Ganda Campuran Menang, Satu Pasang Tumbang di Malaysia Terbuka
Shendy Puspa Irawati dan Alfian Eko andalan ganda campuran.

SARAWAK, SATUHARAPAN.COM – Empat pasang atlet badminton ganda campuran Indonesia yang berlaga di turnamen badminton Malaysia Terbuka melangkah ke babak kedua. Hal ini terlihat pada kemenangan sejumlah pasangan ganda campuran, dalam pertandingan yang berlangsung pada Rabu (13/11) di Stadion Indoor Sarawak, Malaysia. 

Pasangan pertama yang mengharumkan nama Indonesia yakni Rafiddias Akhdan Nugroho yang berpasangan dengan Shella Devi Aulia, dalam pertandingan yang berlangsung selama 23 menit, kedua pasangan ini berhasil menumbangkan Chi-Hung Liao dan Yi-Chu Shih dari Taiwan.

Pada set pertama Rafidias dan Shella Devi sempat unggul jauh 7-2 atas Chi Hung dan Yi Chu, dan sempat disamakan dalam waktu beberapa menit saja menjadi 7-7. Tidak lama kemudian Chi Hung dan Yi-Chu berbalik unggul telak 8-12, kini keadaan memaksa Rafidias dan Shella Devi untuk lebih bersemangat dan sigap memenangkan di set pertama. Semangat ini mereka tunjukkan dengan memenangkan set pertama dengan 21-17, setelah kedudukan sama-sama kuat 17-17.

Di set kedua kedudukan sama kuat, keunggulan Chi Hung dan Yi Chuh Shin senantiasa dalam angka yang tipis mulai dari 9-0 hingga 9-5, bahkan Rafidias mengejar hingga kedudukan imbang 9-9.  Tidak lama kemudian Rafidias 9-11, 10-12 dan imbang pada 12-12.

Kejar-mengejar poin ini terus-menerus terjadi di angka berikutnya yakni saat Chi Hung dan Yi Chuh Shin kembali unggul 14-12, tetapi 14-14.  Puncak kemenangan Rafidias dan Shella Devi terjadi saat set kedua menunjukkan angka 17-17, dan rasa percaya diri timbul saat Rafidias dan Shella Devi merebut kemenangan ini sehingga Rafidias dan Shella Devi mengakhiri pertandingan ini dengan kemenangan 21-19.

Kemenangan serupa diraih Rian Swastedian dan Masita Mahmudin yang unggul atas Muhammad Adib Haiqal Nurizwan dan Sannatash Saniru asal tuan rumah Malaysia dengan 21-14, dan 21-14.

Ganda campuran ketiga yang berhasil meraih kemenangan antara lain, unggulan ketiga Alfian Eko Prasetya  dan Shendy Puspa Irawati yang mengalahkan Darren Isaac Devadass dan Cheng Wen Yap dengan 21-16, dan 21-19.

Ganda campuran keempat yang menang di Badminton Malaysia Terbuka ini adalah Aldo Abdillah Harsono dan Gendy Desaula yang tanpa kesulitan mengalahkan ganda campuran Vietnam, Quang Tuan Bui dan Thi Mai Anh Nguyen 21-12, dan 21-10 dalam waktu 19 menit.  

Satu-satunya kekalahan Indonesia pada nomor ganda campuran terjadi pada pasangan Muhammad Alfian Firsada Tern Sangaji yang berpasangan dengan Titi W Clara, yang tumbang atas Vasin Nilyoke dan Chaladchalam Chayani dengan 17-21, dan 14-21, dalam waktu 24 menit.   

Sementara pada tunggal putri, Dua tunggal putri junior Indonesia melaju ke babak kedua ajang Malaysia International Challenge 2013 di Kuching, Malaysia. Hanna Ramadini (18) memastikan tiket babak kedua usai mengalahkan pemain tuan rumah, Sannatasah Saniru, 21-13, 20-22, 21-17. Ruselli Hartawan menyusul langkah Hanna dengan menyingkirkan Nguyen Thi Mai Anh asal Vietnam, 24-22 dan 21-9.

Satu-satunya kekalahan di tunggal putri ini dialami Susanto Yulia Yosephine, dan Shih Han Hung dari Taiwan, dalam pertarungan tiga set yang sangat sulit 23-21, 27-29, dan 21-11 dalam waktu pertarungan cukup lama 1 jam 11 menit.

Sementara itu di sektor tunggal putra, Thomi Azizan Mahbub, Anthony Sinisuka Ginting, Rifan Fauzin Ivanudin, dan Senatria Agus Setia Putra hari ini juga menuntaskan tugas dengan baik dan mengamankan tempat di babak ketiga. (tournamentsoftware. com/ alwaysbadminton.com) 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home