Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:41 WIB | Kamis, 17 Maret 2016

Enrique Jelaskan Barcelona Masih Ditakuti di Eropa

Pemain Arsenal, Alexis Sanchez (seragam merah putih) berusaha merebut bola yang dikuasai pemain Barcelona, Andres Iniesta (seragam merah biru, kanan) di perdelapan final kedua Liga Champions, hari Kamis (17/3) dini hari WIB, di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol. (Foto: fifa.com).

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM – Pelatih Barcelona Luis Enrique mengatakan timnya masih menakutkan di persepak bolaan Eropa, dia beralasan Barcelona menakutkan karena berhasil lolos ke perempat final Liga Champions musim 2015-2016 dengan mengalahkan Arsenal dengan agregat 5-1.

 “Saya tetap santai menjalani sisa musim ini, tim kami masih diperhitungkan di Eropa,” kata Enrique seperti diberitakan situs olahraga ESPN hari Kamis (17/3) dini hari WIB di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol.

Menurut situs resmi Asosiasi Sepak Bola Eropa, uefa.com, Barcelona memenangi laga kedua Perdelapan Final Liga Champions dengan menggulingkan Arsenal dengan skor 3-1, sehingga secara agregat Barcelona menang dengan skor 5-1, sebab di perdelapan final pertama yang berlangsung beberapa waktu lalu, di London, Inggris, tim asuhan Luis Enrique mempermalukan Arsenal dengan skor 0-2.

Saat menghadapi Arsenal di markas sendiri, penyerang Barcelona Neymar Santos Junior membuat publik tuan rumah bergembira karena pemain Brasil ini mencetak gol bagi keunggulan Barcelona di menit ke-18, namun Arsenal menyamakan kedudukan menit ke-51 lewat gelandang asal Mesir, Mohammed Elneny.

Dua gol yang memastikan Barcelona menang dengan skor 3-1 diciptakan Luis Suarez dan Lionel Messi.

Luis Enrique mengemukakan bahwa strategi permainan timnya dan Arsenal hampir mirip yakni para pemain Barcelona dan Arsenal memiliki kelebihan saat memainkan bola secara kolektif, maupun secara individu.

“Saya lihat mereka (Arsenal, red) memiliki  pertahanan yang rapat namun mereka tidak dapat melakukan penyerangan dengan sempurna,” kata Enrique.

Pelatih berkebangsaan Spanyol itu menyebut apabila sebuah klub ingin merajai di kancah Eropa harus memiliki kualitas penyerangan dan bertahan yang baik.

Komentari Kemenangan Munchen

Luis Enrique mengomentari hasil pertandingan perdelapan final lainnya, yakni kemenangan tim Jerman, Bayern Munchen dengan skor agregat 6-4 atas tim Italia, Juventus.

“Saya melihat Pep (nama panggilan pelatih Bayern Munchen, Josep Guardiola, red) akan memberikan kenangan manis bagi Munchen,” kata Enrique.

Enrique mengaku bersikap santai bila dalam undian perempat final Liga Champions Barcelona akan bertemu Bayern Munchen.

Enrique juga mengomentari bahwa klub Liga Primer Inggris lainnya, Manchester City patut diwaspadai di Liga Champions.

“Saya terkejut  Manchester City mencapai perempat final  untuk pertama kalinya,” kata dia.

Enrique mengaku walau banyak pemberitaan di media tentang klub asuhan Manuel Pellegrini tersebut, namun Enrique menilai Manchester City dapat merajai di tingkat lokal (Liga Primer Inggris).

Pujian dari Arsenal

Dalam kesempatan terpisah, pelatih Arsenal Arsene Wenger memuji keperkasaan Barcelona, Wenger mengemukakan bahwa Messi menjadi sosok sentral yang gagal diwaspadai Arsenal.

“Seluruh pemain Barcelona memiliki akurasi luar biasa dalam mengumpan dan menendang, saya rasa mereka memiliki seni dalam bertanding,” kata Wenger seperti diberitakan situs berita Inggris, Express, hari Kamis (17/3).

Wenger menyebut timnya belum mampu melakukan hal tersebut, namun pelatih asal Prancis itu mengaku akan belajar banyak dari Barcelona.

“Barcelona adalah tim yang luar biasa,” kata dia.

Kedigdayaan Barcelona

Dalam catatan situs resmi sepak bola Eropa, UEFA, Barcelona merupakan juara bertahan. Tim dari provinsi Catalunia, Spanyol itu musim lalu menjadi juara dengan mengalahkan Juventus dengan skor 3-1. Dalam perempat final musim lalu, tim asuhan Luis Enrique menang agregat 5-1 saat berjumpa Paris Saint Germain.

Musim ini Barcelona di Liga Champions telah bermain enam kali di fase grup dan dua kali di perdelapan final dengan enam kemenangan, dua kali hasil imbang tanpa sekali pun mengalami kekalahan. Tim yang diperkuat trio MSN (Messi-Suarez-Neymar) ini mencetak 17 gol di Liga Champions musim ini, dan gawang Barcelona yang dikawal Marc Andre Ter Stegen hanya kebobolan empat kali. Pencetak gol terbanyak bagi Barcelona adalah Lionel Messi dan Luis Suarez yang masing-masing sudah menggelontorkan lima gol.

Susunan Pemain seperti tertuang dalam situs olahraga Eurosport:

Barcelona: Marc André ter Stegen, Dani Alves,Javier Mascherano, Jérémy Mathieu, Jordi Alba, Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Andres Iniesta,  Lionel Messi,  Neymar  Santos Junior,  Luis Suarez.

Arsenal:  David Ospina, Hector Bellerin, Gabriel Paulista, Laurent Koscielny, Nacho Monreal, Mohammed Elneny, Mathieu Flamini, Alexis Sanchez, Mesut Ozil, AlexIwobi, Danny Welbeck.  (espnfc.com/express.co.uk/uefa.com/eurosport.com).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home