Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 10:57 WIB | Kamis, 11 Januari 2024

FAA: Selidiki Penyebab Jatuhnya Panel Pintu Pesawat Alaska Airline

Disebutkan bahwa Boeing 737-9 dilarang terbang sampai masalah pesawat dapat beroperasi dengan aman.
Seorang pekerja berjalan melewati pesawat Boeing 737 MAX-9 baru yang sedang dibangun di fasilitas produksi mereka di Renton, Washington, AS, 13 Februari 2017. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Penyelidik mengatakan masih terlalu dini untuk menentukan apa yang menyebabkan penutup pintu jatuh dari sisi pesawat Boeing 737-9 yang dioperasikan oleh salah satu pelanggan paling setia Boeing, Alaska Airlines, pada hari Jumat (5/1) dengan 171 penumpang di dalamnya.

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengatakan pada hari Minggu (7/1) bahwa 171 pesawat Boeing MAX 9 BA.N akan tetap dilarang terbang sampai badan tersebut yakin bahwa pesawat tersebut dapat beroperasi dengan aman.

Kecelakaan ini terjadi ketika Boeing dan pemasok Spirit AeroSystems, yang membuat panel tersebut, sedang bergulat dengan kemunduran produksi yang sedang berlangsung yang telah menghambat pemulihan dari penghentian penerbangan 737 MAX yang sebelumnya bersifat keselamatan dan gangguan yang lebih luas akibat pandemi.

Boeing berada di bawah tekanan untuk memperluas portofolio MAX dan mempersempit kesenjangan dengan pesaingnya, Airbus, yang telah memperluas perolehan pangsa pasarnya sejak dua kecelakaan Boeing MAX pada tahun 2018 dan 2019 yang menewaskan hampir 350 orang dan menyebabkan MAX dilarang terbang di seluruh dunia selama 20 bulan.

Sejarah MAX yang bermasalah mengakibatkan reformasi besar-besaran dalam peraturan pesawat terbang Amerika Serikat pada tahun 2020, dan insiden di Alaska dapat mendorong regulator untuk mengambil tindakan yang lebih keras terhadap masalah-masalah lain yang belum terselesaikan.

Maskapai penerbangan semakin ingin mengangkut lebih banyak penumpang dengan pesawat lorong tunggal untuk memanfaatkan peningkatan kinerja dan jangkauan sekaligus mendapatkan keuntungan dari biaya yang lebih rendah.

Setelah penjualan MAX 9 yang mengecewakan, pesawat berbadan sempit terbesar Boeing, perusahaan tersebut bertaruh pada proposal terbarunya, MAX 10 yang berkapasitas lebih besar, untuk mengurangi penjualan A321neo Airbus di pasar tersibuk.

Para analis mengatakan peluncuran penuh jajaran MAX sangat penting untuk membantu Boeing memantapkan atau meningkatkan sekitar 40 persen pangsa pasarnya dan menghasilkan cukup uang untuk melewati dekade mendatang dengan nyaman.

Boeing, yang terlilit utang sebesar US$39 miliar, enggan berinvestasi pada pesawat baru sampai teknologi mesin matang pada dekade berikutnya. Penundaan sertifikasi MAX 10 khususnya dapat menempatkan strategi jembatan Boeing pada tahun 2020-an di bawah tekanan baru, kata para analis.

Perjuangan Boeing juga berada di bawah pengawasan China, pasar utama yang secara luas tertutup bagi produsen jet tersebut dalam beberapa tahun terakhir karena masalah keselamatan MAX yang tumpang tindih dengan ketegangan perdagangan. Para pejabat China mencari informasi terbaru mengenai insiden Alaska pada hari Sabtu, kata sumber.

Baik Boeing maupun Spirit menolak berkomentar.

Sejak 737 MAX dilarang terbang pada Maret 2019, saham Boeing turun lebih dari 40 persen sementara saham Airbus naik 25 persen.

Petunjuk pertama mengenai dampak buruk ini adalah bagaimana regulator memperlakukan sertifikasi versi terkecil dan paling sedikit terjual, MAX 7, yang selanjutnya akan mendapat persetujuan, kata Jeff Guzzetti, mantan penyelidik kecelakaan udara AS.

FAA sedang mengevaluasi apakah akan memberikan pengecualian yang memungkinkan MAX 7 mendapatkan sertifikasi sebelum Boeing menyelesaikan perubahan desain yang diperlukan. Kecelakaan MAX 9 bisa “mengayunkan pendulum” menuju penolakan, katanya.

“FAA harus dilihat sebagai FAA yang kuat dan terdepan serta ketat dalam hal keselamatan,” kata Guzzetti. “Hari-hari kesenangan apa pun sudah berakhir.”

FAA mengatakan “keselamatan akan menentukan jadwal” proyek sertifikasi yang sedang berlangsung namun menolak berkomentar lebih lanjut.

Meskipun masih terlalu dini untuk mengidentifikasi penyebab ledakan tersebut, para ahli mengatakan penyelidikan ini dapat menghidupkan kembali perdebatan mengenai masalah kualitas baru-baru ini jika masalah produksi adalah akar penyebab lepasnya panel MAX 9. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home