Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:53 WIB | Sabtu, 27 November 2021

Ethiopia Protes Barat Yang Menyebut Situasi Negara Itu Tidak Aman

Ethiopia Protes Barat Yang Menyebut Situasi Negara Itu Tidak Aman
Orang-orang berkumpul dalam protes yang disebut "No More" terhadap berita palsu yang diklaim dan campur tangan asing di Kedutaan Besar Inggris untuk Ethiopia di Addis Ababa, Ethiopia, pada hari Kamis, 25 November 2021. (Foto-foto: AFP/Amanuel Sileshi)
Ethiopia Protes Barat Yang Menyebut Situasi Negara Itu Tidak Aman
Orang-orang memegang kertas yang menunjukkan pesan "TIDAK LAGI" saat mereka memprotes berita palsu yang diklaim selama upacara pengiriman rekrutan militer baru yang bergabung dengan Angkatan Pertahanan Nasional Ethiopia di Addis Ababa, Ethiopia, pada Rabu, 24 November 2021.

ADIS ABABA, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Ethiopia meminta Amerika Serikat untuk berhenti menyebarkan kebohongan terhadap negara itu, kata menteri komunikasi negara bagian Kebede Dessisa pada hari Kamis (25/11) , setelah Departemen Luar Negeri mengeluarkan peringatan tentang potensi "serangan teroris."

Pemerintah Perdana Menteri, Abiy Ahmed, dan pasukan pemberontak dari wilayah Tigray di utara telah berperang selama lebih dari satu tahun, dalam konflik yang telah menewaskan ribuan orang dan membuat jutaan orang mengungsi di negara terpadat penduduknya kedua di Afrika itu.

Diplomat Irlandia Diusir

Pekan ini pemerintah Irlandia mengatakan Ethiopia telah mengusir empat dari enam diplomat Irlandia dari negara itu karena sikap Irlandia terhadap konflik tersebut. Juru bicara pemerintah Ethiopia juga telah memperingatkan terhadap ancaman eksternal yang tidak disebutkan namanya dan berulang kali mengkritik pemerintah Barat atas apa yang mereka katakan sebagai liputan perang yang tidak akurat.

Kebede, menteri negara bagian, dikutip oleh penyiar negara EBC mengatakan pada konferensi pers bahwa pemerintah AS harus menahan diri dari menyebarkan "berita palsu yang memalukan dan pencemaran nama baik mengenai Ethiopia."

Dia merujuk pada pernyataan di Twitter pada hari Rabu oleh kedutaan AS di Addis Ababa yang mendesak warganya untuk mempertahankan tingkat kewaspadaan yang tinggi karena “kemungkinan serangan teroris yang sedang berlangsung di Ethiopia.”

Awal bulan ini, puluhan ribu orang Etiopia berunjuk rasa di ibu kota untuk mendukung pemerintah, di mana mereka mengecam Amerika Serikat atas dugaan campur tangan dalam urusan dalam negeri Etiopia. Washington telah mendesak warganya untuk segera meninggalkan Ethiopia sementara situasi keamanan masih memungkinkan.

Pada hari Kamis, lusinan pengunjuk rasa dengan marah mendatangi kedutaan AS di kota itu, di mana mereka memajang spanduk yang mengatakan "Gangguan Tidak Demokratis" dan "Kebenaran Menang."

Diminta komentarnya, seorang pejabat kedutaan AS mengatakan keselamatan warga AS di luar negeri adalah salah satu prioritas tertinggi Departemen Luar Negeri, dan menambahkan: "Kami terus mendesak warga AS di Ethiopia untuk berangkat sekarang menggunakan opsi penerbangan yang tersedia secara komersial."

Pasukan Tigrayan dan sekutu mereka mengancam akan berbaris di ibu kota Addis Ababa. Mereka juga berjuang keras untuk mencoba memotong koridor transportasi yang menghubungkan Ethiopia yang terkurung daratan dengan pelabuhan utama Djibouti di kawasan itu.

Pada hari Selasa, Utusan Khusus AS, Jeffrey Feltman, memperingatkan peningkatan "mengkhawatirkan" dalam operasi militer dan mengatakan baik Abiy dan pasukan Tigrayan tampaknya percaya mereka berada di puncak kemenangan militer. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home